Doa Apa Saja untuk Ziarah Kubur, Terutama Jika Ziarah ke Makam Wali atau Orang Sholeh

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Sabtu, 2 April 2022 06:01
Doa Apa Saja untuk Ziarah Kubur, Terutama Jika Ziarah ke Makam Wali atau Orang Sholeh
Ziarah kubur bisa meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Dream – Salah satu amalan yang dianjurkan dalam agama Islam adalah berziarah. Ziarah tidak hanya dilakukan ke makam keluarga maupun saudara saja, tetapi juga berziarah ke makam para wali maupun orang-orang sholeh. Tujuan dari berziarah ini adalah untuk mendoakan mereka yang sudah meninggal.

Biasanya ziarah wali dilakukan menjelang bulan Ramadan. Ada yang datang berziarah bersama keluarga dan ada juga yang secara rombongan. Nah, saat mengunjungi makam wali ada doa apa saja untuk ziarah kubur yang dibaca secara bersama-sama.

Amalan ini tentunya sangat baik untuk dilakukan oleh setiap umat Islam. Di mana bisa membuat kita untuk mengingat kematian serta mengingat kembali para wali atau orang-orang sholeh yang sudah meninggal terutama perjuangannya dalam mendakwahkan agama Islam. Dengan begitu, hal ini bisa semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Berikut adalah bacaan doa apa saja untuk ziarah kubur para wali atau orang sholeh yang bisa kamu amalkan sebagaimana telah dirangkum Dream melalui nu.or.id.

1 dari 2 halaman

Mengucap Salam pada Ahli Kubur

Mengucap Salam pada Ahli Kubur© Shutterstock.com

Sebelum melakukan ziarah kubur dan membaca doa apa saja untuk ziarah kubur, Islam mengajarkan agar mengucap salam terlebih dahulu. Hal ini dijelaskan dalam kitab al-Adzkar oleh Imam Nawawi yang menyatakan bahwa Rasulullah saw mengajarkan kepada umat Islam untuk mengucapkan salam terlebih dahulu, baru kemudian banyak membaca Al-Quran, berdzikir, dan mendoakan ahli kubur.

Berikut adalah bacaan salam saat ziarah kubur yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw:

السَّلامُعَلَيْكُمْدَارَقَوْمٍمُؤْمِنينَوَأتاكُمْماتُوعَدُونَغَداًمُؤَجَّلُونَوَإنَّاإنْشاءَاللَّهُبِكُمْلاحقُونَ 

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn.

Artinya: “ Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.”

Setelah mengucapkan salam, barulah sahabat Dream bisa membaca doa-doa ziarah kubur. Bacaan tersebut seperti beristighfar, membaca surat Al-Fatihah, surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, surat An-Nas, bacaan tahlil, dan sebagainya.

2 dari 2 halaman

Bacaan Doa saat Ziarah ke Makam Wali

Bacaan Doa saat Ziarah ke Makam Wali© Shutterstock.com

Ketika sahabat Dream mengunjungi makam wali atau orang sholeh untuk berziarah, para ulama mengajarkan untuk membaca sholawat Salamullah Ya Sadah. Di mana sholawat ini adalah bagian dari doa saat ziarah kubur. Berikut adalah bacaan sholawatnya yang bisa sahabat Dream lafalkan:

