6 Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi Secara Rutin, Bisa Menghapuskan Segala Dosa

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 14 Maret 2022 20:00
6 Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi Secara Rutin, Bisa Menghapuskan Segala Dosa
Tak hanya di hari Jumat saja, surat Al-Kahfi juga bagus dibaca pada hari lainnya.

Dream – Ada berbagai amalan yang bisa dilakukan umat Islam untuk menambah pahalanya. Salah satu amalan tersebut adalah dengan membaca Al-Quran. Semua bacaan di dalam Al-Quran sangat lah baik dan memiliki keutamaan masing-masing. Seperti halnya surat Al-Kahfi yang biasanya dibaca oleh umat Islam pada malam Jumat atau di hari Jumat.

Dengan membaca surat Al-Kahfi, hal ini tidak hanya bisa mendatangkan kebaikan di dunia saja, tetapi juga di akhirat. Keistimewaan dari membaca surat Al-Kahfi tersebut juga dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini:

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Tak hanya memiliki berbagai keutamaan saja, manfaat membaca surat Al-Kahfi juga tak kalah luar biasa. Sehingga, akan lebih baik jika sahabat Dream membacanya secara rutin.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat membaca surat Al-Kahfi yang perlu diketahui sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui kapanlagi.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi

Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi© Shutterstock.com

Dipenuhi Cahaya Kebaikan

Manfaat membaca surat Al-Kahfi yang pertama adalah dipenuhi dengan cahaya kebaikan. Baik itu orang yang membacanya pada hari Jumat maupun pada hari yang lain. Tak hanya mendapat cahaya kebaikan saja, orang yang membaca surat Al-Kahfi juga akan mendapat berkah disertai syafaat ketika hari pembalasan kelak. Hal ini sama seperti saat sedang membaca surat Ar-Rahman.

Manfaat ini dijelaskan juga dalam Al-Quran pada surat Al-Hadid ayat 12 berikut ini:

يَوْمَتَرَىالْمُؤْمِنِيْنَوَالْمُؤْمِنٰتِيَسْعٰىنُوْرُهُمْبَيْنَاَيْدِيْهِمْوَبِاَيْمَانِهِمْبُشْرٰىكُمُالْيَوْمَجَنّٰتٌتَجْرِيْمِنْتَحْتِهَاالْاَنْهٰرُخٰلِدِيْنَفِيْهَاۗذٰلِكَهُوَالْفَوْزُالْعَظِيْمُۚ

Artinya: pada hari engkau akan melihat orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, betapa cahaya mereka bersinar di depan dan di samping kanan mereka, (dikatakan kepada mereka), “ Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Demikian itulah kemenangan yang agung.” (QS. Al-Hadid: 12).

Dijauhkan dari Godaan Setan

Manfaat membaca surat Al-Kahfi berikutnya adalah dijauhkan dari godaan setan. Keberadaan setan ada di mana-mana dan bisa sewaktu-waktu mengganggu manusia. Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh setiap umat Islam, apalagi sampai menggoyahkan iman. Oleh karena itu, setan adalah musuh terbesar bagi manusia.

Manfaat ini pun dijelaskan dalam hadis oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal berikut ini:

Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”

2 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi

Dijauhkan dari Fitnah Dajjal

Fitnah dajjal adalah hal yang harus diwaspadai oleh setiap umat Islam. Oleh karena itu, umat Islam harus berusaha untuk menghindarinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membaca surat Al-Kahfi. Hal tersebut dijelaskan oleh Ibnu Umar ra, Rasulullah saw bersabda:

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan memeranginya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua Jumat.” (Hr. Abu Bakr bin Mardawaih).

Tak hanya di hari Jumat saja, membaca surat Al-Kahfi juga dianjurkan Nabi saw dibaca pada hari lainnya. Maka dengan begitu bisa menghindarkan umat Islam dalam fitnah dajjal. Di mana dijelaskan dalam surat Al-Kahfi pada ayat 102 berikut ini:

اَفَحَسِبَالَّذِيْنَكَفَرُوْٓااَنْيَّتَّخِذُوْاعِبَادِيْمِنْدُوْنِيْٓاَوْلِيَاۤءَۗاِنَّآاَعْتَدْنَاجَهَنَّمَلِلْكٰفِرِيْنَنُزُلًا

Artinya: Maka apakah orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sungguh, Kami telah menyediakan (neraka) Jahanam sebagai tempat tinggal bagi orang-orang kafir.” (QS. Al-Kahfi: 102).

Mendapat Ridha dari Allah SWT

Manfaat membaca surat Al-Kahfi yang tak kalah istimewa adalah mendapatkan ridho dari Allah SWT. Karena dengan ridha Allah SWT lah, maka kehidupan yang kita jalani di dunia ini akan selalu diiringi kebaikan dan kedamaian. Oleh karena itu, dianjurkan bagi setiap umat Islam agar rutin membaca surat Al-Kahfi. Dengan begitu akan mendapatkan berkah serta membuat hati menjadi lebih tenang.

Seperti halnya yang dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini:

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR. Ahmad).

3 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi

Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi© Shutterstock.com

Diampuni Segala Dosa oleh Allah SWT

Manfaat membaca surat Al-Kahfi selanjutnya adalah akan diampuni segala dosa-dosanya oleh Allah SWT. Mengingat bahwa setiap manusia pasti tidaklah luput dari dosa. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapat pengampunan dari Allah SWT atas dosa tersebut adalah dengan membaca surat Al-Kahfi.

Manfaat ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini:

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahay dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”

Hadis di atas menjelaskan bahwa jika umat Islam membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT sampai di hari Jumat berikutnya. Selain itu juga bisa menjauhkan dari dosa yang membuat sesat.

Mengingatkan pada Hari Kiamat

Hari kiamat adalah hal yang sudah pasti terjadi dan sudah dijelaskan Allah SWT juga di dalam Al-Quran. Nah, dalam surat Al-Kahfi pun berisi pengingat tentang hari kiamat tersebut, lebih tepatnya pada ayat ke-47.

وَيَوْمَنُسَيِّرُالْجِبَالَوَتَرَىالْاَرْضَبَارِزَةًۙوَّحَشَرْنٰهُمْفَلَمْنُغَادِرْمِنْهُمْاَحَدًاۚ

Artinya: Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.” (QS. Al-Kahfi: 47).

 

Beri Komentar