Doa Nengok Orang Sakit dan Adab-adab yang Harus Dilakukan saat Menjenguk

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 29 Desember 2021 15:00
Doa Nengok Orang Sakit dan Adab-adab yang Harus Dilakukan saat Menjenguk
Menjenguk orang sakit adalah hal yang sangat dianjurkan dalam Islam dan jangan lupa untuk mendoakannya.

Dream – Musibah berupa sakit bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Walaupun sudah berusaha untuk menjaga kesehatan, jika Allah SWT sudah menghendaki seseorang untuk mengalaminya maka tetaplah akan terjadi. Ini menjadi ujian yang diberikan kepada Allah SWT agar kita menjadi hamba yang lebih sabar dalam menghadapinya.

Begitu pun saat melihat orang lain yang sakit, baik itu dari keluarga sendiri, saudara, maupun teman, pastinya akan ikut merasa sedih. Ketika mengetahui ada seorang kenalan yang sedang sakit, maka sebaiknya kita menjenguk sebagai bentuk amalan yang dianjurkan dalam agama Islam.

Saat menjenguk orang sakit, jangan lupa juga untuk membacakan doa nengok orang sakit. Semakin banyak orang yang datang menjenguk dan mendoakan, harapannya Allah SWT segera mengangkat penyakit orang tersebut dan bisa beraktivitas normal seperti sedia kala.

Bagi sahabat Dream yang akan pergi menjenguk orang sakit, berikut adalah bacaan doa nengok orang sakit dan beberapa adab saat menjenguk yang penting diketahui, sebagaimana dirangkum Dream melalui Merdeka.com dan Brilio.net.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit© Freepik.com

Menjenguk orang sakit tidak hanya ingin melihat bagaimana kondisi orang tersebut. Tetapi juga bisa menghadirkan kebahagiaan untuknya dan tak lupa juga membacakan doa nengok orang sakit agar penyakitnya segera diangkat oleh Allah SWT.

Mengenai doa nengok orang sakit ini juga dijelaskan dalam sebuah hadis dari Aisyah ra, beliau berkata:

Nabi saw pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa:

اللَّهُمَّرَبَّالنَّاسِمُذْهِبَالْبَاسِاشْفِأَنْتَالشَّافِىلاَشَافِىَإِلاَّأَنْتَ،شِفَاءًلاَيُغَادِرُسَقَمًا

 “ Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bacaan doa nengok orang sakit tersebut pun pernah diceritakan dalam sebuah hadis yang berasal dari sahabat Nabi saw bernama Anas bin Malik sebagai berikut:

Abdul Aziz dan Tsabit pernah menemui Anas bin Malik. Tsabit pun berkata pada Anas: “ Wahai Abu Hamzah (kunyah dari Anas), aku sakit.” Anas berkata, maukah aku meruqyahmu (menyembuhkanmu) dengan ruqyah Rasulullah saw.” Tsabit pun menjawab, “ Iya, boleh”. Lalu doa inilah yang dibaca oleh Anas:

اللَّهُمَّرَبَّالنَّاسِمُذْهِبَالْبَاسِاشْفِأَنْتَالشَّافِىلاَشَافِىَإِلاَّأَنْتَ،شِفَاءًلاَيُغَادِرُسَقَمًا

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya: “ Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah ia (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2 dari 2 halaman

Adab saat Menjenguk Orang Sakit

Adab saat Menjenguk Orang Sakit© Unsplash.com

Setelah mengetahui bacaan doa nengok orang sakit, sahabat Dream juga wajib untuk mengatahui apa saja adab saat menjenguk orang sakit. Berikut adalah adab menjeguk orang sakit yang diajarkan dalam agama Islam seperti dikutip melalui Brilio.net:

Waktu saat Menjenguk Orang Sakit

Dari Nabi Muhammad saw sendiri sebenarnya tidak ada yang menjelaskan tentang waktu menjeguk orang sakit. Sehingga sahabat Dream boleh menjenguk kapan saja, namun dengan syarat tidak mengganggu atau merepotkan. Hal ini karena tujuan dari menjenguk orang sakit adalah untuk meringankan penderitaan dan membacakan doa nengok orang sakit.

Tidak Lama-lama saat Menjenguk

Adab kedua yang penting saat sedang menjenguk orang sakit adalah tidak berlama-lama. Hal ini karena orang yang sedang sakit sedang dalam penderitaan. Dikhawatirkan jika kita menjenguk terlalu lama justru bisa menambah beban pikirannya.

Lakukan seperlunya saja saat sedang menjenguk. Melihat bagaimana kondisinya, memberi buah tangan, membacakan doa nengok orang sakit dan kemudian bersiap-siap untuk pamitan.

Duduk di Dekat Orang Sakit

Adab selanjutnya adalah tentang posisi duduk. Seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw, posisi duduk orang yang menjenguk adalah dekat dengan orang yang sakit. Hal ini jugalah yang dicontohkan Nabi saw ketika menjenguk anak kecil dari keluarga Yahudi sampai akhirnya ia menerima sebagai muslim.

Menanyakan Kondisinya

Adab menjenguk orang sakit adalah menanyakan tentang kondisinya atau bagaimana perkembangan kesehatannta. Lalu berbicaralah tentang hal yang baik, menyemangatinya, dan berharap agar ia bisa segera sembuh lalu menjalankan aktivitas seperti biasa.

Mendoakan

Adab menjenguk orang sakit yang tak boleh dilupakan adalah membacakan doa nengok orang sakit. Doa-doa ini adalah doa untuk kesembuhan dan kesehatan orang tersebut. Semoga para malaikat mengamini doa tersebut dan Allah SWT segera mengangkat penyakitnya.

Itulah bacaan doa nengok orang sakit yang bisa kamu amalkan saat sedang menjenguk. Selain itu, adab-adab tersebut penting sekali untuk diaplikasikan seperti yang diajarkan dalam agama Islam dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. Semoga bermanfaat, sahabat Dream.

Beri Komentar