Doa Mandi Bersih dari Haid dan Tata Caranya yang Wajib Diketahui Para Perempuan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 5 April 2022 10:00
Doa Mandi Bersih dari Haid dan Tata Caranya yang Wajib Diketahui Para Perempuan
Mandi bersih ini dilakukan untuk membersihkan hadas besar dari tubuh dan bisa kembali beribadah.

Dream – Memasuki masa pubertas, para perempuan akan mengalami menstruasi atau haid. Dikutip dari alodokter.com, menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina sebagai akibat siklus bulanan yang dialami wanita. Di masa inilah para perempuan Muslim tidak diperbolehkan untuk melakukan ibadah. Baik itu sholat, berpuasa, dan ibadah lainnya.

Namun ketika haid tersebut sudah selesai, maka setiap perempuan Muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah kembali. Tetapi haruslah melakukan mandi bersih atau mandi wajib terlebih dahulu. Di mana mandi bersih ini berbeda dengan mandi yang biasanya sahabat Dream lakukan.

Hal yang membedakan adalah bacaan doa mandi bersih dari haid yang tidak kamu baca ketika melakukan mandi seperti biasa. Tak hanya membaca doa saja, bahkan ada tata caranya sendiri sesuai ajaran Islam yang harus dilakukan. Sehingga mandi bersih bisa benar-benar sah dan sahabat Dream bisa melakukan ibadah lagi.

Nah, berikut adalah penjelasan tentang mandi bersih dan doa mandi bersih dari haid beserta tata caranya yang dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 2 halaman

Hukum Melakukan Mandi Wajib setelah Haid

Hukum Melakukan Mandi Wajib setelah Haid© Shutterstock.com

Darah haid adalah hadas besar yang dimiliki oleh perempuan ketika masa haid itu telah tiba. Namun, ketika masa haid itu telah usai, maka perempuan Muslim wajib untuk membersihkannya, yakni dengan cara mandi bersih atau mandi wajib. Perintah untuk melakukan mandi wajib tersebut ada dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Maidah ayat 6 berikut ini:

وَاِنْكُنْتُمْجُنُبًافَاطَّهَّرُوْاۗ

Artinya: Jika kamu junub, maka mandilah.” (QS. Al-Maidah: 6).

Perintah untuk melakukan mandi wajib pun juga ada dalam surat An-Nisa ayat 43 berikut ini:

يٰٓاَيُّهَاالَّذِيْنَاٰمَنُوْالَاتَقْرَبُواالصَّلٰوةَوَاَنْتُمْسُكَارٰىحَتّٰىتَعْلَمُوْامَاتَقُوْلُوْنَوَلَاجُنُبًااِلَّاعَابِرِيْسَبِيْلٍحَتّٰىتَغْتَسِلُوْاۗوَاِنْكُنْتُمْمَّرْضٰٓىاَوْعَلٰىسَفَرٍاَوْجَاۤءَاَحَدٌمِّنْكُمْمِّنَالْغَاۤىِٕطِاَوْلٰمَسْتُمُالنِّسَاۤءَفَلَمْتَجِدُوْامَاۤءًفَتَيَمَّمُوْاصَعِيْدًاطَيِّبًافَامْسَحُوْابِوُجُوْهِكُمْوَاَيْدِيْكُمْۗاِنَّاللّٰهَكَانَعَفُوًّاغَفُوْرًا

Artinya: Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati salat ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun.” (QS. An-Nisa: 43).

2 dari 2 halaman

Niat dan Tata Cara Mandi Bersih setelah Haid

Niat dan Tata Cara Mandi Bersih setelah Haid© Shutterstock.com

Setelah mengetahui hukum dari melakukan mandi bersih atau mandi wajib, sahabat Dream juga perlu untuk mengetahui tata caranya. Sehingga mandi bersih tersebut bisa dilakukan dengan benar sesuai ajaran Islam. Nah, hal pertama yang jangan sampai dilupakan adalah membaca niat doa mandi bersih dari haid. Berikut adalah urutan tata caranya:

Membaca Niat Doa Mandi Bersih dari Haid

Berikut adalah bacaan doa mandi bersih dari haid yang penting untuk sahabat Dream baca:

نَوَيْتُالْغُسْلَلِرَفْعِحَدَثِالْحَيْضِِللهِتَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf'i hadatsil haidil lillahi Ta'aala.

Artinya:Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala.”

Membasuh Kemaluan dengan Wewangian

Setelah membaca doa mandi bersih dari haid, selanjutnya adalah membasuh kemaluan dengan wewangian. Caranya adalah dengan menyediakan kapas yang diberi wewangian atau parfum yang tidak menggunakan alkohol. Lalu, bersihkan area kemaluan dengan kapas yang diberi parfum tersebut. Pastikan bahwa wewangian yang sahabat Dream gunakan benar-benar aman untuk kemaluan.

Cara ini sebagaimana ajaran dari Rasulullah saw saat ditanya oleh seorang perempuan Anshor:

Bagaimana aku mandi dari haid?

Lalu Nabi saw menjawab:

Ambillah sepotong kapas yang dilumuri dengan minyak wangi lalu bersihkan dengan itu.”

Setelah itu, jangan lupa bersihkan kedua telapak tangan dengan mambasuh tangan kiri menggunakan tangan kanan dan sebaliknya sebanyak tiga kali.

Membersihkan Kedua Telapak Tangan

Selanjutnya adalah membersihkan kedua telapak tangan sebelah kanan dan kiri sebanyak tiga kali secara bergantian menggunakan air bersih. Lakukan hal tersebut dengan menggosok-gosoknya dengan sabun secara bergantian.

Mencuci Rambut

Setelah itu, cucilah rambut atau keramas menggunakan sampo. Dalam hal keramas pada mandi bersih ini ada beberap peprbedaan. Jadi, lebih baik sahabat Dream menyiramkan air ke ujung kepala dan lakukan sebanyak tiga kali. Atau kamu bisa juga mengusap rambut sebanyak tiga kali dengan air tanpa menggunakan sampo.

Membersihkan Seluruh Badan

Setelah keramas, selanjutnya adalah membersihkan seluruh badan. Yakni mandi seperti biasanya dengan mengguyurkan air ke seluruh badan. Pastikan bahwa seluruh bagian tubuh sudah terkena air, baik itu di bagian lipatan dan area-area tersembunyi.

Misalnya saja di bagian ketiak, belakang telinga, sela-sela jari tangan dan kaki, antara lutut dan paha, dan sebagainya. Lakukan hal tersebut dengan mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan, baru kemudian sebelah kiri.

Itulah penjelasan tentang hukum melakukan mandi bersih dan tata caranya yang sesuai ajaran Islam beserta bacaan doa mandi bersih dari haid yang penting untuk dibaca.

Beri Komentar