Doa untuk Orang Umroh dan Permohonan Agar Segera Pergi ke Baitullah

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 23 Agustus 2022 20:01
Doa untuk Orang Umroh dan Permohonan Agar Segera Pergi ke Baitullah
Berangkat ke Mekah untuk ibadah haji maupun umroh menjadi cita-cita yang mulia bagi umat Islam.

Dream - Doa diperlukan bagi semua aktivitas yang baik dan ibadah, termasuk umroh. Ibadah yang satu ini dilakukan dengan mendatangi Tanah Suci dan thawaf mengelilingi Baitullah.

Selain haji, umat Islam juga menginginkan agar bisa melaksanakan ibadah umroh.

Berangkat ke Mekah dan mengunjungi Kabah untuk haji maupun umroh menjadi cita-cita yang mulia bagi umat Islam. Apabila bisa terwujud, perasaan bahagia akan menyelimuti orang yang berangkat umroh. Perasaan bahagia itu juga menular kepada orang-orang terdekat, termasuk saudara dan para tetangga.

Maka dari itu, saat kita melihat saudara, teman, atau tetangga berangkat umroh sebaiknya kita mendoakan mereka. Membaca doa untuk orang umroh diperlukan agar orang tersebut lancar dalam melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci.

Berikut bacaan doa untuk orang umroh lengkap dengan doa agar kita diberi kesempatan untuk berangkat umroh.

1 dari 4 halaman

Doa untuk Orang Umroh

Mendoakan yang baik untuk orang lain bukan hanya bermanfaat bagi orang yang didoakan, melainkan juga bermanfaat bagi orang yang mendoakan. Membaca doa untuk orang umroh tidak diwajibkan. Namun perlu diingat, doa merupakan persoalan yang baik terlebih jika dipanjatkan untuk mereka yang hendak beribadah ke Tanah Suci.

Hadis riwayat Imam Tirmidzi, Al-Hakim dan Ibnu Hibban dijelaskan kesunahan mendoakan orang yang haji atau umroh. Berikut doa untuk orang umroh yang sebaiknya kamu baca saat mengantarkan atau melepas keberangkatan mereka:

فِيْ حِفْظِ اللهِ وَكَنفِهِ وَزَوَّدَكَ اللَهَ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَوَجَّهَكَ لِلْخَيْرِ أَيْنَمَا كُنْتَ

Fi hifdzillahi wa kanafihi wa zawwadakallahut taqwa wa ghafara dzanbaka wa wajjahaka lil khairi ainama kunta

Artinya:

" Semoga engkau selalu dalam penjagaan Allah dan perlindungannya, semoga Allah memberikan bekal ketakwaan kepadamu dan mengampuni dosamu, dan semoga Allah memberikan kebaikan dimanapun kamu berada"

2 dari 4 halaman

Doa untuk Orang Umroh Lainnya

Selain bacaan doa untuk orang umroh di atas, Sahabat Dream juga bisa membaca doa lainnya berikut ini:

أستودع الله دينك وأمانتك وخواتيم عملك

Astaudi’ullaha diinaka wa amanataka wa khawatima ‘amalika

Artinya:

" Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatanmu yang terakhir kepada Allah.”

3 dari 4 halaman

Doa Agar Segera Pergi Umroh

Terkadang untuk berangkat haji memerlukan persiapan yang membutuhkan waktu lama. Saat usia sudah tidak mencukupi untuk berangkat haji, maka masih ada kesempatan berkunjung ke Baitullah dengan jalur umroh. Umroh juga merupakan ibadah yang sangat mulia.

Agar harapan untuk umroh maupun haji segera terwujud, amalkan doa ini setiap hari:

Allahumma shalli ala sayyidina muhammadin shalatan tuballiguna biha hajja baitikal haram, wa ziyarata habibika muhammadin alaihi afdhalus shalati wassalam fi sihhatin wa 'afiyah wa bulughil marami wa ala alihi wa sahbihi wa sallim.

Artinya:

" Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah shalawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya shalawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya."

4 dari 4 halaman

Doa Melihat Hajar Aswad Saat Umroh

Baik dalam ibadah haji maupun umroh, Hajar Aswad merupakan patokan dimulainya thawaf. Thawaf merupakan ibadah yang dilakukan dengan berjalan mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali.

Umat Islam meyakini Hajar Aswad bukan batu biasa. Dalam catatan sejarah Islam, batu ini berasal dari surga. Amalan mencium Hajar Aswad diajarkan sendiri oleh Rasulullah Muhammad SAW. Amalan tersebut dicontoh oleh Umar bin Khattab RA seperti terjelaskan dalam riwayat Imam Bukhari dari 'Abis bin Rabi'ah.

Jika tidak berkesempatan untuk menyentuh atau mencium dan hanya bisa melihat Hajar Aswad, dianjurkan membaca doa berikut ini saat melihat Hajar Aswad:

Bismillahi, Wallahu Akbar, Allahumma imanan bika, wa tashdiqon bi kitabika, wa wafaan bi 'ahdika, wattiba'an li sunnati nabiyyika Muhammadin shallahu 'alaihi wa sallam

Artinya:

" Dengan nama Allah, Allah lah Yang Maha Agung. Ya Allah, aku beriman pada-Mu, membenarkan kitab suci-Mu, memenuhi janji-Mu, dan mengikuti sunah Nabi-Mu SAW."

Beri Komentar