Pantau Kata Pertama Sang Anak, Sang Ayah Bikin Grafik Khusus

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 12 Mei 2017 10:08
Pantau Kata Pertama Sang Anak, Sang Ayah Bikin Grafik Khusus
Jivan mendokumentasikan tiap kata saat anaknya berbicara, termasuk mencatat tanggal dan waktunya dalam spreadsheet.

Dream - Momen-momen pertama yang dilakukan anak pastinya membuat terkesan para orangtua. Untuk mengabadikannya berbagai cara pun dilakukan. Bisa melalui foto, jurnal atau merekamnya baik dalam bentuk gambar maupun suara.

Jon Jivan, seorang videographer, dan ayah dari Elliot mendokumentasikan tiap kata-kata yang diucapkan sang anak, sejak mulai belajar berbicara. Mungkin merekam suara dan video bagi Jivan sudah terlalu biasa.

Ia pun mendokumentasikan tiap kata saat anaknya berbicara, termasuk mencatat tanggal dan waktunya dalam spreadsheet. Data dalam spreadsheet tersebut kemudian diolah menjadi sebuah grafik.

Grafis kata-kata Elliot© Jon Jivan

Jivan mengunggah 'hasil karyanya' di Reddit sehingga banyak orang bisa melihatnya secara detail. Dari data tersebut terlihat beberapa kata pertama yang diucapkan Elliot, antara lain " uh-oh," lalu " dada," " momma" dan " kitty" .

Lalu ketika berusia 16 hingga 20 bulan perbendaharaan kata Elliot bertambah, seperti " bubbles," " apple," " duck," dan " knee" . Metode pencatatan kata pertama Jiva yang 'super niat' mendapat respons luar biasa. Banyak yang salut pada ketelitian keuletan Jivan mencatat tiap kata pertama Elliot.

" Semua tercatat dan sebelum mencatatnya aku dan istriku saling menjadi 'saksi' kalau Elliot benar-benar mengatakannya. Mengumpulkannya melalui lembar data cukup mempermudah kami untuk mencatat tambahan kata jika mendengar sesuatu yang baru," kata Jivan.

Jivan dan istrinya ingin seluruh perkembangan anaknya terdokumentasi dengan baik. Suatu hari dokumentasi tersebut bisa dijadikan kenang-kenangan dan tentu saja tanda cinta untuk Elliot. Anda tertarik meniru Jivan?

 

Beri Komentar