Dua Sosok Inspiratif Panutan Anies Baswedan

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 18 Januari 2017 18:02
Dua Sosok Inspiratif Panutan Anies Baswedan
Dua sosok tersebut memberikan pengaruh sangat besar bagi diri Anies.

Dream - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan, telah dikenal sebagai tokoh pendidikan nasional. Dia juga masuk dalam daftar 500 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia. 

Anies mengakui pencapaian itu tidak terlepas dari dua sosok yang menjadi inspirasi kehidupannya. Dua sosok tersebut yaitu almarhum kakeknya, Abdurrahman Baswedan dan ayahnya, Rasyid Baswedan.

Menurut Anies, sang kakek merupakan pejuang kemerdekaan. Abdurrahman adalah seorang jurnalis dan diplomat yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Penerangan pada masa revolusi fisik.

" Almarhum kakek saya menghibahkan seluruh hidupnya untuk kemerdekaan," kata Anies, di Bekasi, Rabu, 18 Januari 2017.

Adapun ayahnya merupakan dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. " Almarhum ayah adalah pendidik di dalam dan di luar rumah. Beliau figur yang bekerja all out (sungguh-sungguh)," ujar Anies.

Mantan Ketua Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi ini mengaku bersyukur dapat dekat dengan dua sosok tersebut. Sebab, dengan interaksi dan kedekatan itu dapat menumbuhkan pemahaman baru.

" Bagi saya, inspirasi tidak datang bukan dari meditasi, melainkan dari interaksi. Kita kadang tidak melihat ada potensi inspirasi dari interaksi," ujar Anies.

Untuk itu, jika nantinya terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta, Anies akan berikhtiar menjalin interaksi antarwarganya. Sebab, interaksi merupakan bagian penting dari pembangunan manusia.

Anies juga akan menawarkan model kepemimpinan gerakan untuk melibatkan warga dalam berpartisipasi membangun Jakarta agar maju kotanya dan bahagia warganya.

Beri Komentar