Doa Permohonan Diberi Perlindungan Kala Hendak ke Mal atau Pasar

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 14 Juni 2020 18:00
Doa Permohonan Diberi Perlindungan Kala Hendak ke Mal atau Pasar
Mal jadi salah satu tempat yang dirindukan masyarakat selama PSBB.

Dream - Sebagian daerah di Indonesia kini tengah berada di fase Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Saat fase ini selesai, masyarakat masuk masa kenormalan baru atau new normal.

Di masa transisi ini, sejumlah sektor usaha diizinkan kembali beroperasi dengan syarat menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Salah satu tempat usaha yang akan dibuka yaitu mal.

Seperti di DKI Jakarta, membolehkan mal beroperasi pada 15 Juni 202o dengan pembatasan. Masyarakat bisa berbelanja meski tidak dengan kebiasaan lama.

Mal merupakan salah satu tempat yang mengundang kerumunan publik. Banyak orang datang ke mal untuk belanja maupun sekadar cuci mata.

Ketika nanti memutuskan pergi ke mal, dianjurkan membaca doa ini sebelum masuk. Mengutip laman Islami.co, doa ini pernah diajarkan kepada umatnya yang hendak bepergian ke pasar seperti dikutip dari kitab al-Jami al-Sahih li Tirmidzi (Sunan at-Tirmidzi)

 

1 dari 5 halaman

Doa Masuk Mal

Doa masuk mal© Dream.co.id

La ilaha illallahu wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumitu wa huwa hayyun la yamutu, bi yadihil khoiru wa huwa 'ala kulli syai'in qadir.

Artinya,

" Tidak ada tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi Dia, kekuasaan dan Pujian bagi Dia. Dia yang menghidupkan dan mematikan dan Dia adalah Dzat Yang Maha Hidup, yang tidak mati di tangan-Nya ada hal yang baik, dan Dia lah Yang Maha Kuasa atas segalanya."

(Sumber: Islami.co)

2 dari 5 halaman

Doa Rasulullah Saat Membalikkan Posisi Tidur

Dream - Posisi tidur seseorang tidak selamanya dalam keadaan tetap seperti saat pertama kali tertidur. Beberapa orang ada yang sering bergerak tak beraturan sehingga posisi tidurnya sering kali berubah. 

Karena mencari kenyamanan, terkadang kita membalikkan posisi tidur dari terlentang ke miring, dari miring tengkurap, maupun dari tengkurap ke telentang. Hal itu terjadi baik sadar maupun tidak.

Ketika sadar, kita membalikkan posisi tidur karena merasa tidak nyaman. Bisa juga karena merasa kelelahan dengan posisi awal.

Rupanya, hal yang sama juga dialami Rasulullah Muhammad SAW. Tidak jarang Rasulullah membalikkan posisi tubuh saat tidur, seperti tercantum dalam hadis riwayat Imam Ibnu Hibban dari Aisyah RA.

Dalam hadis tersebut pula, dijelaskan Rasulullah selalu membaca doa ini setiap kali membalikkan tubuh.

3 dari 5 halaman

Doa Membalikkan Tubuh

Doa Membalikkan Tubuh© Dream.co.id

La ilaha illallahul wahidul qohhar, rabbus samawati wal ardli wa ma bainahumal 'azizul ghaffar.

Artinya,

" Tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, Maha Perkasa, Tuhan yang menguasai langit dan bumi dan apa yang di antara keduanya, Yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Selalu Ridha Pada Ketetapan Allah SWT

Dream - Kehidupan setiap makhluk sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Baik itu soal rezeki, jodoh, serta kesempatan.

Setiap orang punya takdir. Bisa baik ataupun buruk, semuanya merupakan ketetapan yang sudah diputuskan Allah.

Kita wajib meyakini keberadaan takdir Allah karena itu adalah bagian dari rukun iman.

Meski demikian, sudah fitrah manusia yang sering kali merasa tidak puas saat mendapat takdir buruk. Kala iman menipis, kita merasa apa yang diputuskan Allah SWT terasa tidak adil. Meski sejatinya banyak hikmah dari ketetapan tersebut,

Sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk tetap ikhlas dan ridha menerimanya. Agar kita bisa selalu ridha atas ketetapan Allah, dianjurkan membaca doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Ridha Ketetapan Allah

Doa Ridha kepada Takdir Allah© Dream.co.id

Allahumma radhdhini bi qodhoika wa shobbirni 'ala balaika wa awzi’nii syukro ni’amaa-ika.

Artinya,

" Ya Allah, jadikan aku ridha dalam menerima qadha (ketentuan)-Mu, dan jadikan aku sabar dalam menerima bala dari-Mu, dan tunjukilah aku untuk mensyukuri semua nikmat-nikmat-Mu.

Beri Komentar