Macam-Macam Doa Buka Puasa Rajab beserta Niat yang Perlu Dipahami

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 25 Januari 2023 18:01
Macam-Macam Doa Buka Puasa Rajab beserta Niat yang Perlu Dipahami
Ini macam-macam doa buka puasa Rajab yang perlu dipahami.

Dream - Puasa Rajab merupakan amalan yang sunah dikerjakan pada saat memasuki bulan ketujuh dalam kalender hijriah ini. Rajab adalah satu dari empat bulan mulia yang dipenuhi keberkahan di dalamnya.

Setiap memasuki bulan Rajab, umat Islam seolah diingatkan akan datangnya bulan mulia yang paling dinantikan, Ramadhan. Banyak muslim dan muslimah kembali mengingat utang puasa yang belum dibayar menjelang masuknya Ramadhan.

Selain berpuasa, setiap Muslim berkesempatan untuk memperbanyak amalan sunnah seperti puasa, dzikir, sholawat dan doa. Puasa sunah di Bulan Rajab temasuk ibadah yang sangat dianjurkan. Pasalnya berpuasa tak hanya bernilai pahal, tetapi juga bagus untuk kesehatan.

Hal yang penting diketahui dalam hal puasa Rajab adalah doa buka puasa beserta niatnya. Berikut Dream rangkum dari berbagai sumber tentang macam-macam doa buka puasa Rajab yang perlu dipahami.

1 dari 5 halaman

Memahami Puasa Sunah Bulan Rajab

Puasa Rajab ialah puasa sunah yang dilaksanakan pada bulan Rajab. Banyak pahala yang didapatkan jika mengerjakan puasa yang satu ini.

Melansir dari laman NU Online, seorang Muslim yang mengerjakan puasa Rajab satu hari saja akan mendapat pahal setara puasa 30 hari. Seperti yang tertuang dalam Kitab Miftah al-Ghaib berikut ini:

مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنْ أَشْهُرِ اللّٰهِ الْحُرُمِ كَانَ لَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا

Artinya:

“ Barangsiapa yang berpuasa 1 hari pada bulan-bulan yang dimuliakan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), maka ia akan mendapat pahala puasa 30 hari.”

Puasa Rajab bisa dikerjakan pada hari-hari yang utama, yaitu Hari Senin, Kamis, Jumat, dan Ayyamul Bidh (13, 14, 15 Hijriyah).

2 dari 5 halaman

Niat Puasa Rajab yang Perlu Diketahui

Sebelum melaksanakannya, terdapat syarat yang harus ada yaitu niat puasa. Niat puasa sunnah Rajab bisa dilakukan pada malam ataupun siang hari selama belum mengonsumsi apapun.

Ketentuannya sama dengan puasa sunah lainnya, yakni menahan makan dan minum serta hal-hal yang membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Berikut bacaan niat puasa rajab pada malam hari yang perlu diketahui:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya:

“ Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Berikut bacaan niat puasa rajab pada siang hari yang perlu diketahui:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya:

“ Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”

3 dari 5 halaman

Doa Buka Puasa Rajab yang Pertama

Bacaan doa buka puasa Rajab sebenarnya juga sama dengan doa buka puasa lainnya, baik sunnah maupun wajib. Doa buka puasa dibaca dengan tujuan mengucapkan syukur atas puasa yang telah dilalui hari itu.

Doa buka puasa ini sangat umum dibaca, yaitu doa yang diajarkan oleh Rasulullah melalui Sahabat Mu'adz bin Zuhrah yang diriwayatkan Imam Abu Daud:

كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ : اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Artinya:

“ Rasulullah ketika Berbuka, beliau berdoa: ‘Ya Allah hanya untuk-Mu kami berpuasa dan atas rezeki yang Engkau berikan kami berbuka.” (HR. Abu Daud)

4 dari 5 halaman

Doa Buka Puasa Rajab yang Kedua

Sementara itu, ada pula doa buka puasa versi lain yaitu doa Rasulullah SAW dari Abdullah bin Umar yang diriwayatkan Imam Abu Daud berikut ini:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Artinya:

“ Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala tetap, insyaallah.” (HR. Abu Daud)

Menurut Syekh Ibnu Utsaimin, seorang ulama Saudi Arabia, kedua doa buka puasa di atas boleh digabung dan dilafalkan bersama.

5 dari 5 halaman

Doa Buka Puasa Rajab Versi Lengkap

Menurut Sulaiman Bujairimi dalam Hasyiyatul Bujairimi, berikut bacaan doa buka puasa versi lengkapnya:

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu, wa bika amantu, wa bika wa ‘alaika tawakkaltu. Dzahabaz zhama’u, wabtallatil ‘uruqu, wa tsabatal ajru, insya Allah. Ya wasi‘al fadhli, ighfir li. Alhamdulillahil ladzi hadani fa shumtu, wa razaqani fa afthartu.

Artinya:

" Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap. Wahai Zat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya."

Demikian itulah macam-macam doa buka puasa beserta niat puasa Rajab yang perlu dipahami. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar