Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim, Sepenggal Doa Lailatul Qadar yang Dianjurkan

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 22 April 2022 19:01
Bacaan Allahumma Innaka Afuwwun Karim, Sepenggal Doa Lailatul Qadar yang Dianjurkan
Allah menjanjikan keberkahan dan rahmat yang melimpah bagi umat Muslim yang beribadah pada malam Lailatul Qadar.

Dream - Bacaan allahumma innaka afuwwun karim sudah sangat sering terdengar di telingat umat Muslim, terutama pada saat bulan Ramadhan. Kalimat allahumma innaka afuwwun karim biasanya dibaca setiap usai sholat tarawih dan witir.

Ternyata bacaan allahumma innaka afuwwun karim adalah sepenggal doa menyambut malam Lailatul Qadar. Doa ini sangat dianjurkan dalam agama Islam. Mengingat Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat istimewa daripada malam-malam lainnya.

Pada malam hari di bulan Ramadhan dianjurkan bangun malam (qiyamul lail) untuk memperbanyak ibadah dan amalan sunnah. Hal ini penting sebagai usaha agar bertemu dengan malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Allah menjanjikan keberkahan dan rahmat yang melimpah bagi umat Muslim yang beribadah pada waktu mustajab tersebut. Dengan begitu, membaca kalimat allahumma innaka afuwwun karim bisa kamu jadikan amalan untuk mendapatkan pahala dan kasih sayang Allah yang melimpah ruah.

1 dari 4 halaman

Doa Allahumma Innaka Afuwwun Karim

Malam Lailatul Qadar sangatlah istimewa, sehingga tak heran umat Islam berbondong-bondong untuk mendapatkannya dengan memperbanyak ibadah dan amalan sunnah. Waktu turunnya Lailatul Qadar tidak dikabarkan dengan jelas. Akan tetapi umat Islam bisa mengetahuinya dari ciri-ciri yang telah dijelaskan dalam hadis Nabi Saw.

Pada malam Lailatul Qadar dianjurkan untuk membaca doa Lailatul Qadar. Aisyah radhiyallahu 'anha pernah bertanya kepada Rasulullah Saw:

“ Wahai Rasululullah, andaikan aku bertemu lailatul qadar, doa apa yang bagus dibaca?” Rasulullah Saw pun menjawab:

 اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anni.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pemaaf. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku.”

Dari hadis tersebut jelas bahwa kalimat allahumma innaka afuwwun karim merupakan penggalan dari doa Lailatu Qadar yang sangat dianjurkan.

2 dari 4 halaman

Doa Lailatul Qadar Versi Lengkap

Ilustrasi© Pixabay.com

Berikut bacaan doa allahumma innaka afuwwun karim versi lengkap yang sering dibaca setelah sholat tarawih:

اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيْم تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ يَاكَرِيْم

Allohumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii yaa kariim.

Artinya:

“ Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maka maafkanlah aku, wahai Tuhan yang Maha Mulia.”

Selain berdoa untuk diri sendiri, ada pula kalimat doa yang dipanjatkan untuk banyak orang. Bacaan doa ini hanya mengganti kata ganti ‘aku’ menjadi kata ganti ‘kami’. Berikut kalimat doanya:

اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيْم تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا يَاكَرِيْم

Allohumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annaa yaa kariim.

Artinya:

" Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maka maafkanlah kami, wahai Tuhan yang Maha Mulia."

3 dari 4 halaman

Doa Menyambut Lailatul Qadar

Selain doa dari penggalan kalimat allahumma innaka afuwwun karim di atas, ada pula bacaan doa yang bisa kamu panjatkan untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Berikut bacaan doa selengkapnya:

Allahumma inni as aluka minal khoiri kullihi 'ajilihi ma 'alimtu minhu wa ma lam a'lam. Wa a'udzubika minasy syarrih kullihi 'ajilihi wa ajilihi ma 'alimtu minhu wa ma lam a'lam. Allahumma inni as aluka min khoiri ma saalaka minhu 'abduka wanabiyyuka. Wa a'udzubika min syarri ma 'adza bihi 'abduka wa nabiyyuka. Allahumma inni as alukal jannata wa ma qorraba ilaiha min qoulin au 'amalin wa a'udzubika minan nari wa ma qorraba ilaiha min qoulin au 'amalin wa as aluka an taj'ala kulla qadlain qadlaitahu li khoiran.

Artinya:

" Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan seluruhnya yang disegerakan di alam dunia maupun yang ditangguhkan kelak di akhirat, terkait apa yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui sama sekali. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang disegerakan di alam dunia, maupun yang ditangguhkan kelak di akhirat, segala apa kuketahui atau tidak kuketahui. Ya Allah, aku meminta kepada kebaikan yang diminta oleh hamba & Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang hamba dan Nabi-Mu berlindung kepada-Mu darinya. Ya Allah, Ya Tuhanku, aku meminta kepada Mu, masukkan aku ke surga dan segala hal yang mendekatkanku ke surga-Mu baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku berlindung kepada Mu, jauhkan aku dari neraka, dan pelbagai hal yang mendekatkan kepadanya; baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku memohon kepada-Mu agar menjadikan setiap ketetapan (takdir) yang Engkau tetapkan untukku sebagai (takdir) kebaikan."

4 dari 4 halaman

Itulah penjelasan tentang kalimat allahumma innaka afuwwun karim yang ternyata adalah penggalan dari doa Lailatul Qadar.

Bacalah doa tersebut setiap hari selama bulan Ramadhan, agar bisa dipertemukan dengan malam yang penuh kemuliaan yaitu malam Lailatul Qadar.

Apalagi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, diprediksi malam yang istimewa itu akan datang kepada hamba-hamba pilihan Allah.

Inilah momen yang sangat dinantikan oleh semua umat Islam. Jangan sampai kamu melewatkan momen istimewa tersebut.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar