5 Doa Kedua Orang Tua, Penting untuk Selalu Dibaca!

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 8 Desember 2021 11:45
5 Doa Kedua Orang Tua, Penting untuk Selalu Dibaca!
Apapun kondisi orang tua, kita sebagai anak yang berbakti wajib mendoakan mereka.

Dream – Sebagai anak yang berbakti pada orang tua, kita hendaknya tak pernah lupa untuk selalu berdoa kepada orang yang kita sayangi tersebut. Apapun kondisi orang tua, baik itu dalam keadaan yang sehat, sakit, bahkan sudah meninggal pun harus selalu mendoakannya.

Orang tua tak hanya sekedar menjadi ayah dan ibu kita saja. Tetapi merekalah yang selama ini mengorbankan banyak hal untuk kita hingga saat ini. Tanpa orang tua, kita mungkin tidak bisa seperti sekarang ini. Sehingga sudah menjadi kewajiban kita sebagai anak yang sayang, patuh, dan berbakti pada orang tua untuk selalu memanjatkan doa kedua orang tua.

Doa kedua orang tua yang kita panjatkan secara bersungguh-sungguh, insya Allah akan didengar dan diijabah oleh Allah SWT. Bahkan dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa doa anak yang sholeh untuk kedua orang tuanya akan menjadi amalan yang tidak pernah putus. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh yang berdoa baginya.” (HR Muslim).

Untuk mengetahui bagaimana bacaan doa kedua orang tua, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream dari Merdeka.com.

1 dari 2 halaman

Doa Kedua Orang Tua

Doa Kedua Orang Tua© Pixabay.com

Doa Kedua Orang Tua yang Paling Utama

Sahabat Dream tentunya sudah mengetahui doa kedua orang tua yang satu ini. Sejak kecil, doa ini biasanya sudah diajarkan oleh orang tua di rumah maupun di sekolah bersama guru. Berikut adalah doa kedua orang yang paling utama dan bisa kamu hafalkan dengan mudah:

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.

Artinya: “ Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (ibu dan bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.”

Doa Kedua Orang Tua Mohon Ampunan

Sahabat Dream juga bisa berdoa untuk memohon ampunan bagi diri sendiri atas segala dosa yang selama ini diperbuat dan juga mohon ampunan untuk dosa-dosa kedua orang tua. Berikut adalah doa kedua orang tua untuk memohon ampunan pada Allah SWT:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat.”

Doa Kedua Orang Tua Panjang Umur

Sahabat Dream tentu saja ingin melihat kedua orang tua hidup di dunia ini dalam waktu yang lama bersama kita dan dalam kondisi yang sehat. Nah, untuk agar orang tua bisa memiliki umur yang panjang, berikut adalah doa kedua orang tua yang bisa kamu panjatkan:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati al ahyaa'I minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil adhiimi.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

2 dari 2 halaman

Doa Kedua Orang Tua

Doa Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit

Saat melihat orang tua dalam kondisi sakit, tentu saja kita sebagai anak akan merasakan kesedihan yang sangat mendalam. Apalagi jika sakit yang diderita tergolong parah. Pasti ada perasaan khawatir kalau orang tua tidak akan pergi dari hidup kita.

Untuk memohon kesembuhan pada Allah SWT, berikut adalah doa kedua orang tua yang sedang sakit:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: “ Ya Allah, Rabb manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Doa Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Tidak memiliki orang tua lagi karena sudah meninggal dunia tentunya tidak mudah untuk menerima kondisi tersebut. Apalagi jika selama ini kita adalah anak yang sangat dekat dengan orang tua. Pastinya akan sangat terpukul dan merindukan kasih sayang yang selama ini mereka berikan.

Namun, sahabat Dream tidak boleh terus berlarut dalam kesedihan. Ajak dirimu sendiri untuk membaca doa kedua orang tua agar jalannya di akhirat diberi kelancaran oleh Allah SWT.

Berikut adalah doa kedua orang tua yang sudah meninggal dunia:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a 'idzhu min 'adzaabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzaabin naar.

Artinya: “ Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga-Mu, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."

Beri Komentar