بِسْمِاللهِالرَّحْمٰنِالرَّحِيْمِسَـــلاَمُاللهِيـَاسَـــادَةْ۩مِنَالرَّحْمٰنِيَغْـْشَاكُمْعِبَـــــادَاللهِجِـئْنَــاكُمْ۩قَـصَدْنَاكُمْطَلَبْنَـاكُمْتُـعِــيـْنُوْنَــــاتُـغِــــيْثُوْنَــــا۩بـهِمَّتِكُمْوَجَــدْوَاكُـمْفَأَحْبُـوْنَـــــاوَأَعْـطُوْنَــــا۩عَـطَاَياكُمْهَـــدَايَـاكُمْفَــــلاَخَيَّـبْتُـمُوْاظَـــنِّيْ۩فَحَــاشَاكُمْوَحَاشَاكُمْسَــعِدْنَـــاإِذْأَتَيْنــَاكُمْ۩وَفُزْنَــاحِيْنَزُرْنَــــاكُمْفَـقـُوْمُوْاوَاشْفَعُوْافِيْنَا۩إِلَىالرَّحْمٰنِمَـوْلاَكُمْعَسَىنُحْظَىعَسَىنُعْطَى۩مَـزَايـَامِنْمَزَايـَاكُمْعَسَىنَظْرَةْعَسَىرَحْمَـــةْ۩تَـغْشَـانَاوَتَـغْشَاكُمْسَــــلاَمُاللهِحَـيــَّــاكُـــم۩وَعـَيْنُاللهِتَـرْعَــاكُمْوَصَـــــلَّىاللهُمـَوْلاَنَـــا۩وَسَـــــلَّمَمَاأَتَـيْنَـــاكُـــــمْعَلَىالْمُخْـتَارِشَـــافِعِنَــا۩وَمُـنْقـِذِنَـاوَإِيَّـــــاكُمْ

Bismillâhirrahmânirrahîm Salâmullâhi yâ sâdah minar-Rahmâni yaghsyâkum Ibâdallâhi ji’nâkum qashadnâkum thalabnâkum Tu'înûnâ tughîtsûnâ bihimmatikum wa jadwâkum Fa ahbûnâ wa a'thûnâ 'athâyâkum hadâyâkum Falâ khayyabtumû dzannî fahâsyâkum wahâsyâkum Sa'idnâ idz ataynâkum wa fuznâ hîna zurnâkum Faqûmû wasyfa'û fînâ ilâr-rahmâni mawlâkum 'Asâ nuhdzâ 'asâ nu'thâ mazâyâ min mazâyâkum 'Asâ nadzrah 'asâ rahmah taghsyânâ wa taghsyâkum Salâmullâhi hayyâkum wa 'ainullâhi tar'âkum Wa shallâllâhu mawlânâ wasallam mâ atainâkum 'Alâl mukhtâri syâfi'înâ wa munqidzinâ wa iyyâkum.

Artinya:

“ Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Wahai Tuanku, semoga salam Allah tetap tercurah padamu. Wahai hamba-hamba Allah, kami datang kepadamu. Kami bermaksud (bersentuhan dengan rohanimu) dan kami berharap (berkahmu). Untuk menolong kami, menyejukkan kami dengan siraman yang berasal darimu, sesuai dengan tekad dan pencapaianmu (selama ini). Maka cintailah dan berikanlah kepada kami hal-hal yang Allah berikan dan hadiahkan padamu.”

“ Jangan biarkan pengharapan ini sia-sia, jauhlah engkau semua (dari sifat tega menyia-nyiakan kami). Kami sangat beruntung datang di haribaanmu dan kami amat berbahagia dengan menziarahimu, maka bangkitlah dan syafaatilah kami bermohon pada Allah yang bersifat ar-Rahman, Tuanmu. Mudah-mudahan kami diberi (Allah) keberuntungan dan diberi limpahan karunia yang selama ini dianugerahkan kepadamu.”

“ Mudah-mudahan kita dipandang dan dilimpahi rahmat yang akan menyelimuti kami dan engkau. Semoga engkau semakin dihidupkan dengan keselamatan (dari) Allah dan semoga pandangan Allah senantiasa menuntun engkau. Mudah-mudahan rahmat Allah dan keselamatan semakin terlimpah kepada tuan kita, manusia pilihan yang mensyafaati dan menyelamatkan kita.”

Itulah bacaan yang bisa sahabat Dream lafalkan ketika sedang berziarah di makam wali atau orang-orang sholeh. Doa apa saja untuk ziarah kubur wali usahakan didahului dengan melafalkan salam terlebih dahulu, baru kemudian membaca Al-Quran, berdoa, berdzikir, dan membaca sholawat.

Beri Komentar