Doa dan Tata Cara Mandi Wajib Sesuai Sunnah, Jangan Dianggap Remeh!

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 9 April 2022 18:01
Doa dan Tata Cara Mandi Wajib Sesuai Sunnah, Jangan Dianggap Remeh!
Syariat mandi besar setelah berhadas dihukumi wajib bagi umat Muslim. Ada banyak faktor penyebab mandi wajib yang harus diketahui. Begitu pula dengan tata cara mandi wajib agar sesuai sunnah.

Dream – Agama Islam mensyariatkan umatnya untuk menghilangkan hadas besar dengan cara mandi wajib atau mandi besar. Hadas besar adalah kondisi seseorang yang sedang tidak suci karena usai berhubungan suami istri, keluar mani bagi laki-laki, haid dan nifas bagi perempuan.

Syariat mandi besar setelah berhadas dihukumi wajib bagi umat Muslim. Apabila seorang muslim tidak melakukan mandi wajib saat berhadas besar, maka dapat menghalangi dirinya melakukan beberapa ibadah seperti sholat, membaca Al Quran, hingga thowaf.

Sebagai sebuah ibadah tentunya ada doa dan tata cara mandi wajib sesuai hadis Rasululllah Saw. Doa dan tata cara mandi wajib perlu diketahui oleh semua umat Muslim agar perkara bersuci ini bisa dilakukan dengan benar.

1 dari 4 halaman

Perintah Mandi Wajib

Sebelum lebih jauh membahas tentang doa dan tata cara mandi wajib, kamu juga perlu mengetahui hukumnya. Perintah melaksanakan mandi wajib ini dasar hukumnya adalah Alquran. Allah SWT berfirman, “ Dan jika kamu junub, maka mandilah.” (QS. Al Maidah: 6)

Sementara itu dalam surat An Nisa, Allah SWT juga memerintahkan umat Muslim untuk mandi wajib jika dalam keadaan junub.

“ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi.”  (QS. An-Nisa': 43)

Ancaman bagi umat Muslim yang menganggap remeh doa dan tata cara mandi wajib yaitu akan mendapat siksa yang pedih.

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, “ Dari Ali bin Abi Thalib, bahwa Rasulullah Saw telah bersabda, 'Barangsiapa yang meninggalkan bagian tubuh yang harus dialiri air dalam mandi janabat walaupun satu rambut tidak dibasuh dengan air mandi itu, maka akan diperlakukan kepadanya demikian dan demikian dari api neraka'.”

2 dari 4 halaman

Doa dan Tata Cara Mandi Wajib

Doa dan tata cara mandi wajib sesuai sunnah dilakukan dengan tujuan membersihkan diri setelah haid, nifas, keluar mani dan setelah berjimak. Berikut ini doa dan tata cara mandi wajib yang perlu diketahui.

1. Doa Mandi Wajib Setelah Junub

" Bismillahirahmanirahim, nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari minal janabati fardlo lillahi ta'ala."

Artinya: " Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala."

2. Doa Mandi Wajib Setelah Nifas

Saat hadas besar pada perempuan yang sedang nifas atau keluarnya darah dari organ intim setelah melahirkan, doa mandi wajib yang harus dibaca adalah sebagai berikut:

" Bismillahirahmanirrahim, nawaitu ghusla liraf’il hadatsil akbari minan nifasi fardlo lillahi ta'ala."

Artinya: " Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta'ala."

3. Doa Mandi Wajib Setelah Haid

Berikut doa mandi wajib setelah haid yang perlu dibaca:

" Bismillahirahmanirahim, nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari minal haidi fardlo lillahi ta'ala."

Artinya: " Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta'ala."

Setelah membaca doa mandi wajib di atas, langkah selanjutnya yaitu mulai mandi sesuai tata cara mandi junub yang baik dan benar.

3 dari 4 halaman

Doa dan Tata Cara Mandi Wajib

Doa dan tata cara mandi wajib sesuai sunnah tidak seperti mandi biasanya, namun ada tata caranya menurut hadis. Tiap orang Muslim yang sudah baligh harus mengetahui sepenuhnya doa dan tata cara mandi wajib yang benar agar sah melakukan ibadah.

Berikut doa dan tata cara mandi wajib yang benar serta lengkap bagi pria dan wanita, sesuai hadis Rasulullah SAW:

  • Tata cara mandi wajib diawali dengan membaca doa mandi wajib saat awal-awal mandi karena hukumnya wajib. Doa inilah yang membedakan mandi wajib dengan mandi biasa. Caranya bisa dalam hati maupun bersuara.
  • Sebelum mengguyurkan air ke tubuh, sesuai sunnah Rasulullah SAW dianjurkan untuk mencuci tangan dahulu sampai tiga kali. Hal ini bertujuan agar tangan bersih dan terhindar dari najis dan kotoran yang menempel.
  • Lalu membersihkan bagian tubuh yang dianggap kotor dan tersembunyi menggunakan tangan kiri, seperti bagian kemaluan, dubur, bawah ketiak, pusar, dan lain–lain.
  • Setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi, tangan perlu dicuci ulang dengan cara mengusap-usapkan tangan ke tanah/tembok kemudian dibilas air langsung atau dicuci dengan sabun baru dibilas.
  • Selanjutnya berwudu seperti tata cara wudu saat akan melakukan sholat.
  • Menyeka pangkal rambut dengan jari-jari yang sudah dicelup ke air sampai menyentuh bagian kulit kepala.
  • Kemudian membasahi kepala dengan mengguyurkan air sebanyak tiga kali hingga seluruh permukaan pada kulit dan rambut basah oleh air.
  • Selanjutnya membasahi tubuh hingga merata dengan mengguyurnya dari ujung rambut hingga ujung kaki, dimulai bagian kanan terlebih dahulu kemudian bagian kiri.
  • Pastikan kamu membersihkan seluruh area lipatan kulit dari tubuh yang tersembunyi pada saat melaksanakan tata cara mandi wajib.
4 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Wajib

Setelah mengetahui doa dan tata cara mandi wajib menurut syara’ di atas, lantas kita bahas tentang manfaat melaksanakan mandi wajib.

Mengutip dari Bincang Syariah, Syekh Muhyiddin menulis dalam kitabnya Ibadatul Islam: Fiqhuha, Asroruha, wa Ta’allumu Kaifiyyatiha dalam bab faidah-faidah mandi (fawaidul ghusli) tentang manfaat mandi wajib, yaitu:

  • Saat seorang muslim melakukan mandi wajib, maka ia telah melaksanakan perintah Allah dan mendapat pahala yang besar, kebahagiaan, ketenangan dan kegembiraan.
  • Berhubungan intim antara suami istri akan menimbulkan efek kelelahan dan malas. Mandi wajib akan memulihkan kekuatan tubuh yang hilang setelah berhubungan intim.
  • Mandi besar merupakan salah satu upaya menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.
  • Manfaat mandi besar juga membuat tubuh lebih semangat beraktivitas, serta mengusir rasa malas.

Itulah penjelasan tentang doa dan tata cara mandi wajib sesuai sunnah. Lakukan serangkaian doa dan tata cara mandi wajib di atas dengan hati-hati dan pastikan semua anggota tubuh dibersihkan. Hal ini penting agar mandi wajib yang kamu lakukan sah, sehingga membuka peluang yang sah untuk melakukan ibadah.

Beri Komentar