Sholat Istikharah Adalah Ikhtiar untuk Mohon Ditunjukan Pilihan Terbaik, Jawabannya Tak Selalu Andalkan Mimpi

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 20 Juli 2022 12:01
Sholat Istikharah Adalah Ikhtiar untuk Mohon Ditunjukan Pilihan Terbaik, Jawabannya Tak Selalu Andalkan Mimpi
Sholat istikharah bisa dilakukan kapan saja, tetapi lebih baik dikerjakan pada sepertiga malam.

Dream – Sholat istikharah adalah salah satu bentuk amalam ibadah yang bertujuan untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT agar diberikan pilihan yang terbaik. Denga mendirikan sholat sunnah ini kita berharap akan mengetahui jawaban dari pilihan mana yang harus dikerjakan dan ditinggalkan.

Tidak bisa dipungkiri jika manusia selama dalam hidupnya senantiasa dihadapkan pada banyak pilihan. Bahkan seorang perempuan saja bisa dibuat kebingungan ketika diminta untuk memlih satu dari dua warna kerudung yang dipakainya.

Dalam hal yang lebih pelik, seseorang bisa saja dihadapkan pada pilihan sulit menyangkut jodoh, pekerjaan, atau sesuatu yang penting dan akan mengubah kehidupannya.

Meskipun hukum sholat istikharah hanya sebatas sunah, namun sholat ini senantiasa dianjurkan untuk dijalankan ketika menghadapi pilihan yang sulit.

Tata cara sholat istikharah cukup mudah karena tak berbeda seperti sholat sunnah pada umumnya. Perbedaan utama hanya terletak pada niat dan rakaatnya. Jumlah rakaat sholat istikharah adalah sebanyak dua kali dan dianjurkan untuk melanjutkan membaca doa setelah sholat istikharah.

Untuk mengetahui secara lebih jelas tentang sholat istikharah, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai dalamislam.com.

1 dari 3 halaman

Pengertian dan Jenis-jenis Sholat Istikharah

Pengertian dan Jenis-jenis Sholat Istikharah© Shutterstock.com

Sholat istikharah adalah sholat sunah dua rakaat atau paling banyak 12 rakaat yang dikerjakan umat Islam untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT karena mengalami kebingungan dengan pilihan dan ragu untuk memutuskannya.

Waktu pelaksanaan sholat istikharah sendiri bisa dilakukan kapan saja. Namun akan lebih baik jika dilakukan pada sepertiga malam seperti halnya saat melaksanakan sholat tahajud. Hal ini karena berdoa di saat waktu tersebut bisa membuat ibadah sahabat Dream menjadi lebih khusyu.

Sholat istikharah pun terbagi menjadi dua jenis sebagai berikut:

Istikharah dengan Nasihat Orang Sholeh

Jenis sholat istikharah yang pertama adalah istikharah dengan nasihat orang sholeh. Misalnya saja saat sahabat Dream sedang membutuhkan sesuatu yang terbaik untuk diraih. Maka kamu bisa meminta nasihat pada orang lain yang beriman.

Dalam hal ini orang yang dimaksud adalah ulama yang memiliki kemampuan untuk bersikap ikhlas dalam beristiqomah. Meski begitu, nasihat tersebut bisa sahabat Dream lakukan setelah melaksanakan sholat istikharah.

Istikharah dengan Al-Quran

Jenis yang kedua adalah istikharah dengan Al-Quran. Dengan menggunakan Al-Quran inilah yang diharapkan bisa menghilangkan rasa ragu, yakni dengan memohon kepada Allah SWT agar diberikan yang terbaik. Hal ini seperti dijelaskan dalam sebuah hadis berikut:

Termasuk kebahagiaan bagi keturunan Nabi Adam as adalah jika dia beristikharah dengan memohon yang terbaik kepada Allah SWT dan mengharapkan keridhoan-Nya pada apa yang telah Allah putuskan.”

2 dari 3 halaman

Dalil tentang Sholat Istikharah

Sholat istikharah adalah sholat yang bertujuan untuk memohon keputusan terbaik dari Allah SWT. Di mana sholat sunah ini dianjurkan kepada umat Islam dengan adanya landasan melalui beberapa hadis.

Hadis Riwayat Bukhari

Ya Allah aku beristikharah atau memohon petunjuk dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuatan dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon keutamaan-Mu.”

Hadis Riwayat Jabir bin Abdillah

“ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajari para sahabatnya untuk sholat istikharah dalam setiap urusan, sebagaimana beliau mengajari surat dari Alquran. Beliau bersabda, “ Jika kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah sholat dua rakaat selain sholat fardhu, kemudian hendaklah ia berdoa:

“ Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Artinya:

“ Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu, dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan, dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu, dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku (atau baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. Kemudian dia menyebut keinginannya” 

Dari hadis riwayat Jabin bin Abdillah di atas juga menunjukkan kepada umat Islam bacaan doa yang sebaiknya diamalkan setelah mengerjakan sholat istikharah tersebut. Sehingga, doa tersebut jangan sampai ditinggalkan.

3 dari 3 halaman

Jawaban Sholat Istikharah

Jawaban Sholat Istikharah© Shutterstock.com

Mungkin ada sebagian orang yang menganggap bahwa jawab dari sholat istikharah yang dilakukan adalah melalui mimpi. Meski begitu, belum ada secara jelas dalil yang menjelaskan tentang jawaban dari sholat istikharah. Namun, sahabat Dream bisa mengetahui jawaban tersebut melalui pendapat ulama berikut:

  • Mengambil keputusan yang diyakini dengan perasaan yakin dan pasti.
  • Dalam mengambil keputusan, sebaiknya sahabat Dream sesuai dengan keyakinan dalam dirinya, baik itu suara hati maupun tidak. Karena kebaikan itu hadir dari apa yang diyakini dan bukan karena kecocokan dalam hati.
  • Hadirnya suara hati kerap kali dipengaruhi oleh perasaan yang bersifat subjektif dan tidak ada dalil yang menjelaskannya.
  • Jawaban dari sholat istikharah bisa terlihat di hati umat Islam yang suci, sehingga hatinya tidak dipengaruhi oleh hal yang negatif.
Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More