Doa Sesudah Makan dan Artinya, Beserta Cara Makan ala Rasulullah SAW

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 29 November 2022 09:15
Doa Sesudah Makan dan Artinya, Beserta Cara Makan ala Rasulullah SAW
Sebagai bentuk rasa syukur atas makanan, manusia dianjurkan untuk berdoa sebelum dan sesudah makan.

Dream – Kebutuhan manusia sebenarnya sudah dipenuhi oleh Allah SWT. Air, tumbuhan, hewan, dan segala yang ada di bumi, adalah agar dimanfaatkan manusia dengan sebaik-baiknya.

Salah satu kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan manusia adalah pangan. Manusia bekerja banting tulang setiap harinya terutama dilakukan karena agar bisa makan.

Rejeki berupa makanan sangat berharga bagi orang-orang yang kekurangan, seperti gelandangan, pengemis, dan anak-anak jalanan. Maka dari itu apabila kita masih bisa mendapatkan makanan dengan mudah, alangkah baiknya kita mensyukurinya. Karena masih banyak orang di luar sana yang masih kesusahan mendapatkan sesuap nasi.

Sebagai bentuk rasa syukur atas makanan, manusia dianjurkan untuk berdoa. Doa sebelum dan sesudah makan sebaiknya dijadikan kebiasaan untuk dibaca. Dengan berdoa sebelum dan sesudah makan, makanan yang kita makan insya Allah akan menjadi berkah dan menyehatkan badan.

Lantas bagaimana doa sesudah makan dan artinya? Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

Cara Makan yang Baik ala Rasulullah

Rasulullah SAW sebagai utusan Allah SWT yang terakhir telah memberikan banyak teladan dalam menjalani kehidupan. Tak terkecuali contoh tentang cara makan sesuai sunnah. Cara makan perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat. Selain itu juga agar makanan yang kita makan tidak menimbulkan penyakit.

Sebelum mengetahui doa sesudah makan dan artinya, ketahui juga adab ketika makan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

  1. Tidak makan berlebihan alias berhenti makan sebelum kenyang.
  2. Tidak serakan saat makan.
  3. Makan sambil duduk.
  4. Memanjatkan doa sebelum makan.
  5. Saat makan bersama sebaiknya berkumpul mengerubungi makanan alias tidak berpencar.
  6. Tidak boleh makan sambil tidur telentang.
  7. Dilarang makan di tempat yang menyediakan hidangan haram.
2 dari 6 halaman

Doa Sebelum Makan dan Artinya

Ilustrasi© Unsplash.com

Mengetahui doa sesudah makan dan artinya memang penting diketahui bagi umat Islam. Selain itu, Sahabat Dream juga perlu mengetahui doa sebelum makan. Karena ketika hendak menyantap makanan, alangkah baiknya kita mensyukuri atas nikmat yang Allah berikan. Dengan begitu kamu akan semakin lahap karena rasa syukur dan kesadaran penuh atas susahnya mencari sesuap nasi.

Imam Nawawi dalam Kitab Al Adzkar menyebutkan doa sebelum makan yang paling umum dibaca. Doa ini berdasarkan sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam.

“ Telah diriwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash ra, dari Nabi saw bahwa ketika makanan didekatkan kepadanya, beliau biasa mengucapkan ‘Allahumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar, bismillah’.”

Dari kutipan hadis tersebut, berikut doa sebelum makan dan artinya:

 اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ

Allahumma baarik lanaa fi maa razaqtana wa qina adzaban nar, bismillah.

Artinya:

“ Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillah (atas nama Allah SWT).”

3 dari 6 halaman

Doa Sesudah Makan dan Artinya

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam telah mencontohkan adab ketika menyantap makanan dengan sebaik-baiknya.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umat Islam agar tidak makan secara berlebihan. Secara medis pun juga sama, sebab perut manusia bukanlah tempat yang bisa diisi sesuka hati sampai melebihi bata. Jika perut diisi terlalu banyak, bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Setelah makan pun, Rasulullah SAW juga mengajarkan doa sesudah makan dan artinya yang kini menjadi pedoman umat Islam.

Doa sesudah makan dan artinya ini dibaca sebagai ungkapan rasa syukur karena telah diberikan rezeki berupa makanan dan minuman. Berikut adalah doa sesudah makan dan artinya yang bisa kamu amalkan:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin.

Artinya:

“ Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang muslim.”

4 dari 6 halaman

Doa Ketika Lupa Baca Doa Sebelum Makan

Ilustrasi© Freepik.com

Ada kalanya seseorang lupa membaca doa sebelum makan. Untuk mengatasinya, Sahabat Dream bisa membaca doa ketika lupa belum berdoa sebelum makan.

