6 Doa Mancing Menurut Al-Quran yang Mustajab Agar Dapat Banyak Ikan

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 19 Juli 2022 10:04
6 Doa Mancing Menurut Al-Quran yang Mustajab Agar Dapat Banyak Ikan
Bacalah doa ini sebelum memulai memancing ikan.

Dream – Memancing adalah salah satu hobi yang diminati banyak orang. Ketika kail berisi umpan disambar oleh ikan, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang yang hobi mancing.

Selain hobi, seseorang memancing juga karena ingin menikmati lezatnya ikan segar yang dipancing langsung dari sungai atau danau.

Namun tak jarang seorang pemancing tidak mendapatkan ikan satupun. Agama Islam pun mengajarkan kepada pemeluknya untuk berdoa meminta pertolongan kepada Allah dalam segala hal asalkan masih dalam kebaikan.

Salah satunya meminta pertolongan agar ada ikan yang menyambar umpannya ketika sedang memancing. Maka dari itu membaca doa mancing adalah salah satu ikhtiar untuk mendapatkan ikan ketika mancing.

Bacaan doa mancing ini dibaca ketika hendak memancing ikan. Seperti apa bacaan doanya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Bacaan Doa Ketika Hendak Mancing Ikan

Doa mancing ikan penting dibaca ketika hendak memulai aktivitas memancing. Umat Islam diwajibkan untuk berdoa memohon pertolongan kepada Allah. Sementara untuk hasilnya, apakah dapat ikan atau tidak, sebaiknya diserahkan kepada Allah.

Berikut bacaan doa saat akan memulai memancing yang perlu dibaca bagi kamu yang punya hobi mancing. Doa ini dikutip dari Al-Quran Surat Al-Fathir ayat 2.

Maa yaftahillahu lin-nasi mirrahmatin falaa mumsika laha, wa maa yumsik falaa mursila lahu mim-ba'dih, wa huwal-'azizul-hakim.

Artinya:

" Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana."

2 dari 4 halaman

Doa Ketika Melempar Umpan

Ilustrasi© Pexels.com

Setelah membaca doa di atas, maka ketika melemparkan umpan ke air, bacalah doa yang dikutip dari Al Quran Surat Al Fathir ayat 3 berikut ini:

Ya ayyuhannasudz-kuru ni'matallahi 'alaikum, hal min khaaliqin gairullahi yarzuqukum minas-sama-i wal-ard, la ilaha illa huwa fa anna tu fakun.

Artinya:

" Wahai manusia! Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi? Tidak ada tuhan selain Dia; maka mengapa kamu berpaling (dari ketauhidan)?"

3 dari 4 halaman

Doa Mancing Ikan Lainnya

Selain bacaan doa berdasarkan Surat Al-Fathir di atas, masih terdapat doa mancing ikan lainnya yang bisa kamu amalkan. Berikut bacaan doanya:

Allahumma inni as-aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi'an thoyyiban min ghairi ta ta'bin walaa masyaaqatin walaa dhoirin walaa nashabin innaka 'alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya:

" Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu."

4 dari 4 halaman

Doa Memancing Ikan

Berikut ini terdapat bacaan doa memancing ikan lainnya yang bisa kamu hafalkan saat hendak memancing:

1. Alhamdu lillaahilladzii rozaqonii haadza min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fiihi

Artinya:

“ Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku.”

Bacaan doa memancing ikan selanjutnya:

2. Rabbighfirlii wahablii mulkan laa yambaghii li-ahadin mimba’dii innaka antal wahhaab

Artinya:

“ Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak patut (dimiliki) oleh seorang pun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Selain kumpulan doa memancing ikan di atas, Sahabat Dream juga bisa membaca basmalah saat hendak memancing.

3. Bismillahirrahmanirrahim

Artinya:

" Dengan menyebut asma Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang."

Bacaan basmalah ini sangat baik diamalkan saat hendak melakukan sesuatu, termasuk saat akan memancing ikan. 

Beri Komentar