25 Arti Mimpi Menangkap Burung dengan Tangan, Simbol Keberkahan Serta Keberuntungan

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 24 November 2022 11:52
25 Arti Mimpi Menangkap Burung dengan Tangan, Simbol Keberkahan Serta Keberuntungan
Burung merupakan simbol keberkahan dan keberuntungan.

Dream - Mimpi menangkap burung dengan tangan banyak diyakini sebagai pertanda baik bagi orang yang mengalaminya. Meski hanya bunga tidur, mimpi menangkap burung dengan tangan memberikan pesan tertentu bagi kehidupan nyata si pemimpinya.

Mimpi sering kali muncul dengan berbagai keunikan dan alur cerita yang random serta aneh. Misalnya saja mimpi menangkap burung dengan tangan. Secara umum, hewan yang memiliki kemampuan terbang ini merupakan simbol keberuntungan atau keberkahan.

Jika kamu mimpi menangkap burung dengan tangan, maka kamu perlu bersyukur, Sahabat Dream. Sebab arti mimpi ini bisa merupakan pesan atau sebuah kabar baik.

Tetapi, tetap ada tafsiran lain yaitu menurut primbon dan agama Islam tentang arti mimpi menangkap burung dengan tangan yang mana disesuaikan dengan konteks mimpi yang dialami.

Lantas apa saja arti mimpi menangkap burung dengan tangan menurut Primbon dan Islam? Agar lebih jelasnya mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 9 halaman

Arti Mimpi Menangkap Burung Menurut Primbon

Ilustrasi© Pexels.com

Primbon Jawa menyimpan banyak penafsiran tentang beragam bentuk mimpi yang dialami seseorang. Penafsiran yang detail mampu menjelaskan beragam mimpi, salah satunya mimpi menangkap burung dengan tangan.

Akan tetapi burung yang ada dalam mimpi harus bisa dijelaskan jenisnya. Jenis burung yang spesifik dalam mimpi bisa mempermudah dalam menafsirkannya.

Berikut beberapa arti mimpi menangkap burung dengan tangan berdasarkan jenis burungnya:

1. Mimpi Menangkap Burung Perkutut

Mimpi menangkap burung dengan tangan, salah satunya burung bernama Perkutut, menurut Primbon Jawa hal ini menandakan bahwa si pemimpi akan mendapatkan kabar baik. Terutama bagi pemimpi yang sudah menikah. Sebab konon katanya menjadi pertanda bahwa kamu akan segera dikaruniai momongan seorang anak laki-laki yang gagah dan pemberani.

Sementara itu, jika si pemimpi sudah memiliki anak, mimpi menangkap burung perkutut merupakan tanda bahwa anak-anakmu akan menjadi anak yang pintar dan saleh.

2. Mimpi Menangkap Burung dengan Tangan Sendiri

Mimpi menangkap burung dengan tangan sendiri menandakan bahwa kamu harus berhati-hati. Konon mimpi tersebut dapat bermakna sebuah penyakit dapat menimpa seseorang dalam keluarga terdekat atau lingkungan sekitarmu.

2 dari 9 halaman

3. Mimpi Menangkap Anak Burung

Selanjutnya, mimpi menangkap burung dengan tangan khususnya anak burung bisa jadi pertanda buruk bagi seseorang yang memimpikannya. Berdasarkan primbon, arti mimpi menangkap anak burung manandakan bahwa kamu akan mendapatkan keberuntungan. Akan tetapi keberuntungan ini datang terlalu cepat sehingga kamu tidak siap menerimanya. Pada akhirnya keberuntungan tersebut akan berujung sia-sia.

4. Mimpi Menangkap Burung Elang dengan Tangan

Mimpi menangkap burung Elang dengan tangan juga merupakan pertanda baik, setidaknya menurut primbon Jawa. Sebab, kamu akan memeroleh sebuah penghormatan dan kedudukan yang tinggi apabila bermimpi menangkap burung elang. Penghormatan tersebut bisa berupa kenaikan jabatan atau mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik dari sebelumnya.

5. Mimpi Menangkap Burung Kenari

Mimpi menangkap burung dengan tangan khususnya burung bernama Kenari menandakan sebuah kebaikan. Sebab, mimpi ini merupakan tanda bahwa kamu akan memeroleh kebahagiaan di berbagai aspek kehidupan. Jika kamu belum bekerja, mimpi ini bisa menjadi tanda bahwa kamu akan mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

3 dari 9 halaman

6. Mimpi Gagal Menangkap Burung

Menurut primbon jawa, mimpi gagal menangkap burung merupakan pertandaburuk. Sebab burung disimolkan sebagai suatu keberkahan, rejeki, dan kebahagiaan. Oleh karena itu, bermimpi gagal menangkap hewan yang satu ini bisa menjadi pertanda buruk. Mimpi ini memiliki arti bahwa harta dan impian yang kamu dapatkan tidak akan bertahan lama dan akan segera hilang.

