Kandungan dan Keistimewaan Surat Al Qalam, Pengingat untuk Menghindari Sifat-sifat Tercela

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 13 Mei 2022 11:03
Kandungan dan Keistimewaan Surat Al Qalam, Pengingat untuk Menghindari Sifat-sifat Tercela
Orang yang rajin membaca surat Al Qalam akan diselamatkan dari siksa kubur yang pedih.

Dream - Kandungan dan keistimewaan Surat Al Qalam perlu diketahui bagi umat Islam. Surat Al Qalam diturunkan di Kota Mekah dan terdiri dari 52 ayat. Surat ini berada pada urutan ke-29 dalam Al Quran. Nama Al Qalam diambil dari ayat pertama.

Mayoritas ulama menyampaikan keseluruhan ayat Surat Al Qalam alias Surat Nun ini termasuk golongan Makkiyyah. Surat Al Qalam menjelaskan tentang bantahan orang-orang musyrik terhadap Rasulullah Saw dan peringatan untuk tidak keras kepala mengikuti jalan yang mereka pilih.

Umat Islam dianjurkan untuk mengambil pelajaran dari kisah yang tercantum dalam Surat Al Qalam tersebut.

Dalam artikel kali ini, Dream akan mengulas tentang kandungan dan keistimewaan Surat Al Qalam yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Kisah dalam Surat Al Qalam

Kisah dalam Surat Al Qalam menceritakan tentang para pemilik kebun yang memiliki sifat kikir dan bakhil serta sombong. Konon di Yaman sekitar 6 mil dari San'a terdapat orang tua yang saleh dan kaya raya. Orang tua ini juga dikenak dermawan kepada orang-orang fakir dan miskin. Ia membiarkan orang-orang miskin memasuki kebunnya untuk mencicipi hasil tanamannya.

Saat orang tua itu meninggal, ia meninggalkan banyak anak. Tentu saja kebun-kebun miliknya jatuh ke tangan anak-anaknya. Akan tetapi sifat anak-anaknya sangat berbeda dengannya.

Para pemilik baru kebun itu sangat kikir dan bakhil. Bahkan mereka sengaja memetik hasil kebun di pagi buta, agar orang-orang miskin yang masuk ke kebunnya tidak kebagian hasil kebun.

Hal itu berlanjut hari demi hari dan mereka semakin pelit serta sombong. Hingga kemudian Allah menurunkan azab kepada mereka. Kebun mereka diliputi kegelapan, sehingga tidak ada hasil dari semua kebunnya. Setelah mengalami azab tersebut, mereka sadar akan kesalahannya selama ini. Mereka pun memohon ampun kepada Allah Swt. Mereka juga berharap Allah akan mengampuni dosa mereka dan menggantikan dengan kebun yang lebih baik daripada itu.

Pada ayat 33, sebagai penutup kisah ini Allah berfirman, kadzaalikal ‘adzab, maksudnya adalah azab bagi orang-orang yang membangkang perintah Allah dan kufur terhadap nikmat-Nya. Wala’adzabul aakhiroti akbar, dan sesungguhnya azab akhirat itu lebih besar untuk orang-orang yang tidak mau bertaubat.

2 dari 3 halaman

Kandungan Surat Al Qalam

Ilustrasi© Shutterstock.com

Itulah kisah dalam Surat Al Qalam yang perlu dipahami oleh Umat Islam. Surat ini juga mengandung hikmah yang bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua. Adapun pokok kandungan Surat Al Qalam adalah sebagai berikut:

Surat Al Qalam menegaskan bahwa Rasulullah Saw merupakan manusia yang berbudi luhur.

Surat ini juga menjelaskan tentang larangan toleransi dalam kepercayaan.

Kemudian terdapat penjelasan mengenai larangan orang-orang untuk menghindari sifat tercela.

Ancaman siksa dari Allah terhadap orang yang ingkar.

Surat Al Qalam menegaskan kembali bahwa Al Quran sebagai peringatan bagi seluruh umat manusia.

3 dari 3 halaman

Keistimewaan Surat Al Qalam

Selain berisi kandungan yang luar biasa, Surat Al Qalam juga memiliki keistimewaan yang perlu diketahui, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Surat Al Qalam bagian dari Al Mufashshal untuk Nabi Muhammad Saw yang membuat beliau sangat istimewa dibanding para rasul sebelumnya.
  2. Orang yang sering membaca Surat Al Qalam akan dilimpahi kelapangan rezeki oleh Allah Swt.
  3. Orang yang rajin membaca surat ini juga akan diselamatkan dari siksa kubur yang pedih.
  4. Membaca Surat Al Qalam diklaim bisa menjadi doa untuk menyembuhkan sakit gigi.
  5. Allah akan memberikan pencerahan bagi orang yang membaca surat Al Qalam. Sehingga senantiasa akan patuh dan taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Itulah kandungan dan keistimewaan Surat Al Qalam yang penting dipahami oleh umat Islam. Peringatan dalam surat ini tidak boleh diabaikan demi kemaslahatan kehidupan manusia.

Pesan Allah dalam surat Al Qalam adalah sebagai pengingat kepada manusia agar menghindari sifat-sifat tercela, seperti kikir, bakhil, dan sombong.

Beri Komentar