Keutamaan Surat Al Kahfi yang Dianjurkan Dibaca Hari Jumat, Pengingat Hari Kiamat & Terhindar dari Fitnah Dajjal

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 28 April 2022 15:01
Keutamaan Surat Al Kahfi yang Dianjurkan Dibaca Hari Jumat, Pengingat Hari Kiamat & Terhindar dari Fitnah Dajjal
Manfaat surat Al Kahfi apabila dibaca pada hari Jumat akan membuat pembacanya terhindar dari fitnah Dajjal.

Dream - Selain mendapatkan pahala, membaca Al Quran juga bisa menjadi sarana untuk menenangkan hati di kala sedih dan gelisah. Banyak surat dalam Quran yang bisa dibaca setiap hari seperti Surat Yasin, Al Mulk dan Al Kahfi.

Beberapa muslim juga ada yang memanfaatkan hari Jumat untuk memperbanyak membaca Quran. Jumat merupakan hari yang sangat mulia, sehingga sering dimanfaatkan orang untuk memperbanyak ibadah dan membaca al Quran, termasuk membaca Surat Al Kahfi.

Surat Al Kahfi merupakan surat yang diturunkan di Mekah, sehingga tergolong surat makkiyah. Manfaat surat Al Kahfi apabila dibaca pada hari Jumat akan membuat pembacanya terhindar dari fitnah Dajjal. Inilah mengapa Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk membaca Surat Al Kahfi setiap Jumat.

Manfaat Surat Al Kahfi tersebut tercantum dalam sebuah hadis dari Abu Darda’, Rasulullah SAW bersabda: “ Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” (HR. Muslim)

Selain itu, tentu masih banyak manfaat Surat Al Kahfi apabila dibaca pada hari Jumat. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Isi Kandungan Surat Al Kahfi

Sebelum membahas tentang manfaat Surat Al Kahfi yang rutin dibaca setiap Jumat, ketahui pula isi kandungan yang ada di dalamnya. Dengan memahami isinya, maka umat Islam bisa lebih khusyuksaat membacanya. Akan lebih baik lagi mengamalkan ajaran yang ada pada Surat Al Kahfi dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun isi kandungan Surat Al Kahfi adalah sebagai berikut:

  1. Berisi tentang kekuasaan Allah Swt yang memberikan kehidupan kepada siapapun yang dikehendaki-Nya.
  2. Mengajarkan dasar-dasar tauhid dan keadilan Allah Swt.
  3. Kepastian akan datangnya hari kebangkitan.
  4. Terdapat hukum wakalah yaitu pelimpahan kekuasaan oleh seseorang sebagai pihak pertama kepada orang lain sebagai pihak kedua dalam hal-hal yang diwakilkan.
  5. Larangan membangun tempat ibadah di atas kuburan.
  6. Mengkisahkan dua orang laki-laki, yang satu kafir dan satunya mukmin.
  7. Kisah tentang Nabi Khidhir dan cerita Dzul Qurnain dengan Ya’juj Ma’juj.
  8. Penjelasan tentang kekuatan iman kepada Allah Swt.
  9. Penjelasan mengenai adab murid kepada gurunya.
  10. Memberikan contoh-contoh bagaimana memimpin dan memerintah rakyat dengan baik.
2 dari 5 halaman

Manfaat Membaca Surat Al Kahfi

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Manfaat Surat Al Kahfi yang dibaca pada hari Jumat menjadi upaya agar nantinya terhindar dari fitnah Dajjal. Saat menjelang hari kiamat nanti, akan muncul Dajjal yang membawa banyak fitnah bagi manusia. Fitnah Dajjal sangatlah keji, dan membahayakan umat Islam.

Maka dari itu Rasulullah Saw mengajarkan kepada umatnya untuk membaca doa agar terhindar dari fitnah Dajjal. Menurut hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda: “ Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

 

2. Jadi Pengingat Hari Kiamat

Manfaat Surat Al Kahfi apabila dibaca pada hari Jumat akan menjadi pengingat bagi umat Islam tentang nyatanya hari kiamat. Melalui Surat Al Kahfi ayat 47, suatu saat nanti hari kiamat pasti datang. Maka umat Islam diperingatkan untuk mempersiapkan segalanya. Sebab tidak ada satu pun makhluk yang lolos dari peristiwa besar itu.