7. Mimpi Menangkap Burung Merak

Selanjutnya, mimpi menangkap burung dengan tangan, apalagi burung berjenis Merak, kamu patut bersyukur. Sebab dalam waktu dekat kamu akan memeroleh rejeki yang banyak dan besar. Selain itu, ada pula yang menganggap mimpi tersebut merupakan tanda bahwa kamu akan bertemu dengan jodoh dan akan segera menikah.

8. Mimpi Menangkap Burung Kutilang

Mimpi menangkap burung Kutilang menandakan bahwa si pemimpi akan segera menemukan cinta atau kebahagiaan di dalam hidup. Hal ini karena kebaikan sedang mengelilingi sekitar si pemimpinya.

4 dari 9 halaman

Arti Mimpi Menangkap Burung Menurut Islam

Ilustrasi© Pexels.com

Selain arti mimpi menangkap burung dengan tangan menurut Primbon Jawa, ada pula arti mimpi menurut pandangan Islam. Lantas apa saja makna mimpi menangkap burung dengan tangan menurut Islam? Berikut ulasan selengkapnya: 

1. Pertanda Berkah

Arti mimpi menangkap burung dengan tangan menurut Islam, sangat berkaitan dengan berkah dari Allah Swt. Ada pula yang mengatakan mimpi ini merupakan sebuah keajaiban bagi si pemimpinya.

2. Bermimpi Dapat Burung

Selanjutnya, jika kamu pernah bermimpi mendapatkan burung maka bisa diartikan sebagai pertanda baik menurut Islam. Konon mimpi mendapatkan burung dapat menandakan bahwa cita-cita Anda akan segera tercapai berkat kehendak Allah Swt.

5 dari 9 halaman

3. Mimpi Menangkap Burung Merpati

Mimpi menangkap burung dengan tangan khususnya burung Merpati, menandakan hal yang baik bagi pemimpinya.  Jika si pemimpi yang mengalaminya sudah menikah, maka diartikan dia akan mendapatkan suatu hubungan rumah tangga yang harmonis.

Dalam sebuah hubungan keluarga, keharmonisan memanglah sangat penting maka dari itu mohonlah pada Allah untuk tetap selalu diberikan keharmonisan di dalam rumah tanggamu. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Furqaan ayat 74, yang menjelaskan tentang doa permohonan atas kebahagiaan hati bagi setiap pasangan dalam berumah tangga.

4. Mimpi Menangkap Burung Merak

Menurut Islam, burung merak yang mempunyai bulu yang indah digambarkan sebagai bentuk kesombongan atau membanggakan diri karena kecantikan dan ketampanannya. Namun terkadang burung merak juga menandakan adu domba, penipuan, kesombongan, mengikuti musuh, dan hilangnya nikmat.

Maka dari itu, ada baiknya kamu senantiasa mawas diri dan bersyukur atas nikmat Allah yang sudah kamu terima. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam yang tertulis dalam Al-Qur’an surat Al-Naml ayat 19, yang menjelaskan tentang doa rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada hamba-Nya.

6 dari 9 halaman

Arti Mimpi Menangkap Burung Lainnya

Ilustrasi© Pexels.com

1. Mimpi Menangkap Burung Hantu

Mimpi tentang burung hantu tentu tampak sedikit mengerikan ya, Sahabat Dream. Dan ternyata mimpi tentang burung hantu ini diartikan sebagai pertanda buruk. Jadi siapa pun yang mendapatkan mimpi ini akan mendapatkan perilaku yang zalim dari orang lain.

Untuk menghindari mimpi buruk tersebut, maka bagi seorang muslim hendak berpikiran positif dan selalu memohon kepada Allah agar selalu dijaga dari semua bentuk kezhaliman.

2. Mimpi Burung Gagak

Mimpi menangkap burung Gagak juga diartikan sebagai pertanda buruk. Bagi orang yang mendapatkan mimpi ini akan mudah jenuh di dalam pekerjaannya. Demi menyikapinya, seseorang dengan iman yang kuat harus memohon petunjuk Allah mengenai langkah terbaik yang harus diambil.

Seperti yang tetera dalam surat Al-Qashash ayat yang ke 22, menjelaskan tentang doa permohonan untuk dapat diberikan jalan yang tepat dan benar oleh Allah.

3. Mimpi Menangkap Burung Dara

Mimpi menangkap burung dara diartikan sebagai tanda rasa sakit. Namun tergantung alur cerita di dalam mimpi tersebut karena bisa saja alur cerita dalam mimpi memengaruhi arti mimpinya.

7 dari 9 halaman

Arti Mimpi Menangkap Burung

Sebenarnya masih banyak arti mimpi menangkap burung yang perlu diketahui. Selain kumpulan arti mimpi di atas, Dream masih memiliki kumpulan arti mimpi menangkap burung lainnya yang tak kalah menarik. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini:

1. Beruntung dalam Risiko

Burung sering dianggap sebagai simbol keberuntungan yang sulit diperoleh. Sifat burung yang terbang bebas ke sana ke mari menjadi simbol keberuntungan luar biasa apabila bisa ditangkap.

