Presiden Jokowi Kehilangan 2 Sertifikat Tanah

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 30 Agustus 2019 15:02
Presiden Jokowi Kehilangan 2 Sertifikat Tanah
Dimumkan di sebuah koran di Solo.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengabarkan kehilangan dua sertifikat tanah miliknya di Solo, Jawa Tengah. Kabar kehilangan itu muncul di laporan Harian Solopos, Kamis, 29 Agustus 2019.

Dalam pengumuman berkop surat Kantor Pertanahan Surakarta dengan nomor HP.02.02/2210-33.72/VII/2019 itu, Jokowi melalui kuasa Ir Wahyudi Adrianto mengajukan permohonan untuk mendapat sertifikat baru sebagai pengganti sertifikat yang hilang.

Surat kehilangan sertifikat tanah Jokowi© Merdeka.com

Surat kehilangan sertifikat tanah Jokowi

Di pengumuman itu tertulis juga nama Joko Widodo Suami Nyonya Iriana sebagai pemilik sertifikat HM 2304 dan HM 3980. Kedua tanah terletak di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari.

Sertifikat HM 2304 berisi informasi mengenai tanggal pembukaan 10 Oktober 1998. Tanah itu memiliki luas 365 meter persegi.

Sementara itu, sertifikat HM 3980 dengan tanggal pembukaan 11 Juni 1998 punya luas 726 meter persegi.

 

1 dari 5 halaman

Dibenarkan

Kepala Kantor Pertanahan Kota Surakarta, Sunu Duto Widjomarmo membenarkan adanya pengumuman itu. Pengumuman di koran itu merupakan salah satu prosedur dalam pengurusan kehilangan sertifikat tanah.

" Kami memang harus membuat pengumuman terbuka melalui media massa. Itu salah satu prosedur yang harus dilakukan," ujar Sunu, dilaporkan Merdeka.com, Jumat, 30 Agustus 2019.

Sunu mengatakan, proses selanjutnya akan dikerjaan setelah 30 hari sejak tanggal pengumuman. Dalam rentang waktu itu, pihaknya menunggu jika ada pihak lain yang merasa keberatan atau mengklaim kepemilikan kedua sertifikat yang hilang itu.

" Kalau ada masyarakat yang merasa keberatan atas kepemilikan sertifikat itu, silakan melaporkan ke kami," kata dia.

Meskipun yang kehilangan seorang Presiden, Sunu menegaskan, harus melalui proses tersebut. Prosedur yang berlaku memang wajib dilakukan oleh siapapun yang mengajukan permohonan penerbitan sertifikat pengganti.

2 dari 5 halaman

3 Tempat Makan di Solo Favorit Jokowi, Awas Bikin Lapar

Dream - Sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta lalu menjadi Presiden, Joko Widodo memang lebih banyak tinggal di Jakarta. Saat ada tugas negara atau urusan pribadi bersama keluarga, baru ia pulang ke kota kelahirannya di Solo, Jawa Tengah.

Saat pulang ke kampung, salah satu hal yang wajib dilakukan kakek dua cucu ini adalah menikmati hidangan khas yang hanya ia temui di Solo. Rupanya ada tiga tempat makan di Solo yang selalu didatanginya.

Boleh dibilang, tiga tempat makan ini masuk dalam daftar makanan favoritnya. Nah, bagi Sahabat Dream yang ingin kulineran ke Solo, referensi dari Presiden Jokowi mungkin bisa dilirik.

3 dari 5 halaman

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel

 Jan Ethes pernah ditanya, apa makanan favoritnya. Cucu pertama Jokowi itu menjawab ayam goreng harjo, atau ayam goreng Sukaharjo. Lokasi ayam goreng Mbah Karto memang tak persis di kota Solo, tapi di Sukahajo.

Ayam Mbah Karto© YouTube

Tampilannya memang seperti ayam goreng biasa, yang menjadi daya tariknya adalah bumbu yang meresap di dalamnya. Diracik dengan bumbu khas, diungkep selama sekitar 1,5 jam, kemudian digoreng. Disajikan dengan urap dan sambal berwarna gelap atau sambel blondo.

4 dari 5 halaman

Soto Gading

Kedai soto ini terletak di jalan brigjen Sudiarto no:75, Solo. Menurut sang pemilik Toni, sebetulnya warung sotonya sama seperti warung soto kebanyakan. Menyajikan hidangan soto khas Jawa tengah yang kaya rempah.

Soto Gading© YouTube

Isiannya juga sama, berupa bihun, ayam dan kol. Harganya pun sangat terjangkau, Rp12 ribu per porsi. Hal yang membuat berbeda adalah makanan pendamping yang sangat beragam di meja dan bikin 'ngiler'. Seperti sate usus, sate telur puyuh, sosis, tempe, tahu, kikil, kulit dan masih banyak lagi.

5 dari 5 halaman

Soto Triwindu

Ada lagi menu soto favorit keluarga Presiden Jokowi, yaitu Soto Triwindu. Soto ini menyajikan soto daging dengan kuah yang kaya rempah.

Soto Triwindu© YouTube

Murwani, sang pemilik, mengungkap kalau daging yang digunakan merupakan daging pilihan.Hal itulah yang membuat sajian sotonya begitu laris dan disukai banyak orang. 

Beri Komentar