Cara Memagari Rumah dengan Ayat Al-Quran, Inilah Amalan-amalan yang Sebaiknya Dibaca

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 3 Agustus 2022 11:00
Cara Memagari Rumah dengan Ayat Al-Quran, Inilah Amalan-amalan yang Sebaiknya Dibaca
Dengan mengamalkannya, maka rumah pun akan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Dream – Pindah ke rumah baru tentunya menjadi hal yang wajib disyukuri. Apalagi sebelum kepindahan tersebut, sahabat Dream sudah bekerja keras untuk bisa mewujudkan rumah impian itu. Kerja kerasmu akan terbayar sudah ketika rumah sudah siap ditempati dan kamu bersama anggota keluarga tercinta pindah ke rumah tersebut.

Dalam tradisi masyarakat Islam di Indonesia biasanya setelah pindah ke rumah baru akan mengadakan acara syukuran atau selamatan atas rumah baru. Acara tersebut akan mengundang tetangga-tetangga, berdoa bersama, dan makan bersama. Tidak hanya itu saja, bahkan rumah baru tersebut juga dipagari dengan menggunakan doa-doa. Tujuannya agar tidak ada hal buruk yang menimpa rumah itu atau tidak ada jin maupun setan yang mengganggu.

Oleh karena itu, cara memagari rumah dengan ayat Al-Quran penting sekali untuk sahabat Dream ketahui. Sehingga ketika sudah pindah rumah bisa langsung diamalkan dengan harapan rumah baru akan selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Nah, berikut adalah cara memagari rumah dengan ayat Al-Quran sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id.

1 dari 3 halaman

Cara Memagari Rumah dengan Ayat Al-Quran

Cara Memagari Rumah dengan Ayat Al-Quran© Unsplash.com

Sebagai umat Islam, kita seharusnya menyerahkan segalanya kepada Allah SWT. Karena hanya Allah SWT lah yang akan selalu memberikan perlindungan secara penuh kepada setiap hamba-Nya. Bahkan ketika pindah rumah sekali pun, maka mohonlah kepada-Nya agar rumah tersebut selalu dalam lindungan Allah SWT. Sehingga sahabat Dream bisa tinggal di rumah itu dengan nyaman, aman, dan pastinya berkah.

Berikut adalah beberapa doa yang bisa sahabat Dream baca ketika menempati rumah baru sebagai cara memagari rumah dengan ayat Al-Quran dari kitab Al-Wasa’ilis Syafi’ah oleh Syekh Al-Habib Muhammad bin Ali Khirid Al-Alawi Al-husaini At-Tarimi yang dikutip dari islam.nu.or.id:

Membaca Surat Al-Fatihah 3 Kali

Amalan pertama yang harus dibaca oleh sahabat Dream adalah surat Al-Fatihah sebanyak tiga kali. Setiap umat Islam tentunya sudah benar-benar hafal dengan surat ini karena setiap harinya selalu dibaca dalam sholat fardhu. Hal ini karena surat Al-Fatihah memiliki keistimewaan ketika dibaca, bahkan bisa menjadi doa sebagai cara memagari rumah dengan ayat Al-Quran.

Membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28 – 29

Setelah membaca surat Al-Fatihah, cara memagari rumah dengan ayat Al-Quran yang selanjutnya adalah dengan membaca surat Al-Mu’minun ayat 28 sampai 29. Berikut adalah bacaan ayatnya:

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ * وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِي مُنزَلاً مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ الْمُنزِلِينَ *

Artinya: Bila kau dan pengikutmu sudah di atas kapal, maka katakanlah, ‘Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan kami dari kaum aniaya.’ Katakanlah, ‘Tuhanku, tempatkan aku di tempat yang berkah karena Engkau sebaik-baik pemberi tempat.” (QS. Al-Mu'minun: 28 -29).