Arti mimpi menangkap burung bisa bermakna bahwa si pemimpi akan mendapatkan keberuntungan di dalam risiko. Artinya meskipun telah melewati risiko yang hampir membuatmu tenggelam, namun kamu beruntung masih bisa selamat dari risiko tersebut. Kondisi ini bisa terjadi dalam berbagai hal, seperti kesehatan, bisnis, hingga pendidikan.

 

2. Akan Dapat Uang dan Kekuasaan

Mengutip dari myislamicdream, arti mimpi menangkap burung diartikan bahwa si pemimpi akan mendapatkan uang dan kekuasaan.

Apalagi jika di dalam mimpi tersebut, kamu merawat burung-burung yang kamu tangkap dan mengajaknya berbicara. Mimpi ini membawa kabar yang membahagiakan, terutama kamu yang sedang naik jabatan.

8 dari 9 halaman

3. Dapat Bantuan dari Kenalan Baru

Membuka diri dengan orang-orang baru adalah cara bagus untuk memperluas jaringan dan mengembangkan bisnis.

Jika kamu bermimpi menangkap burung, bisa jadi kamu akan mendapat bantuan dari kenalan barumu. Hal ini bisa berkaitan dengan karir maupun bisnis.

 

4. Bahagia dalam Berbagai Aspek

Selanjutnya, arti mimpi menangkap burung, khususnya burung kenari menandakan bahwa kamu harus siap-siap untuk bersuka cita. Karena mimpi yang satu ini merupakan sebuah pertanda baik.

Dalam Primbon Jawa, arti mimpi menangkap burung diartikan bahwa kebahagiaan dalam berbagai aspek akan menghampirimu. Misalnya jika kamu sedang mencari pekerjaan, maka atas kehendak Tuhan dan kerja keras, kamu akan diterima di tempat kerja impian.

 

5. Tujuan Segera Tercapai

Arti mimpi menangkap burung juga bisa diartikan sebagai tujuan yang akan segera tercapai. Mimpi ini jadi pertanda yang bagus, karena dalam waktu dekat tujuan yang kamu rencanakan akan terwujud.

Tentu saja hal ini diiringi dengan kerja keras tak kenal lelah dalam menggapainya. Kamu harus yakin, bahwa usaha yang kamu lakukan selama ini tidak akan menghianatimu.

9 dari 9 halaman

Arti Mimpi Menangkap Burung Merpati

1. Arti Mimpi Menangkap Burung Merpati secara Umum

Bagi sahabat Dream yang pernah mengalami mimpi menangkap burung merpati, maka hal ini jadi pertanda yang baik. Di mana aka nada perubahan, pembelajaran, atau memperbaiki sesuatu di dalam hidup. Burung merpati sendiri dianggap sebagai pembawa kabar gembira, cinta, perdamaian, keindahan, iman, dan pengorbanan.

Mimpi ini dapat dipahami sebagai pengingat kembali emosi dan perasaan. Arti mimpi ini ada hubungannya dengan pikiran bawah sadar.

2. Arti Mimpi Menangkap Burung Merpati Putih

Burung merpati putih adalah lambang kedamaian dan kesucian. Jika sahabat Dream mengalami mimpi menangkap burung merpati putih, maka ini adalah pertanda pernikahan atau sebuah hubungan yang baru.

Tak hanya itu saja, mimpi ini juga pertanda penerimaan diri. Jika burung merpatinya adalah dua ekor, maka ini adalah tentang rekonsiliasi keluarga. Sedangkan jika lebih dari dua ekor, maka sahabat Dream akan mendapatkan kabar yang baik serta kesempatan yang tidak kamu duga sebelumnya.

3. Arti Mimpi Menangkap Burung Merpati Hitam

Berbeda jika sahabat Dream mengalami mimpi menangkap burung merpati hitam. Mimpi ini adalah pembawa kabar buruk yang berhubungan dengan adanya masalah dalam pernikahan kamu.

Selain itu, mimpi ini juga menandakan bahwa akan ada banyak hal yang berubah di dalam hidup kamu. Bisa berkaitan dengan finansial maupun kematian di dalam keluarga.

4. Arti Mimpi Menangkap Burung Merpati Abu-Abu

Apakah sahabat Dream pernah mengalami mimpi menangkap burung merpati abu-abu? Mimpi ini ternyata membawa kabar yang kurang baik tentang tidak adanya kepastian. Di mana berhubungan dengan kondisi mental dan kamu tidak mampu membuat keputusan di dalam hidup.

Selain itu, mimpi ini juga menandakan bahwa kamu merasa tidak aman dan kurang puas di dalam pekerjaan. Sarannya, sahabat Dream bisa mencoba untuk keluar dari comfort zone dan merasakan tantangan baru. Ini menjadi peluang untuk kamu menemukan hal baru yang lebih menarik.

5. Arti Mimpi Menangkap Burung Merpati Biru

Lalu apa arti mimpi menangkap burung merpati biru? Sahabat Dream sepertinya harus berhati-hati, karena mimpi ini adalah pertanda ketidakpastian. Ada kemungkinan di masa depan kamu akan mengalami patah hati. Alangkah baiknya jika kamu menjaga hubungan lebih baik lagi untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan di kemudian hari.

Beri Komentar