Niat Mandi Taubat, Tata Cara, Doa dan Syarat Agar Dosa-dosa Diampuni

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 30 April 2022 05:01
Niat Mandi Taubat, Tata Cara, Doa dan Syarat Agar Dosa-dosa Diampuni
Mandi taubat dilakukan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa akibat maksiat yang dikerjakan.

Dream – Niat mandi taubat dilakukan ketika akan memulai mandi untuk melaksanakan sholat taubat. Sholat taubat dikerjakan karena penyesalan akan dosa-dosa yang telah dilakukan. 

Manusia tidak akan terlepas pernah dari salah dan dosa. Inilah mengapa sebagai umat yang beragama, terutama Islam, sebisa mungkin menghindari untuk berbuat dosa.

Namun begitu, meski sudah berusaha untuk menghindarinya, ada kalanya manusia khilaf. Maka dari itu dalam Islam ada anjuran untuk bertaubat demi memohon ampun atas dosa yang telah dilakukannya.

Salah satu cara bertaubat adalah dengan menjalankan sholat taubat. Sebelum sholat taubat dilakukan, ada baiknya Sahabat Dream mandi taubat terlebih dahulu.

Mandi taubat dilakukan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa akibat maksiat yang dikerjakan. Dengan mandi taubat ini, tubuh kamu akan semakin siap untuk menghadap Allah dalam melalui sholat taubat.

Sebagai umat Muslim penting kiranya mengetahui cara mandi taubat beserta niatnya. Niat mandi taubat dibaca pada saat memulai mandi. Berikut ulasan selengkapnya tentang niat mandi taubat, tata cara, doa dan amalan lain agar taubat segera diterima oleh Allah Swt.

1 dari 7 halaman

Hadis Tentang Anjuran Bertaubat

Bagi sebagian orang, melakukan kesalahan maupun tindakan dosa bisa menyebabkan ketidanyamanan dalam hidup. Namun dengan mengakui kesalahan dan bertaubat kepada Allah, maka akan tercipta hidup yang lebih tenang dan damai.

Maka dari itu Rasulullah Saw juga menganjurkan kepada umatnya untuk menyegerakan bertaubat jika sadar melakukan kekhilafan. Perintah bertaubat telah disebutkan dalam sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda: “ Setip anak Adam pasti pernah melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah bertaubat." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, dihasankan oleh Imam Al-Albani)

Segera mungkin bagi umat Islam dianjurkan untuk mengucapkan niat mandi taubat, lalu melakukan tata cara mandi taubat, dan diakhiri dengan sholat taubat.

Menurut Kitab Nihayah al Zain karangan Syekh Al-Nawawi Al-Jawi, mandi taubat sebaiknya segera dilakukan seketika setelah melakukan dosa meskipun dosa kecil.

Menurut Imam Nawawi, menunda taubat justru akan menambah dosa. Mayoritas ulama berpendapat salah satu cara untuk bertaubat adalah dengan melakukan niat mandi taubat dan tata caranya serta sholat taubat. Mandi taubat juga dianjurkan bagi seorang mualaf (orang yang baru masuk Islam).

2 dari 7 halaman

Niat Mandi Taubat

Tak hanya sholat, mandi taubat juga ada niatnya. Niat yang baik akan mendatangkan pahala yang baik pula. Saat hendak mandi taubat, hal pertama yang dilakukan adalah dengan niat.

Melafalkan niat mandi taubat bisa membuat jiwa menjadi lebih siap untuk bertaubat secara sungguh-sungguh kepada Allah SWT. Adapun bacaan niat mandi taubat adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلتَّوْبَتِ عَنْ جَمِعِ الذُّنُوْبِ

Nawaitul ghusla littaubati ‘an jami’idzunuub.

Artinya:

“ Aku berniat mandi taubat dari segala dosa dhahir dan batin.”

3 dari 7 halaman

Tata Cara Mandi Taubat

Setelah mengetahui niat mandi taubat di atas, hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah tata cara mandi taubat. Sebenarnya cara mandi taubat ini hampir sama dengan mandi wajib setelah haid atau berhubungan badan. Perbedaannya terletak pada niatnya saja. Simak tata cara mandi taubat di bawah ini:

  • Membaca niat mandi taubat.
  • Membasu kedua telapak tangan sampai ke sela-sela jari. Dilanjutkan membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali.
  • Membasuh bagian intim menggunakan air dengan tangan kiri hingga bersih.
  • Membasuh semua anggota badan dengan air lalu menggosok-gosoknya dengan sabun kemudian dibilas hingga bersih.
  • Berwudhu seperti halnya wudhu saat hendak sholat.
  • Membasuh sela-sela rambut dengan air dan membersihkannya dengan jari tangan.
  • Mengguyur bagian kepala sebanyak tiga kali.
  • Mengguyur seluruh tubuh dimulai dari bagian kanan lalu kiri.
  • Membasuh dan membersihkan kaki hingga sela-sela kaki.
4 dari 7 halaman

Tata Cara Sholat Taubat

Setelah selesai melakukan rangkaian cara mandi taubat dan doanya di atas, kemudian dilanjutkan melaksanakan sholat taubat.

