Surah-surah yang Dibaca Saat Persalinan Terasa Sulit

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 3 November 2021 08:05
Surah-surah yang Dibaca Saat Persalinan Terasa Sulit
Hendaknya selalu mengingat dan meminta pertolongan Allah SWT.

Dream - Proses persalinan merupakan hal yang berat. Banyak yang mengungkapkannya bagai menghadapi antara hidup dan mati. Setiap anak yang lahir, mengalami proses persalinan yang berbeda, ada yang mudah ada yang sulit.

Saat menanti persalinan buah hati, dan ternyata dirasa mengalami kesulitan dan kegalauan, penting untuk selalu mengingat dan memohon pertolongan Allah SWT.

Dikutip dari BincangSyariah.com, dalam kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar, Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi menyebutkan sebuah riwayat yang menjelaskan mengenai bacaan atau amalan yang harus dibaca ketika ada perempuan sulit melahirkan.

Bacaan ini merupakan amalan yang diajarkan Rasulullah Saw kepada Ummu Salamah dan Asma binti Umais ketika Fatimah hendak melahirkan. Adapun bacaan dimaksud adalah sebagai berikut;

Pertama, membaca ayat Kursi satu kali.

Kedua, membaca surah Al-A’raf ayat 54 satu kali, yaitu;

Surah Al Araf ayat 54© Bincang Syariah


Inna robbakumullaahul ladzii kholaqos samaawaati wal ardho fii sittati ayyaamin tsummastawa ‘alal ‘arsyi yughsyil lailan nahaaro yathlubuhuu hatsitsaw wasy symasa wal qomaro wan nujuuma musakhkhorootim bi amrih, alaa lahul kholqu wal amru tabaarokallaahu robbul ‘aalamin.

Artinya: Sesungguhnya Tuhan kamu adalah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

 

 

1 dari 1 halaman

Ketiga, membaca surah Al-Falaq dan surah Al-Nas, masing-masing satu kali.

Amalan ini berdasarkan riwayat yang disebutkan oleh Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi dalam kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar berikut;

Riwayat Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi© Bincang Syariah

Dari Ali bin Husain, dia berkata bahwa ketika Fatimah hendak melahirkan, Rasulullah Saw mengutus Ummu Salamah dan Asma’ binti Umais kepada Fatimah, dan beliau berkata kepada keduanya, ‘Bacalah di dekat Fatimah ayat Kursi, dan ‘Inna robbakumullaahul ladzii kholaqos samaawaati wal ardho’ hingga akhir ayat, dan dua mu’awwidzatain.

Selengkapnya baca di sini. 

 

Beri Komentar