Doa Saat Musibah Dialami Orang Lain

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 4 Januari 2020 18:00
Doa Saat Musibah Dialami Orang Lain
Mereka yang tertimpa musibah tentu sedang dalam kesusahan. Ringankan bebannya dengan doa ini.

Dream - Warga Jabodetabek sedang dilanda musibah. Tempat tinggal mereka terendam banjir cukup parah.

Sebagian dari mereka telah kehilangan harta bendanya akibat hanyut terbawa arus ataupun rusak. Padahal, mereka mendapatkan harta itu dengan susah payah.

Belum lagi berpikir bagaimana menjalani hari esok. Bisa melewati hari ini saja sudah jadi keberuntungan bagi mereka.

Mendengar orang lain tertimpa musibah tentu menimbulkan keprihatinan tersendiri. Apalagi jika yang tertimpa musibah tidak lain adalah teman dekat atau anggota keluarga kita sendiri.

Sehingga, dianjurkan untuk mendoakan mereka jika terkena musibah. Doa yang dibaca seperti diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Imam Muslim, agar beban kesedihan mereka teringankan dan tergantikan oleh pahala.

 

1 dari 5 halaman

Doakan Saudara dan Teman Dilanda Musibah

Doa saat orang lain terkena musibah© Dream.co.id

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha.

Artinya,

" Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik."

2 dari 5 halaman

Doa Saat Terhindar dan Selamat dari Musibah

Dream - Musibah banjir kembali mewarnai awal tahun 2020. Sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Jabodetabek, terendam air.

Banjir yang melanda kawasan Jabodetabek diklaim terparah dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Salah satunya pemicunya, curah hujan yang turun lebih dari dua jam mulai Rabu, 1 Januari 2019 dini hari hingga siang hari diyakini lebih tinggi dibandingkan kondisi normal.

Sejumlah kawasan di Jaabodetabek terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Bahkan terdapat kawasan pemukiman yang terendam air dengan ketinggian hingga 4 meter.

Memang, musibah tidak dialami semua orang. Ada sebagian dari kita yang mungkin selamat dari banjir maupun musibah lainnya.

Ketika terhindari dan selamat dari musibah banjir, kita dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Abu Hurairah RA, dianjarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

3 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Musibah

Doa terhindar dari musibah banjir© Dream.co.id

Alhamdulillahilladzi 'afani mimma ibtalaka bihi wa fadldlalani 'ala katsirin mimman khalaqa tafdhila.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari apa yang menimpamu dan memberikan keutamaan kepadaku atas makhluk (lainnya) yang Dia ciptakan."

4 dari 5 halaman

Doa Bersyukur Terlepas dari Masa-Masa Sulit

Dream - Berada di masa-masa penuh kesulitan menjadi ujian hidup bagi seseorang. Tentu kondisi ini membuat seseorang merasa tertekan.

Entah karena bencana atau musibah, masa sulit menjadi pemicu gejolak emosi. Namun demikian, seseorang tetap diharuskan menahan diri dengan bersabar dan tabah.

Misalnya ketika terjadi banjir besar atau tanah longsor. Hal itu menimbulkan banyak kerugian.

Seseorang bisa kehilangan harta benda yang sudah lama didapatnya. Jika tidak bersabar, kondisi ini bisa memicu ketegangan batin maupun fisik.

Lepas dari masa-masa sulit menjadi kebahagiaan tersendiri. Perasaan lega muncul seiring hadirnya kemudahan usai kesulitan.

Ketika lepas dari masa-masa sulit, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut merupakan Surat Al Mukminun ayat 28-29.

5 dari 5 halaman

Doa Lepas Dari Masa Sulit

Doa Lepas dari Masa Sulit© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi najjana minal qaumidz dzalimin. Rabbi anzilni munzalan mubarakan wa anta khairul munzilin.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim, Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.

Beri Komentar