Syarat mutlak untuk melakukan sholat taubat adalah suci dari hadas besar yang dihilangkan dengan mandi taubat dan suci dari hadas kecil yang dihilangkan dengan wudhu. Jika Sahabat Dream hendak melakukan sholat taubat, simak tata caranya di bawah ini:

  • Niat sholat taubat, boleh dilafalkan jika kurang mantab: Usholli sunnatat taubati rok’ataini lillahi ta’ala. Artinya: “ Saya niat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”
  • Takbiratul Ihram.
  • Disunahkan membaca doa Istiftah/iftitah.
  • Membaca surat Al Fatihah.
  • Membaca surat dari Alquran.
  • Rukuk (Membaca tasbih ruku’ tiga kali).
  • I'tidal (Membaca doa i’tidal).
  • Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali).
  • Duduk diantara dua sujud (Membaca doa 'Robbighfirlii warhamnii...').
  • Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali).
  • Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10..
  • Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir).
  • Salam lalu berdoa mohon ampunan.
5 dari 7 halaman

Amalan Bertaubat Setiap Hari

Selain mengetahui niat mandi taubat beserta tata caranya, kamu juga bisa mengucapkan amalan untuk bertaubat setiap hari. Mengingat dalam setiap perkataan maupun perbuatan yang kita lakukan secara tidak sadar banyak yang telah menyakiti perasaan orang lain.

Lafal pengakuan dosa salah satunya seperti yang tercantum dalam Kitab I‘anatut Tholibin karya Sayid Bakri bin M Sayid Syatho Dimyathi. Beliau mengutip ucapan dari Syekh Abdul Wahhab Sya’roni. Orang yang mengucapkan dua bait ini setiap hari, maka Allah akan mencabut nyawanya dalam keadaan Islam tanpa ragu. Ini dia bunyi dua bait syair sebagai lafal pengakuan dosa:

Ilahi lastu lil Firdausi ahla # Wa la aqwa ala naril jahimi

Fahab li taubatan waghfir dzunubi # Fainnaka ghafirudz dzanbil ‘azhimi

(Ya Tuhanku, aku bukanlah penghuni yang pantas masuk surga-Mu. Namun aku pun tidak sanggup masuk neraka jahim.

Maka dari itu, bukalah pintu taubat-Mu. Ampunilah segenap dosaku. Karena sungguh Engkau ialah Zat yang maha pengampun).

6 dari 7 halaman

Doa Setelah Sholat Taubat

Inti dari taubat adalah memohon ampun kepada Allah dengan penuh pasrah dan penyesalan. Maka dari itu, setelah menjalankan sholat taubat, disarankan untuk berdoa dengan kerendahan hati dan penuh penyesalan kepada Tuhan. Berdoa setelah sholat taubat bertujuan agar Allah mengampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan. Berikut lafal doa yang bisa dibaca setelah sholat taubat:

Astaghfirullahal-ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi. Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfiru dzunuuba illa anta.

Artinya:

“ Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya. Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

7 dari 7 halaman

Syarat-syarat Agar Taubat Diterima

Niat mandi taubat dan sholatnya akan sia-sia jika diikuti syarat-syarat agar taubatnya diterima. Sebab selain bertaubat, Sahabat Dream juga perlu melakukan beberapa syarat agar taubatnya segera diterima oleh Allah Swt. Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

1. Menyesal Perbuatan Dosa

Bertaubat bukan hanya dilakukan melalui ucapan dan perbuatan, melainkan juga dengan hati dan penuh penyesalan. Bersungguh-sungguh menyesal telah melakukan dosa dan bertekad tidak akan mengulangi dosa yang sama. Dengan begitu, Allah akan menerima taubat yang dilakukan.

2. Perbanyak Berbuat Kebaikan

Taubat akan segera diterima jika seorang hamba memperbanyak kebaikan setelah bertaubat. Selain itu, juga sebaiknya berusaha menghindari berbagai bentuk perbuatan dosa dan keburukan.

3. Tertib Sholat Fardhu

Taubat akan menjadi sia-sia jika kewajiban tidak dilaksanakan, terutama sholat fardhu lima waktu. Agar taubat segera diterima oleh Allah, lakukan sholat lima waktu dan lebih utama dengan berjamaah.

4. Sholat Sunnah Rawatib

Selain itu, agar taubat diterima maka kamu harus rutin melaksanakan sholat sunnah rawatib atau sholat yang menyertai sholat fardhu.

5. Perbanyak Doa dan Dzikir

Dzikir atau mengingat Allah harus ditingkatkan dalam rangka proses bertaubat. Memperbanyak dzikir dan doa setelah sholat sangat dianjurkan, terutama mengucap istighfar memohon ampun kepada Allah.

Beri Komentar