Doa Pulang Haji untuk Tamu dan Orang yang Baru Pulang dari Tanah Suci

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 20 Juli 2022 06:01
Doa Pulang Haji untuk Tamu dan Orang yang Baru Pulang dari Tanah Suci
Simak bacaan doa pulang haji di bawah ini!

Dream – Doa pulang haji biasanya dibaca oleh para jamaah yang sudah kembali dari Tanah Suci. Berisi harapan serta pemohonan kepada Allah SWT, doa ini biasanya dibaca untuk para tamu yang datang bersilaturahmi.

Sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia menyambut kepulangan para jamaah haji yang baru menyelesaikan ibadah mereka selama hampir 40 hari di Tanah Suci. Selain keluarga dan kerabat, momen kepulangan jemaah haji juga ditunggu-ditunggu oleh rekan dan para tetengga.

Tak seperti momen melepas kepergian yang penuh isak haru, jemaah haji yang baru tiba di Tanah Air disambut dengan suka cita. Bahkan tak sedikit dari kerabat atau tetangga yang menjemput serta berkunjung ke rumah jamaah haji.

Jamaah haji yang sudah pulang ke rumah dianjurkan membaca doa pulang haji untuk para tamu yang berkunjung. Doa pulang haji ini berisi harapan baik, salah satunya agar tamu yang datang silaturahmi bisa pergi beribadah haji ke Baitullah.

Tak hanya itu, doa pulang haji juga dibaca oleh para tamu dengan harapan ibadahnya jamaah haji diterima dan menjadi haji mabrur.

Lantas bagaimana bacaan doa pulang haji untuk tamu yang datang berkunjung ke rumah? Cari tahu jawaban selengkapnya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Dalil Doa Pulang Haji

Doa pulang haji dibaca oleh jamaah yang baru pulang dari ibadah haji. Doa orang yang baru pulang ibadah haji dipercaya memiliki kekuatan sehingga dipercaya mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Orang yang baru pulang ibadah haji diibaratkan seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya alias masih suci. Dengan catatan selama di Tanah Suci jamaah haji tidal melakukan hal-hal yang terlarang.

Sebagaimana diriwayatkan sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda:

“ Siapa saja yang berhaji, lalu tidak berkata keji dan tidak berbuat dosa, niscaya ia pulang (suci) seperti hari dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari, Muslim, Nasai, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Menurut kitab Hasyiyah Qaliyubi karya Syihabuddin al-Qaliyubi, salah satu ulama madzhab Syafi’i, orang yang berhaji dianjurkan mendoakan dan memintakan ampunan kepada orang yang tidak berhaji meskipun orang tersebut tidak memintanya.

Sebaliknya, orang yang tidak berhaji dianjurkan meminta doa kepada orang yang berhaji agar diampuni dosa-dosanya. Menurut Imam Qaliyubi waktu mendoakan berlangsung selama 40 hari dihitung sejak kedatangan.

2 dari 4 halaman

Doa Pulang Haji

Berdasarkan keterangan sebelumnya, jelas bahwa doa pulang haji sebaiknya dibaca bagi para jamaah haji kepada para tamu dan kerabat yang bersilaturahmi ke rumahnya. Sebab doa orang yang baru pulang dari ibadah haji dipercaya mudah dikabulkan oleh Allah asalkan selama di Mekah tidak disertai maksiat.

Tak hanya untuk para tamu, doa pulang haji juga dikhususkan untuk para jamaah yang pulang sebagai ungkapan syukur karena berkesempatan beribadah di Tanah Suci. Selain itu, doa pulang hai juga dipanjatkan oleh jamaah agar menjadi haji yang mabrur.

Berikut bacaan doa pulang haji sebagai rasa syukur:

Bismillahir rahmaanir rahiim. Alhamdulillahi rabbil 'aalamiin. Allahumma shalli wa sallim wabaa rik'alaa sayyidina muhammadin sholaatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami waziyaarati qabri nabiyyika muhammadin.

Artinya:

" Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah limpahkanlah sholawat, salam dan berkah kepada junjungan kami nabi Muhammad, dengan sholawat yang bisa menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam nabi Muhammad" .

3 dari 4 halaman

Doa Pulang Haji Agar Mabrur

Alhamdulillahi rabbil 'alaamiin, wash-shalatu wassalamu 'alaa asyrafil mursaliin. Sayyidina Muhammadin wa 'alaa aalihi wa ash habihi ajma'iin. Allahumma antubaligha yaa rabbiyal hadhiniina ziyaaratal masjidil haraami wa masjidin nabiyyi shalallahu 'alaihi wa sallam.

Allahummaj 'al hajjanaa hajjan mabruran wa sa' yan masykuran wadzan ban maghfuran wa 'amalan shalihan maqbulan watijaaratan lan tabuur. Innaka 'alaa kulli syai in qadiir. Rabbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa 'adzabannaar.

Walhamdulillahi rabbil'alamiin.

Artinya:

" Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Segala puji bagi Allah Pemelihara semesta alam. Sholawat dan salam semoga atas yang paling mulia dari para Rasul, Nabi Muhammad SAW dan segenap keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah perkenankan Engkau untuk menyampaikan orang-orang yang hadir di sini, mohon dapat menziarahi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Ya Allah, jadikan haji kami haji yang mabrur, sa'i yang disyukuri dosa yang terampuni dan amal shaleh yang diterima, perdagangan yang tidak merugi, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu. Ya Allah berikan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari siksa api neraka. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan Pemelihara seluruh alam.”

4 dari 4 halaman

Doa Pulang Haji yang Dibaca Tamu

Tak hanya doa pulang haji yang dibaca oleh para jamaah haji. Para tamu pun juga perlu memberikan doa kepada jamaah haji agar hajinya mabrur dan diterima oleh Allah SWT.

Ketika Sahabat Dream bersilaturahmi ke jamaah haji yang baru pulang dari Tanah Suci, bacakanlah doa-doa berikut ini dengan tulus:

Qabballallahu hajjaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka.

Artinya:

" Semoga Allah menerima ibadah hajimu, mengampuni dosamu dan mengganti pengeluaranmu."

Kemudian, terdapat doa lainnya agar dosa-dosa diampuni:

Allahummaghfir lil hajj, wa li man istighfara lahul hajj.

Artinya:

" Ya Allah, ampunilah dosa jamaah haji ini dan dosa orang yang dimintakan ampun oleh jamaah haji ini."

Demikian itulah doa pulang haji, baik yang dibaca para tamu maupun yang dibaca oleh orang yang berhaji. Singkatnya, doa tersebut berisi harapan baik untuk para tamu maupun orang yang baru pulang ibadha haji.

Beri Komentar