Doa untuk Anak Baru Lahir Agar Mendapat Keberkahan dan Perlindungan dari Setan

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 11 Agustus 2022 06:01
Doa untuk Anak Baru Lahir Agar Mendapat Keberkahan dan Perlindungan dari Setan
Doa untuk anak baru lahir dibaca untuk memohon perlindungan dari godaan setan.

Dream - Anak merupakan anugerah dari Allah SWT kepada setiap pasangan suami istri. Selain membuat suasan rumah semakin meriah, banyak pasangan menikah menginginkan buah hati untuk meneruskan keturunan.

Tak mengherankan ketika seorang anak baru lahir ke dunia akan disambut perasaan bahagia yang menyelimuti keluarga besar. Sebagai ungkapan kebahagian atas bayi yang telah lahir dengan selamat, setiap umat Islam dianjurkan membaca doa untuk anak yang baru lahir sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Membaca doa untuk anak baru lahir merupakan perbuatan yang mulia di sisi Allah SWT. Sahabat Rasulullah yang juga periwayat hadist, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, berkata, " Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah daripada doa."

Saat bayi baru lahir, orang tua bisa langsung membacakan adzan dan doa untuknya. Berikut kumpulan doa untuk anak yang baru lahir, dirangkum Dream dari Konsultasi Syariah.

1 dari 5 halaman

Hadis tentang Mendoakan Anak Baru Lahir

Doa untuk anak baru lahir dibaca dengan memohon keberkahan agar jabang bayi tersebut menjadi anak saleh salehah. Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “ Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku." (HR. Bukhari 5467 dan Muslim 2145)

Doa untuk anak baru lahir lainnya juga dipanjatkan Rasulullah SAW kepada putra Asma bintu Abu Bakr, yang bernama Abdullah bin Zubair. Saat Asma hijrah dan tiba di Madinah, beliau melahirkan putranya, Abdullah bin Zubair. Kemudian bayi itu dibawa ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Asma mengatakan, “ Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minta kurma, lalu beliau mengunyahnya dan meletakkannya di mulut si bayi. Makanan pertama yang masuk ke perut si bayi adalah ludah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau mendoakannya dan memohon keberkahan untuknya.” (HR. Bukhari 3909)

2 dari 5 halaman

Doa untuk Anak Baru Lahir Memohon Keberkahan

Ilustrasi© Shutterstock.com

Hadis-hadis di atas membuktikan bahwa bacaan doa untuk anak baru lahir sudah dicontohkan Rasulullah SAW. Namun demikian tidak ada bacaan doa khusus yang isinya memohon keberkahan untuk anak yang baru lahir.

Dalam Fatawa Syabakah Islam di bawah bimbingan Dr. Abdullah Al-Faqih, no. 13605 dinyatakan:

" Tidak terdapat dalil (sepengetahuan kami) yang menunjukkan dianjurkannya membaca ayat Al-Quran atau doa tertentu ketika seorang anak dilahirkan. Baik doa dari ibunya, bapaknya, atau doa dari orang lain."

Karena tidak ada bacaan doa khusus, maka setiap Muslim bisa berdoa untuk anak yang baru lahir dengan bahasa apapun yang baik dan dipahami.

3 dari 5 halaman

Doa untuk Anak Baru Lahir Memohon Lindungan dari Setan

Doa untuk anak baru lahir dibaca untuk memohon perlindungan dari godaan setan. Allah mengabadikan kisah istri Imran yang melahirkan Maryam dalam Surat Ali Imran ayat 36.

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ اِنِّيْ وَضَعْتُهَآ اُنْثٰىۗ وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْۗ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْاُنْثٰى ۚ وَاِنِّيْ سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَاِنِّيْٓ اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

Artinya:

Maka ketika melahirkannya, dia berkata, “ Ya Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan.” Padahal Allah lebih tahu apa yang dia lahirkan, dan laki-laki tidak sama dengan perempuan. “ Dan aku memberinya nama Maryam, dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari (gangguan) setan yang terkutuk.”

Ibu dari Maryam itu membaca doa memohon perlindungan dari godaan setan, sehingga ketika lahir Maryam tidak diganggu setan. Demikian pula Nabi Isa yang dilahirkannnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

" Setiap bayi dari anak keturunan Adam akan ditusuk dengan tangan setan ketika dia dilahirkan, sehingga dia berteriak menangis, karena disentuh setan. Selain Maryam dan putranya." (HR. Bukhari 3431)

Kemudian Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, membaca surat Ali Imran ayat 36 di atas.

4 dari 5 halaman

Jika Sahabat Dream hendak mendoakan anak yang baru lahir dengan bacaan ayat di atas, maka hendaknya disesuaikan dengan jenis kelamin bayi yang dilahirkan.

Jika bayi yang dilahirkan perempuan, kamu bisa baca:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Jika bayi yang lahir laki-laki, kamu bisa membaca:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهُ بِكَ وَذُرِّيَّتَهُ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

5 dari 5 halaman

Doa untuk Anak Baru Lahir Lainnya

Selain dari surat Ali Imran ayat 36 di atas, kamu juga bisa membaca doa untuk anak baru lahir agar terlindungi gangguan setan dengan doa yang pernah dibaca Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika mendoakan cucunya, Hasan dan Husain.

Ibnu Abbas bercerita, bahwa Rasulullah SAW membacakan doa perlindungan untuk kedua cucunya,

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Artinya:

" Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk." (HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani)

Bacaan doa dalam hadis tersebut dapat kamu sesuaikan dengan jenis kelamin bayi yang dilahirkan. Demikian itulah doa untuk anak baru lahir yang dapat kamu amalkan. Kamu bisa membaca doa di atas saat menjenguk bayi saudaramu yang baru lahir.

Beri Komentar