Masker Medis dan Kain Berbahaya Jika Dipakai Saat Berolahraga?

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 4 Juni 2020 14:48
Masker Medis dan Kain Berbahaya Jika Dipakai Saat Berolahraga?
Apakah benar penggunaan masker saat berolahraga bisa berbahaya?

Dream - Pemerintah telah mewajibkan masyarakat untuk mengenakan masker saat beraktivitas di ruang publik. Tindakan ini sebagai salah satu upaya meminimalisasi risiko tertular virus covid-19. Di samping itu, masyarakat tetap diharuskan melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Tak hanya menjaga kebersihan, masyarakat juga diminta untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh salah satunya dengan berolahraga. Namun, melakukan olahraga di luar rumah kini menjadi pilihan yang buat bimbang bagi sebagian orang. Hal ini disebabkan oleh pandemi Corona COVID-19 yang belum juga mereda. 

Beberapa masyarakat tetap rutin menjalani olahraga setiap hari dengan menggunakan masker saat berada di luar ruangan. Namun, muncul anggapan bahwa penggunaan masker saat berolahraga akan mengganggu sistem pernapasan manusia.

Lalu, apakah benar penggunaan masker saat berolahraga bisa berbahaya?

1 dari 3 halaman

Olahraga Dengan Masker Membuat Napas Sesak

Saat berolahraga, detak jantung manusia akan lebih cepat berdetak. Permasalahannya adalah ketika detak jantung naik dan bergerak cepat, manusia akan lebih sulit untuk bernapas. Kondisi ini akan diperparah jika orang tersebut menggunakan masker.

Kemampuan bernapas semakin terhambat jika menggunakan masker bedah dan masker kain. Masker ini memang sangat baik menyaring udara bahkan mengurangi risiko penyebaran virus Corona COVID-19. Namun, kedua masker ini mudah menjadi lembab dan berat karena keringat. Bahkan akan membuatmu menjadi sesak napas karena bahannya yang dapat menghalau udara masuk.

“ Hindari memakai masker sekali pakai seperti masker bedah yang sering orang-orang pakai. Masker jenis ini biasanya membuat Anda jadi sesak karena bahannya yang menghalau udara masuk. Kemungkinan saat berolahraga napas Anda malah jadi sesak,” ujar dr. Chaerunisa dikutip dari KlikDokter.

Berolahraga menggunakan masker sebenarnya boleh saja dilakukan. Asalkan tidak memakai masker bedah atau kain. Kamu bisa menggunakan masker khusus olahraga seperti masker N95 yang bisa juga digunakan ketika polusi sedang tinggi.

Risiko dari masker N95 ini tetap masih ada. Kemungkinan terburuknya, pelari justru akan mengalami hiperventilasi. Kondisi ketika pernapasan menjadi cepat atau dalam yang abnormal dan menyebabkan turunnya tekanan darah. Hal ini juga akan semakin memburuk bagi penderita tekanan darah tinggi dan kardiovaskuler.

2 dari 3 halaman

Alasan Mengapa Memakai Masker Saat Olahraga Tidak Efektif

 Olahraga© Ilustrasi foto : shutterstock

Sebuah studi yang dipublikasikan di “ Journal of Sports Medicine” melihat efek elevation training mask pada 24 atlet. Peneliti menemukan, 12 atlet mengalami kenaikan tingkat pernapasan ketimbang partisipan lain yang tidak menggunakan masker.

Ini artinya mengenakan masker saat berolahraga menyebabkan seseorang menjadi lebih sulit untuk bernapas karena terhambat masker yang digunakan.

Selain itu, olahraga menyebabkan kamu mengeluarkan keringat dan membuat masker menjadi basah. Penggunaan masker basah juga tentu membuat tidak nyaman dan sekresi pada hidung. Selain itu, masker yang basah juga dinilai tidak efektif dalam mencegah penularan dan penyebaran virus COVID-19.

3 dari 3 halaman

Tips Olahraga Aman saat Pandemi

Jangan ragu untuk tetap rutin berolahraga di masa pandemi. Namun, perhatikan beberapa tips ini agar kamu tetap aman saat berolahraga.

  1. Hindari berolahraga secara berkerumun atau berkelompok. Jika kamu ingin bersepeda atau berlari, usahakan lakukan secara mandiri.
  2. Pilih rute olahraga yang sepi untuk menghindari kerumunan banyak orang. Dengan begitu, kamu tidak akan memerlukan masker saat berolahraga.
  3. Jika kamu olahraga bersama dengan orang lain, usahakan jaga jarak sesuai yang disarankan dan hindari berada segaris lurus dengan orang lain. 

Tidak ada salahnya untuk berolahraga di dalam rumah untuk menghindari penggunaan masker saat berolahraga, terutama pada jenis olahraga yang membutuhkan banyak oksigen dan apabila kamu merasakan gangguan kesehatan. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan dari dalam rumah selama masa pandemi ini, seperti senam aerobik atau yoga.

(Sah, Sumber: Klikdokter)

 

Beri Komentar