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْاَرْضَ بَارِزَةًۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ اَحَدًاۚ

Wa yauma nusayyirul-jibaala wa taral-arda barizataw wa hasyarnahum fa lam nugaadir min-hum ahadaa

Artinya:

Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.

3 dari 5 halaman

3. Diampuni Dosa-dosanya oleh Allah Swt

Manfaat Surat Al Kahfi yang dibaca pada hari Jumat akan membuat seseorang diampuni segala dosanya oleh Allah Swt. Setan akan selalu menggoda umat manusia sampai hari kiamat. Selama itu pula, tidak ada manusia yang bersih dan dosa. Maka dari itu dianjurkan untuk selalu waspada, beristighfar serta bertaubat. Hal ini penting agar manusia terselamatkan dari kesesatan.

 

4. Terhindar dari Godaan Setan

Godaan setan tidak akan pernah berhenti. Mereka tidak akan putus asa untuk menjerumuskan manusia ke jurang kemaksiatan. Setan merupakan musuh terbesar manusia, godaannya pun sangat halus dan samar. Sehingga kadang manusia kesulitan membedakan mana godaan dan mana yang bukan. Inilah mengapa kita perlu berdoa agar terhindar dari godaan setan. Selain berdoa, membaca Surat Al Kahfi pada hari jumat juga sangat disarankan, karena bermanfaat menghindarkan manusia dari godaan setan.

Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa Rasulullah Saw bersabda: “ Sebuah rumah yang selalu dibacakan surah Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”

4 dari 5 halaman

5. Mendapat Cahaya Keberkahan di Hari Kiamat

Manfaat Surat Al Kahfi yang dibaca pada hari Jumat, seseorang akan mendapatkan cahaya keberkahan oleh Allah Swt pada hari kiamat. Dari telapak kakinya akan memancar cahaya sampai menembus langit. Hal ini sebagaimana firman Allah Swt dalam Surat Al Hadid ayat 12:

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ يَسْعٰى نُوْرُهُمْ بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ بُشْرٰىكُمُ الْيَوْمَ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ ذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُۚ

Yauma taral-mu’miniina wal-mu’minaati yas’aa nuruhum baina aidiihim wa bi’aimaanihim busyraakumul-yauma jannaatun tajrii min tahtihal-an-haaru khaalidiina fiihaa, zaalika huwal-fauzul-‘aziim

Artinya:

Pada hari engkau akan melihat orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, betapa cahaya mereka bersinar di depan dan di samping kanan mereka, (dikatakan kepada mereka), “ Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Demikian itulah kemenangan yang agung.”

 

6. Dilimpahi Ridha dari Allah Swt

Manfaat Surat Al Kahfi yang rutin dibaca setiap hari Jumat bisat memudahkan seseorang untuk mendapatkan ridha dari Allah Swt. Selain itu, Surat Al Kahfi juga bisa menghindarkan seseorang dari perasaan sedih dan gelisah. Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa Rasullullah SAW bersabda:

“ Siapa yang membaca surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.”

5 dari 5 halaman

7. Mati dalam Keadaan Syahid

Manfaat Surat Al Kahfi jika rutin dibaca setiap hari Jumat akan membuat seseorang dimatikan dalam keadaan syahid. Abi Abdullah berkata:

" Barangsiapa membaca Surat Al Kahfi setiap malam Jumat, maka ia tidak akan mati kecuali menjadi seorang syahid, Allah akan membangkitkannya bersama orang-orang syahid dan ia akan berdiri di hari kiamat bersama orang-orang syahid.” (Tsawabul-A’mal: 136)

Itulah beberapa manfaat membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat. Semoga kita semua termasuk umat Nabi Muhammad Saw dan terhindar dari segala godaan setan serta fitnah Dajjal di hari akhir. Amin!

Beri Komentar