Berikut bacaan doanya:

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.

Artinya:

" Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya."

5 dari 6 halaman

Doa Ketika Merasa Kenyang dan Artinya

Selain doa sesudah makan dan artinya, kamu juga perlu mengetahui doa ketika merasa kenyang. Sebab setelah makan, kadang seseorang bersendawa karena sudah kenyang perutnya. Selain membaca doa sesudah makan, kamu juga bisa menambahkan doa ketika merasa kenyang sesudah makan.

Berikut bacaan doa ketika merasa kenyang sesudah makan:

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ غَيْرَ مكفور وَلَا مُوَدَّعٍ

Alhamdulillahi hamdan katsiran thoyyiban mubarakan fihi ghaira makfurin wa muwadda'in.

Artinya:

" Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik, dan berkah, yang senantiasa tidak diingkari nikmatnya dan tidak terputus."

6 dari 6 halaman

Manfaat Mengonsumsi Makanan yang Halal

Manfaat Mengonsumsi Makanan yang Halal© Unsplash.com

Islam telah memerintahkan umatnya agar mengonsumsi makanan yang halal. Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Baqarah ayat 168 yang artinya sebagai berikut:

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 168)

Dengan mengonsumsi makanan yang halal, maka sahabat Dream pun akan merasakan berbagai manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi makanan halal seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

Lebih Bersemangat dalam Ibadah

Manfaat yang pertama adalah membuat kita lebih bersemangat dalam ibadah. Jika seseorang terbiasa mengonsumsi makanan yang haram, maka jiwa dan raganya akan menjadi malan untuk beribadah. Sedangkan jika terbiasa mengonsumsi makanan halal, maka dirinya akan merasa lebih ringan untuk melakukan ibadah.

Pendorong Terkabulnya Doa

Manfaat yang kedua mengonsumsi makanan halal adalah menjadi pendorong terkabulnya doa. Hal ini sesuai yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad saw ketika seorang sahabat bernama Sa’d bin Abi Waqash meminta kepada Nabi agar doa-doa yang ia panjatkan bisa terkabul. Kemudian Nabi menjawab:

“ Wahai Sa’d, perbaikilah makananmu, niscaya doamu mustajab (dikabulkan). Demi Dzat yang menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya seorang hamba yang melemparkan satu suap makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak diterima amalnya selama 40 hari.” (HR. At-Thabrani)

Diberi Keturunan yang Sholeh dan Sholehah

Manfaat yang ketiga adalah bisa diberikan keturunan yang sholeh dan sholehah. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sebuah kitab bernama al-Ghunyah oleh Syekh Abdul Qadir al-Jailani yang berisi sebagai berikut:

Tatkala tampak tanda-tanda kehamilan wanita, hendaknya suami menjaga makanannya dari yang haram dan yang syubhat agar anaknnya dapat terbentuk atas fondasi dimana setan tidak dapat menjangkaunya. Alangkah baiknya jika kebiasaan menghindar dari makanan haram dan syubhat dimulai saat prosesi pernikahan dan terus berlangsung sampai kelahiran anak, agar suami itu, istri dan anak-anaknya nanti selamat dari godaan setan di dunia dan selamat dari neraka di akhirat kelak. Dengan melakukan hal tersebut, anak akan lahir sebagai anak yang salih, berbakti pada kedua orang tua dan taat kepada Tuhannya. Semua itu karena barokah menjaga makanan (dari yang haram dan syubhat).”

Menjernihkan Hati

Umat Islam yang selalu mengonsumsi makanan halal, maka hatinya akan menjadi jernih. Dengan hati yang jernih, maka seseorang pun akan terhindar dari berbagai penyakit hati. Hal ini seperti yang diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Nu’aim berikut:

Barangsiapa yang memakan makanan halal selama 40 hari, maka Allah akan menerangkan hatinya dan akan mengalirkan sumber-sumber ilmu hikmah dari hatinya pada lisannya.” (HR. Abu Nu’aim)

Obat dari Berbagai Penyakit

Manfaat mengonsumsi makanan halal yang terakhir adalah bisa sebagai orang dari berbagai penyakit. Berkaitan dengan hal tersebut, telah dijelaskan oleh seorang sufi golongan tabi’in, yakni Yunus bin Ubaid yang mengatakan sebagai berikut:

Kalau saja kami memiliki uang satu dirham dari yang halal, tentu akan kami belikan gandum yang akan kami tumbuk dan kami sajikan untuk kami. Setiap orang sakit yang dokter tidak mampu mengobatinya, maka kami obati dengan gandum yang kami dapatkan dari uang halal, lalu ia pun sembuh dari penyakitnya saat itu juga.”

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar