Hati-hati, Begini Cara Agen Haji Ilegal Beraksi

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 25 April 2016 19:01
Hati-hati, Begini Cara Agen Haji Ilegal Beraksi
Kemenag menegaskan sulit memberikan perlindungan kepada jJemaah pengguna jasa biro perjalanan haji ilegal karena tidak terlacak dalam database.

Dream – Kementerian Agama (Kemenag) mengaku tidak bisa memberikan perlindungan kepada calon jemaah yang berangkat dengan biro perjalanan haji ilegal. Sebab, para jemaah tidak dapat dipantau melalui database yang dimiliki Direktorat Penyenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU).

“ Kemenag tidak bisa memberikan perlindungan kepada jemaah apabila mereka melaksanakan ibadah haji tidak melalui jalur resmi dari Kemenag,” kata Kepala Subdit Pembinaan Haji Khusus Kemenag, Iwan Dartiawan di kantornya, Jakarta, Senin, 25 April 2016.

Menurut dia, modus yang digunakan biro perjalanan haji ilegal biasanya menawarkan percepatan pada masa pemberangkatan haji. Untuk meyakinkan korbannya, mereka biasanya beralasan menggunakan kuota haji negara lain.

“ Ada travel yang memberangkatkan melalui kuota dari negara lain,” ucap dia.

Sementara Kuasa hukum jemaah korban dugaan penipuan sebuah perusahaan travel, Muhammad Syukur Mandar, mengatakan negara yang kerap memiliki kuota haji sisa adalah Yaman. Meski begitu, penggunaan kuota non-negara asal ini akan melanggar Undang-undang Kewarganegaraan.

Agar persoalan ini tak meluas, Syukur berharap Ditjen PHU dan kepolisian menelusuri perusahaan yang terkait dengan kasus penipuaan yang dialami para kliennya..

Beri Komentar