2 dari 3 halaman

Cara Memagari Rumah dengan Ayat Al-Quran

Membaca Doa Ini Sebanyak 3 Kali

Cara memagari rumah dengan ayat Al-Quran selanjutnya adalah dengan membaca doa berikut ini yang dibaca sebanyak tiga kali:

اَللهم يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خاَلِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخُلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخاَفُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هَذَا خَيْراً وَبَرَكَةً وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.

Allâhumma yâ man falaqal bahra li Mûsâ bin ‘Imrân, wa najjâ Yûnusa min bathnil hût, wa sayyaral fulka li man syâ’a, antal ‘âlimu bi ‘adadi qathril bihâri, wa dzarrâtir rimal. Yâ Khâliqa ashnâfi ‘ajâ’ibil makhlûqât. As’alukal kifâyah, yâ kâfiya man istakfâh, yâ Mujîba man da‘âh, yâ muqîla man rajâh. Antal kâfi, lâ kâfiya illa anta. Ikfinî syarra ma akhâfu wa ahdzar. Wamla’ manzilî hâdzâ khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasûlika sayyidina Muhammadin wa âlihi wa shahbih wa sallim.

Artinya: “ Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”

Doa-doa tersebut yang bisa dibaca oleh sahabat Dream sebagai cara memagari rumah dengan ayat Al-Quran disarankan untuk dibaca setiap pagi dan sore hari selama tiga hari secara berturut-turut. Insya Allah, rumah sahabat Dream akan selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberi kenyamanan untuk menempati rumah tersebut.

3 dari 3 halaman

Cara Lain yang Bisa Dilakukan untuk Membentengi Rumah

Selain menggunakan bacaan ayat-ayat Al-Quran, untuk memagari rumah juga bisa dilakukan dengan cara lain. Berikut adalah cara lain yang bisa sahabat Dream lakukan untuk membentengi rumah:

Mengucap Salam saat Masuk dan Banyak Berzikir

Ketika sahabat Dream hendak masuk ke rumah, jangan lupa untuk mengucapkan salam terlebih dahulu. Baik itu di dalam rumah ada orangnya maupun tidak. Kemudian, sahabat Dream juga sebaiknya banyak-banyak membaca zikir. Hal ini seperti dijelaskan oleh Imam An-Nawawi berikut:

Disenangi seseorang mengucapkan bismillah dan banyak berzikir kepada Allah serta mengucapkan salam, sama saja apakah dalam rumah itu ada manusia atau tidak.”

Dijelaskan juga dalam surat An-Nur ayar 61 berikut:

Apabila kamu memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat(-Nya) bagimu, agar kamu mengerti.” (QS. An-Nur: 61).

Banyak Membaca Al-Quran di Dalam Rumah

Ketika sahabat Dream berada di dalam rumah, maka sering-sering membaca Al-Quran. Karena ayat-ayat suci yang kamu baca mampu memberikan perlindungan untuk rumahmu. Al-Quran mampu mengharumkan rumah seorang muslim dan bisa mengusir setan. Hal ini seperti dikabarkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari pada Nabi:

Permisalan seorang mukmin yang membaca Al-Qur’an adalah seperti buah atrujah, baunya harum dan rasanya enak. Permisalan seorang mukmin yang tidak membaca Al-Qur’an seperti buah kurma, tidak ada baunya namun rasanya manis. Adapun orang munafik yang membaca Al-Qur’an permisalannya seperti buah raihanah, baunya wangi tapi rasanya pahit. Sementara orang munafik yang tidak membaca Al-Qur’an seperti buah hanzhalah, tidak ada baunya, rasanya pun pahit.” (HR. Al-Bukhari no. 5020 dan Muslim no. 1857)

Banyak Melakukan Sholat Nafilah di Rumah

Cara lainnya yang bisa sahabat Dream lakukan untuk memagari rumah adalah banyak melakukan sholat nafilah di rumah. Hal ini seperti sabda Nabi saw berikut:

Jadikanlah bagian dari sholat kalian di rumah-rumah kalian, dan jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Beri Komentar