Momen Akrab Jokowi Sandarkan Kepala di Bahu Joe Biden Saat Sesi Foto KTT G7

Reporter : Nabila Hanum
Selasa, 28 Juni 2022 14:01
Momen Akrab Jokowi Sandarkan Kepala di Bahu Joe Biden Saat Sesi Foto KTT G7
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden tampak merangkul hangat Jokowi di KTT G7

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Schloss Elmau, Jerman pada Senin, 27 Juni 2022 kemarin. Kedatangan Jokowi disambut langsung oleh Kanselir Jerman, Olaf Scholz.

Ada momen unik saat sesi foto bersama pimpinan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dan tamu undangan di Istana Elmau.

Tampak Jokowi berdiri di antara Perdana Menteri Jerman Olaf Scholz dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden .

Interaksi Joe Biden dan Jokowi berhasil mencuri perhatian publik. Joe Biden tampak merangkul hangat Jokowi

1 dari 5 halaman


Pelukan hangat Joe Biden untuk Jokowi© Sekretariat Presiden

Jokowi yang mengenakan setelan jas berwarna biru tampak akrab dengan Joe Biden sesekali keduanya melempar senyum dan tawa.

" Indonesia hadir sebagai negara mitra G7 sekaligus Presidensi G20, bersama pemimpin negara mitra G7 lainnya," tulis Jokowi melalui akun Instagram-nya, dikutip Selasa 28 Juni 2022.

2 dari 5 halaman

Pelukan hangat Joe Biden untuk Jokowi© Sekretariat Presiden

Usai sesi foto, Jokowi melakukan pertemuan G7 yang terdiri atas dua sesi. Pada sesi pertama, terlihat Jokowi kembali berada di antara Olaf Scholz dan Joe Biden.

Pada pertemuan G7 kali ini, Jokowi juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara yang hadir.

Turut mendampingi Jokowi dalam KTT G7 kali ini antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

KTT G7 ke-48 digelar di Elmau, Jerman, merupakan pertemuan tahunan negara G7 beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Prancis. Indonesia hadir sebagai negara mitra G7 sekaligus Presidensi G20.

3 dari 5 halaman

Pesawat Jokowi Menuju Jerman Sempat Berputar 360 Derajat di Perbatasan Iran-Turki, Ini Penjelasan Istana

Dream - Pesawat Kepresiden yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana untuk menghadiri KTT G7 di Munich, Jerman sempat berputar-putar di wilayah udara antara Iran dan Turki. Menggunakan pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), kejadian tersebut berlangsung pada Minggu, 26 Juni 2022.

Data penerbangan pesawat kepresidenan itu terekam dalam data Flightradar24 dan dicuitkan oleh Pengamat Penerbangan Gerry Soejatman melalui akun Twitternya @GerryS. 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan kondisi pesawat yang berputar di wilayah udara Iran dan Turki itu harus dilakukan karena waktu ketibaan di Munich, Jerman, ternyata lebih cepat dari perkiraan.

" Hal itu berkaitan dengan waktu ketibaan di Munich, Jerman, di mana pesawat GIA-1 diperkirakan tiba lebih cepat dari slot waktu yang disediakan," kata Bey Machmudin dalam keterangan pers, Senin, 27 Juni 2022.

4 dari 5 halaman

Menurut Bey, pesawat GIA-1 harus berputar terlebih dahulu agar waktu kedatangan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Dia juga memastikan tindakan yang dilakukan sang pilot untuk melakukan holding sudah mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan.

" Agar kedatangan pesawat GIA-1 sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, pilot melakukan holding guna menyesuaikan waktu ketibaan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," jelasnya.

Keputusan ini juga sudah dikomunikasikan kepada Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono yang menyetujui keputusan pilot.

" Dan hal itu sudah dikomunikasikan dan disetujui Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono yang turut serta dalam penerbangan tersebut," tutur Bey.

 

5 dari 5 halaman

Informasi soal pesawat GIA-1 Jokowi berputar 360 derajat pertama kali dicuitkan oleh Pengamat Penerbangan Gerry Soejatman melalui akun Twitternya @GerryS pada Minggu 26 Juni 2022. Hal ini disampaikannya usai melihat pantauan situs pelacak penerbangan Flightradar 24.

"  OK, can someone tells me what was going on here? It's carrying the #president... things like this raises questions... why the 360 turn? #Indonesia https://t.co/Hc6QlDIkv8," tulis Gerry di akun Twitternya.

Dia lalu menuturkan pesawat Jokowi berputar 360 derajat di sekitar perbatasan Iran dan Turki.

" Posisi pesawat #President #Indonesia #GIA1 ketika mulai berputar 360⁰ kekiri adalah pas sekitar perbatasan Iran dan Turki (approximately di garis kuning)," ucap Gerry.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar