Amalkan Amar Maruf Nahi Mungkar Harus Paham Dulu Hukumnya?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 8 November 2018 13:00
Amalkan Amar Maruf Nahi Mungkar Harus Paham Dulu Hukumnya?
Ada syarat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan amar ma'ruf nahi mungkar.

Dream - Amar ma'ruf nahi mungkar. Perintah itu sering kita dengar. Berisi ajakan bagi setiap muslim untuk menjalankan dan menyebarkan kebaikan serta menjauhi dan mencegah kemungkaran.

Dewasa ini, semangat untuk menjalankan perintah tersebut meninggi di antara umat Islam. Mereka berlomba-lomba mencegah kemungkaran yang ada di sekitarnya.

Tetapi, mereka kerap berhadapan pada situasi dilematis. Ketika kemungkaran coba dicegah, justru menimbulkan kemungkaran yang lebih keras dan lebih parah.

Lantas, bagaimana seorang Muslim bersikap jika dalam kondisi semacam ini?

Dikutip dari NU Online, amar ma'ruf nahi mungkar adalah perintah yang sifatnya fardlu kifayah bagi yang mampu. Tetapi, hukumnya bisa berubah menjadi fardlu 'ain, atau wajib dikerjakan setiap muslim, jika menyaksikan langsung kemungkaran terjadi.

 

1 dari 1 halaman

Pandangan Ulama

Syeikh M Ibrahim Al Baijuri dalam Tuhfatul Murid ala Jauharatut Tauhid menyebutkan beberapa syarat amar ma'ruf nahi mungkar yang disepakati para ulama.

" (Ketahuilah) kewajiban amar ma'ruf dan nahi mungkar terdapat beberapa syarat. Salah satunya adalah bahwa orang yang menangani masalah ini memahami hukum yang diamarma'rufkan dan dinahimungkarkan. Orang awam tidak boleh melakukan amar ma'ruf dan nahi mungkar pada soal yang mereka tidak mengerti hukumnya. Sedangkan persoalan yang diketahui hukumnya oleh orang awam dan orang alim, maka orang alim dan orang awam boleh melakukan amar makruf dan nahi munkar."

Kemudian, ada jaminan nahi mungkar yang dijalankan tidak menimbulkan kemungkaran yang lebih besar. Jika yang terjadi sebaliknya, maka nahi mungkar tidak memenuhi kaidah untuk dijalankan.

" Kedua, praktik nahi mungkar aman dari lahirnya kemungkaran yang lebih besar karenanya. Misalnya, seseorang melakukan nahi mungkar atas praktik minum khamar, lalu nahi mungkar itu menyebabkan insiden pembunuhan atau insiden lainnya."

Selengkapnya...

Beri Komentar