Doa untuk Kesembuhan Orang Sakit Sesuai Sunnah, Insya Allah Diijabah

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 7 Desember 2022 06:01
Doa untuk Kesembuhan Orang Sakit Sesuai Sunnah, Insya Allah Diijabah
Doa untuk kesembuhan orang sakit sering dipanjatkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau menjenguk para sahabat.

Dream – Musibah bisa datang kapan saja dengann wujud yang beragam. Penyakit adalah salah satu bentuk musibah yang bikin seseorang menderita.

Untuk mengobati penyakit, kita dianjurkan berikhtiar dengan melakukan pengobatan. Selain itu, Islam mengajarkan untuk memanjatkan doa. Baik orang yang sakit maupun orang terdekatnya, dianjurkan berdoa demi kesembuhan.

Bacaan doa untuk kesembuhan orang sakit juga telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Tak hanya untuk yang sakit, mendoakan orang yang sedang sakit juga mendatangkan pahala bagi orang sehat yang membacanya.

Doa untuk kesembuhan orang sakit sering dipanjatkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau menjenguk para sahabat. Bacaan doanya pun ada banyak, sehingga tidak ada doa yang baku. Berikut bacaan doa untuk kesembuhan orang sakit sesuai sunnah.

1 dari 4 halaman

1. Doa untuk Kesembuhan Orang Sakit

Rasulullah SAW kerap menjenguk sahabatnya yang sakit sambil membacakan doa untuk kesembuhan orang sakit berikut ini seperti yang terdapat dalam sebuah hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya:

" Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

2 dari 4 halaman

2. Doa untuk Kesembuhan Orang Sakit

Doa untuk kesembuhan orang sakit lainnya diambil dari hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan At-Tirmidzi. Rasulullah SAW menganjurkan membaca doa berikut ini di hadapan orang sakit sebanyak 7 kali.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alu allahal ‘adzhiima rabbal ‘arsyil ‘adzhiimi an-yassfiyaka.

Artinya:

“ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

3 dari 4 halaman

3. Doa untuk Kesembuhan Orang Sakit

Dalam Kitab Al-Adzkar buah karya Imam Nawawi, berikut doa lain untuk mendoakan kesembuhan orang sakit di hadapan kita:

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u. Laa kaasyifa lahu illaa anta.   

Artinya:

“ Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau."

4 dari 4 halaman

4. Doa untuk Kesembuhan Orang Sakit

Rasulullah SAW membaca doa untuk kesembuhan orang sakit berikut ini ketika menjenguk Salman Al-Farisi RA. Doa ini juga bisa kamu baca untuk mendoakan orang sakit yang sedang kamu jenguk.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya:

" Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

Demikian itulah doa-doa yang dapat Sahabat Dream panjatkan ketika menjenguk orang sakit dan memohon kesembuhan untuknya. Berdoa adalah wujud dari ikhtiar batin. Setelah berusaha secara materi, doa dibutuhkan sebagai upaya meminta kepada Tuhan agar menyembuhkan orang yang sakit di hadapan kita.

Beri Komentar