Bacaan Doa Takbir Idul Adha Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 1 Juli 2022 06:00
Bacaan Doa Takbir Idul Adha Lengkap Arab, Latin dan Artinya
Membaca doa takbir Idul Adha akan memberikan keutamaan yang luar biasa.

Dream – Bacaan takbir adalah kalimat yang sangat istimewa karena bisa membuat setiap orang yang mendengarnya terenyuh. Terlebih lagi mengumandangkan bacaan takbiran hanya dilakukan saat momen spesial hari raya besar Islam yaitu Idul Adha dan Idul Fitri.

Melafalkan bacaan takbir Idul Adha disunahkan ketika waktu magrib sudah datang. Momen istimewa bagi umat Islam ini dirayakan dengan suka cita dengan memuji keagungan Allah Swt.

Doa takbir Idul Adha hampir sama dengan Idul Fitri. Akan tetapi, pada bacaan doa takbir Idul Adha terdiri dari dua macam, yakni takbir mursal dan takbir muqoyyad. Kedua takbir ini perlu dipahami oleh setiap kaum Muslim. Bacaannya pun juga perlu diketahui, agar kamu bisa mengamalkannya.

Tak perlu bingung, karena Dream akan memaparkan bacaan doa takbir Idul Adha dalam artikel kali ini. Mari simak penjelasannya berikut!

1 dari 3 halaman

Takbir Mursal dan Muqoyyad

Dalam perayaan Hari Raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, umat Muslim akan mengumandangkan takbir. Takbir dalam perayaan hari raya ini ada dua jenis, yaitu takbir mursal dan takbir muqoyyad.

Takbir mursal ialah takbir yang waktunya tidak mengacu pada waktu sholat, atau tidak harus dibaca oleh seseorang setiap usai menjalankan ibadah sholat, baik fardlu maupun sunah. Artinya takbir mursal bisa dibaca setiap waktu, di manapun dan kapanpun.

Waktu mengumandangkannya dimulai dari terbenamnya matahari pada malam Ied hingga imam melakukan takbiratul ihram pada saat sholat id, baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

Sementara takbir muqayyad adalah takbir yang dikumandangkan pada waktu khusus yaitu dibaca setelah melaksanakan sholat, baik fardlu maupun sunnah. Waktu pembacaan takbir muqoyyad dimulai setelah sholat Shubuh pada hari Arafah (9 Dzulhijjah) hingga Ashar akhir hari Tasyriq (13 Dzulhijjah).

2 dari 3 halaman

Doa Takbir Idul Adha

Berikut bacaan doa takbir Idul Adha pendek:

اللهُ اكبَرْ، اللهُ اكبَرْ اللهُ اكبَرْ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر، اللهُ اكبَرُو ِللهِ الحَمْد

Allahu Akbar, Allahu Akbar kabira, Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar, Allahu Akbar walillaahilhamdu.

Artinya:

" Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah."

Berikut bacaan doa takbir Idul Adha yang panjang, bisa kamu amalkan ketika merayakannya:

 اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ، اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْراً وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيْراً وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر، اللهُ اكبَرُ و ِللهِ الحَمْ.

Allaahu akbar allaahu akbar allaahu akbar. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. allaahu akbar wa lillaahilhamd. Allaahu akbar kabiiraw wal hamdu lillaahi katsiiraa wasubhaanallaahibukrataw wa ashiilaa. Laa ilaaha illallaahu walaa na'budu illaa iyyaahu mukhlishiina lahud-diina walau karihal kaafiruun. Laa ilaaha illallaahu wahdahu shadaqa wa'dahu wa nashara abdahu wa a'azza jundahu wa hazamalahzaaba wahdah. Laa ilaha illallaahu wallahu Akbar. Allahu Akbar wa Lillaahil-hamd.

Artinya:

“ Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah. Allah Maha Besar dan aku mengagungkan Allah dengan besar-besar keagungan. Segala puji bagi Allah dan kami memuji Allah sebanyak-banyaknya. Maha Suci Allah pada pagi dan petang, tidak ada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang kami sembah kecuali hanya Allah, dengan ikhlas kami beragama kepadanya, walaupun orang-orang kafir membenci. Tidak ada Tuhan melainkan Allah, benar janjinya, dan dia menolong hambanya, dan Dia mengusir musuh nabi-Nya dengan ke-Esaan-Nya. Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Mengumandangkan Takbir Idul Adha

Membaca doa takbir Idul Adha tentu akan memberikan keutamaan bagi kaum Muslim. Di antara keutamaannya adalah sebagai berikut:

  1. Menjauhkan jiwa dan raga dari perbuatan keji dan munkar.
  2. Allah akan memudahkan rezeki dari segala arah.
  3. Istiqamah dalam jalan kebaikan dan kebenaran.
  4. Menanamkan ketaqwaan, ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah.
  5. Mendatangkan banyak pahala, berkah dan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka.
  6. Mencegah kejahatan yang terlihat maupun yang tidak terlihat.
  7. Menguatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.
  8. Menjadi pengingat diri akan pentingnya pertolongan Allah Swt dan meyakini bahwa tidak ada kekuatan yang melebihi kekuatan-Nya.

Itulah bacaan doa takbir Idul Adha yang dapat kamu amalkan. Dengan membaca takbir di atas, kamu juga akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa. Mengagungkan nama Allah di hari besar Islam akan membukan pintu rezeki dan berkah dari pintu mana saja. Wallahu a’lam bisshawab.

 

Sumber: NU Online

Beri Komentar