9 Doa Agar Diterima di SMA Favorit, Ikhtiar Menuju Sekolah Impian!

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 24 Juni 2022 20:01
9 Doa Agar Diterima di SMA Favorit, Ikhtiar Menuju Sekolah Impian!
Betapa pentingnya berdoa memohon kepada Allah atas apa yang diinginkan.

Dream – Selain libur panjang sekolah, pertengahan tahun menjadi sinyal bagi pelajar yang baru lulus sekolah SMP untuk mencari SMA incarannya. Begitu pula anak didik yang duduk di bangku SD akan mencari SMP pilihan dan lulusan SMA berburu perguruan tinggi.

Momen ini menjadi penting karena para pelajar, dan orang tua, berharap bisa mendapatkan sekolah SMA impian. Tentu saja nilai dari jenjang sebelumnya akan berpengaruh untuk memasuki SMA favorit.  Biasanya pihak SMA akan menyediakan tes masuk bagi para murid baru. Tentu saja jika Sahabat Dream ingin diterima di SMA favorit harus mempersiapkan diri agar lolos tes ujian masuk.

Selain berusaha dengan mempersiapkan materi untuk ujian tes, kita juga dianjurkan untuk bertawakal kepada Allah Swt dengan rajin berdoa. Tujuannya adalah agar diterima di SMA favorit yang kamu impikan.

Rasulullah Saw bersabda: “ Tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, kecuali dikabulkan-Nya, dan dia memeroleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya (doa) baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Ath-Thabrani)

Hadis tersebut menjelaskan betapa pentingnya berdoa memohon kepada Allah. Meskipun kadang doa-doa kita belum atau tidak dikabulkan, namun tentu saja kita harus percaya bahwa Tuhan memiliki rencana yang lebih baik untuk kita.

Membaca doa agar diterima di SMA favorit bisa kamu lakukan setiap saat, mulai dari saat belajar hingga ketika selesai sholat. Lalu bagaimana lafadz doa agar diterima di SMA favorit? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Doa Agar Diterima di SMA Favorit

Sekolah yang bagus akan mendukung kegiatan belajar mengajar. Alhasil para siswa dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh pada masa depannya kelak. Maka dari itu banyak pelajar yang menimba ilmu di sekolah favorit. Bahkan orang tua pun rela merogoh koceng lebih dalam agar buah hatinya bisa bersekolah di lembaga pendidikan impian.

Membaca doa agar diterima di SMA favorit merupakan salah satu upaya secara batin untuk mencapai keinginan tersebut. Doa agar diterima di SMA favorit bisa kamu baca setiap hari usai sholat wajib. Berikut beberapa bacaan doa yang dapat diamalkan:

1. Rodhiitu billahirobba wabil islamidina wabimuhammadin nabiyyaw-warasullah, rabbi zidni 'ilman warzuqnii fahmaa.

Artinya:

“ Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman yang baik.”

2 dari 5 halaman

2. Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul haznaa idza syi’ta sahlaa.

Artinya:

“ Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

 

3. Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin.

Artinya:

“ Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu."

 

4. Allahumma innii astaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardudhu ilayya inda haajatii ilahi wa laa tunsiniihi yaa rabbal ‘aalamiin.

Artinya:

“ Ya Allah sungguh aku titipkan kepada Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, Kembalikanlah ia kepadaku ketika aku butuhkan, dan janganlah Engkau lupakan dariku Wahai Tuhan Semesta Alam.

3 dari 5 halaman

Doa Agar Diterima di SMA Favorit Lainnya

5. Allahuma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa'ahu, wa arinal baathila baathila warzuqnaj tinaabah.

Artinya:

“ Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehingga kami dapat mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami keburukan sehingga kami dapat menjauhinya.”

 

6. Rabbi innī limā anzalta ilayya min khairin faqīr.

Artinya:

“ Ya Tuhanku, sesungguhnya aku adalah hamba yang membutuhkan kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku, kebaikan apapun itu."

 

7. Fa saqā lahumā ṡumma tawallā ilaẓ-ẓilli fa qāla rabbi innī limā anzalta ilayya min khairin faqīr.

Artinya:

" Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku adalah hamba yang membutuhkan kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku, kebaikan apapun itu."

4 dari 5 halaman

8. Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil 'azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaima maghfirotika wal ghoniimata min kulli birrin wassalaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.

Artinya:

“ Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

 

9. Membaca Ayat Kursi

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya:

" Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar."

5 dari 5 halaman

Itulah kumpulan doa agar diterima di SMA favorit yang dapat kamu panjatkan setiap hari.

Dengan membaca doa-doa tersebut, semoga proses belajarmu menuju tes masuk dilancarkan oleh Allah. Tak hanya itu, membaca doa juga bisa menenangkan hati yang mungkin gugup saat akan melaksanakan ujian tes masuk SMA favorit.

Semoga sukses, Sahabat Dream!

Beri Komentar