Doa Sapu Jagat, Doa Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Reporter : Ayik
Senin, 4 Mei 2015 12:45
Doa Sapu Jagat, Doa Kebahagiaan Dunia dan Akhirat
Doa sapu jagat yang ringkas namun penuh makna.

Dream - Anda pasti pernah mendengar doa yang berbunyi “ Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil-akhirati hasanah,wa qina 'adzabannar”. Ya, ini adalah doa sapu jagat yang ringkas namun penuh makna. Doa ini menurut para ulama mencakup seluruh permintaan manusia.

Karena itu dinamakan doa sapu jagat. Pasalnya seluruh permohonan manusia pada hakikatnya tidak lepas dari kebahagiaan dunia dan akhirat.

Doa sapu jagat termasuk dari surah Al-Baqarah ayat 200 dan ayat 201. Meski banyak dipanjatkan dalam majelis, namun tidak banyak yang tahu apa sebenarnya manfaat dari bacaan doa ini.

Padahal dalam ajaran Islam, doa yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah SAW adalah doa yang mustajab. Doa ini disyari’atkan untuk dibaca di segala kondisi:

1. Doa sapu jagat mencakup tiga hal yakni meminta kenikmatan dunia, kenikmatan akhirat dan terbebas dari api neraka. Bukankah ini yang tujuan hidup manusia, tidak hanya melulu doa untuk di dunia, tapi juga berdoa untuk kehidupannya di akhirat kelak. Sehingga jika sering memanjatkan doa ini, Insyaallah dikabulkan Allah SWT karena termasuk doa yang sering dipanjatkan Nabi Muhammad.

2. Doa sapu jagat juga dipercaya bisa mendatangkan jodoh yang soleh dan soleha. Hal ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Abbas Abbas rodhiyallohu ‘anhuma, yang mengatakan bahwa makna hasanah atau kebahagian dunia salah satunya adalah menikahi orang yang shaleh dan soleha. Maka dari itu, sering membaca doa ini setelah shalat bisa mendekatkan jodoh.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini! 

Baca Juga: Rezekimu Tak Akan Kemana-mana Tempat Paling Mustajab untuk Berdoa di Mekah Dahsyatnya Bacaan Ayat Kursi 'Ainul Hayat' Mata Air Bisa Memperpanjang Umur Begini Caranya agar Doa Cepat Terkabul

 

Beri Komentar