Cara-Cara Sholat Sunah Tahiyatul Masjid dan Keutamaannya yang Bisa Menghapus Dosa

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 31 Januari 2022 15:47
Cara-Cara Sholat Sunah Tahiyatul Masjid dan Keutamaannya yang Bisa Menghapus Dosa
Sholat sunah tahiyatul masjid menjadi salah satu cara untuk menghidupkan masjid.

Dream – Masjid adalah tempat ibadah yang suci dan harus selalu dihormati oleh semua orang apalagi penganutnya. Umat Islam menjadi masjid sebagai tempat untuk melakukan berbagai ibadah. Biasanya setiap tiba waktu sholat fardhu, umat Islam akan berbondong-bondong untuk datang ke masjid dan melaksanakan sholat berjamaah.

Saat tiba di masjid dan sholat jamaah belum dimulai, biasanya beberapa jamaah ada yang menjalankan sholat sebanyak dua rakaat. Sholat inilah yang dinamakan dengan sholat sunah tahiyatul masjid. Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, sholat sunah tahiyatul masjid adalah sholat sunah dua rakaat yang dilakukan saat seseorang memasuki masjid dan akan berdiam diri di dalamnya.

Sholat sunah tahiyatul masjid ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT yang memiliki masjid tersebut. Sehingga penghormatan ini dilakukan pada awal sebelum menjalankan ibadah yang lain. Cara-cara sholat tahiyatul masjid sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya. Perbedaan tersebut ada pada niat sholatnya.

Berikut adalah hadis berisi tentang sunahnya menjalankan sholat tahiyatul masjid yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah:

إِذَادَخَلَأَحَدُكُمُالْمَسْجِدَ،فَلْيَرْكَعْرَكْعَتَيْنِقَبْلَأَنْيَجْلِس

Artinya: Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid maka hendaklah ia mengerjakan sholat dua rakaat sebelum ia duduk.” (HR. Abu Qatadah).

Untuk mengetahui secara lebih lengkap bagaimana cara-cara sholat tahiyatul masjid dan apa saja keutamaannya, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id dan Kapanlagi.com.

1 dari 4 halaman

Waktu Sholat Tahiyatul Masjid

Waktu Sholat Tahiyatul Masjid© Shutterstock.com

Dalam menjalankan sholat tahiyatul masjid, waktunya tidaklah sama dengan sholat fardhu yang dilakukan setiap harinya. Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, sholat sunah tahiyatul masjid tidak mempunyai waktu yang khusus. Sahabat Dream bisa mengerjakannya kapan saja, baik itu pada siang atau malam hari saat masuk ke masjid dan sebelum duduk di dalamnya. Baik itu disengaja atau tidak disengaja dengan batas waktu yang lama.

Lalu jika menurut Imam Nawawi, waktu sholat sunah tahiyatul masjid ini tidak memiliki waktu khusus. Dalam artian, bisa dilakukan kapan saja, bahkan hukumnya tetap sunah meskipun pada waktu yang memang dilarang untuk menjalankan sholat sunah.

Misalnya saja ketika sholat subuh dan sholat ashar, lalu saat terbit dan terbenamnya matahari. Pendapat ini datang dari para ulama madzhab Syafi’i.

2 dari 4 halaman

Tata Cara Menjalankan Sholat Tahiyatul Masjid

Dalam cara-cara sholat tahiyatul masjid, hal ini telah dijelaskan oleh Imam Nawawi melalui al-Adzkar lin Nawawi. Di mana pelaksanaannya tidak banyak perbedaan dengan sholat sunah lainnya. Perbedaan tersebut ada pada niatnya. Berikut adalah cara-cara sholat tahiyatul masjid sebagaimana telah dikutip melalui islam.nu.or.id:

1. Diawali dengan takbiratul ihram. Kemudian disertai juga dengan mengangkat tangan. Dalam memulai sholat tahiyatul masjid ini sebaiknya tidak lupa untuk membaca niat sholat tahiyatul masjid yang bacaannya sebagai berikut:

أُصَلِّيتَحِيَّةَالْمَسْجِدِرَكْعَتَيْنِسُنَّةًلِلّٰهِتَعَالَى

Ushallî tahiyatal masjidi rak’ataini sunnatan lillîhi ta’âla.

Artinya: “ Saya shalat Tahiyatul Masjid dua rakaat sunnah karena Allah ta’ala.”  

2. Menjalankan sholat sunah tahiyatul masjid sebanyak dua rakaat dengan satu kali salam. Di mana diwajibkan untuk membaca surat Al-Fatihah, lalu disunahkan untuk membaca surat Al-Kafirun di rakaat yang pertama. Lalu pada rakaat kedua tetap wajib membaca surat Al-Fatihah dan disunahkan membaca Al-Ikhlas.

3. Sholat sunah tahiyatul masjid ditutup dengan salam.

3 dari 4 halaman

Kondisi yang Tidak Dianjurkan Sholat Tahiyatul Masjid

Meskipun sebelumnya telah dijelaskan bahwa sholat sunah tahiyatul masjid boleh dilakukan kapan saja, namun ada beberapa kondisi yang tidak dianjurkan untuk menjalankan sholat tahiyatul masjid. Kondisi-kondisi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Saat masuk ke masjid dan imam untuk sholat fardhu sudah memulai sholat berjamaah. Misalnya saja ketika iqomah sudah mulai dikumandangkan.

2. Saat masuk ke Masjidil Haram, hal ini tidak dianjurkan untuk melakukan sholat sunah tahiyatul masjid. Akan tetapi lebih baik jika melakukan thawaf.

3. Saat hari Jumat atau saat sholat Jumat dan khutbah sudah hampir selesai. Maka dalam kondisi ini sahabat Dream tidak dianjurkan untuk menjalankan sholat sunah tahiyatul masjid.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Menjalankan Sholat Tahiyatul Masjid

Keutamaan Menjalankan Sholat Tahiyatul Masjid© Shutterstock.com

Sebelumnya sudah diketahui tentang waktu dan cara-cara sholat tahiyatul masjid yang tidak sulit untuk dilakukan. Lalu, apa keutamaannya ketika mengerjakan sholat sunah ini? Tentu saja keutamaan dari sholat sunah tahiyatul masjid sangat beragam dan istimewa. Berikut adalah beberapa keutamaannya yang harus sahabat Dream ketahui sebagaimana dikutip melalui Kapanlagi.com:

Memuliakan Masjid

Sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid haruslah selalu dihidupkan. Salah satunya adalah dengan menjalankan sholat fardhu secara berjamaah di masjid. Nah, saat sahabat Dream menjalankan sholat fardhu di masjid, maka kamu juga bisa sekaligus melakukan sholat sunah tahiyatul masjid sebelumnya.

Karena dengan menjalankan sholat tahiyatul masjid, hal ini adalah cara untuk bisa memuliakan masjid dan bentuk penghormatan pada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang disembah.

Menyempurnakan Sholat Wajib

Selain bisa memuliakan masjid, keutamaan dari sholat tahiyatul masjid adalah bisa menyempurnakan sholat wajib. Karena bisa saja ketika mengerjakan sholat wajib ada sesuatu yang kurang sempurna dan hal tersebut pun memengaruhi pahala yang diperoleh.

Dalam upaya menutupi ketidaksempurnaan tersebut, maka bisa dengan menjalankan sholat sunah tahiyatul masjid.

Menunjukkan Ketakwaan dan Ketawakalan

Keutamaan menjalankan sholat tahiyatul masjid adalah bisa menunjukkan ketakwaan dan ketawakalan seorang hamba Allah SWT. Dengan menjalankan sholat sunah tahiyatul masjid, hal ini bisa menjadi bukti akan ketakwaan kepada Allah SWT yang dilakukan secara sungguh-sungguh atas nama Allah SWT semata.

Menghapus Dosa

Dengan melakukan sholat tahiyatul masjid berikut cara-cara sholat tahiyatul masjid yang benar, hal ini bisa menghapuskan dosa. Di mana ada banyak sujud yang telah dilakukan seorang hamba kepada Allah SWT. Dengan banyaknya sujud inilah yang bisa menjadi amalan untuk menghapus dosa.

Itulah penjelasan tentang cara-cara sholat tahiyatul masjid serta beberapa keutamaannya. Semoga kita semua bisa menjadi hamba yang selalu menjalankan perintah-Nya untuk semakin meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Beri Komentar