Tata Cara Sholat Badiyah Isya Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 11 Mei 2022 18:47
Tata Cara Sholat Badiyah Isya Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya
Sholat badiyah isya hampir sama dengan sholat qobliyah. Yang membedakan hanya niat dan waktu pengerjaannya.

Dream – Menjalankan sholat lima waktu hukumnya adalah wajib bagi setiap Muslim. Sholat fardhu tersebut terdiri dari sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya. Selain mengerjakan sholat wajib, Islam juga menganjurkan kepada umatnya untuk mengerjakan sholat sunah.

Di mana sholat sunah ini jika sahabat Dream kerjakan bisa mendatangkan pahala. Namun jika tidak dikerjakan, maka tidak ada dosa yang akan diperoleh. Sehingga alangkah baiknya jika sholat sunah tersebut diusahakan untuk dilakukan.

Salah satu sholat sunah yang dianjurkan itu adalah sholat badiyah isya atau sholat sunah yang dikerjakan setelah sholat isya. Sholat badiyah isya ini tentu berbeda dengan sholat isya itu sendiri. Baik dari waktu pengerjaannya, niatnya, dan jumlah rakaatnya.

Nah, berikut adalah tata cara sholat badiyah isya yang perlu kamu ketahui sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui brilio.net.

1 dari 2 halaman

Tata Cara Sholat Badiyah Isya

Tata Cara Sholat Badiyah Isya© Shutterstock.com

Tata cara sholat badiyah isya ini sebenarnya hampir sama dengan sholat qobliyah isya atau sholat sunah sebelum sholat isya. Di mana sama-sama dikerjakan sebanyak dua rakaat. Hal yang membedakan adalah niatnya dan waktu pelaksanaannya. Berikut adalah tata cara sholat badiyah isya yang penting sahabat Dream ketahui:

Membaca Niat Sholat Badiyah Isya

Berikut adalah bacaan niatnya yang bisa sahabat Dream hafalkan:

اُصَلِّى سُنَّةً الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَة ِللهِ تَعَالَى

Usholi Sunnatal Isyaa’i Rok’ataini Ba’diyatta Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.

Artinya: “ Aku niat mengerjakan salat sunah sesudah Isya 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram adalah tanda masuknya waktu mengerjakan sholat dan tergolong sebagai rukun qauli atau rukun yang berupa ucapan. Di saat melakukan takbiratul ihram, maka sahabat Dream harus melafalkan “ Allahu Akbar”.

Takbiratul ihram yang dilakukan laki-laki adalah dengan mengangkat kedua tangan secara sejajar dengan telinga. Sedangkan untuk perempuan adalah dengan mengangkat kedua tangan yang disejajarkan dengan dada.

Membaca Doa Iftitah

Tata cara sholat badiyah isya selanjutnya adalah dengan membaca doa iftitah. Ada beberapa jenis doa iftitah yang biasanya dibaca oleh umat Islam, salah satunya adalah berikut ini:

اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا. اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allaahu akbar kabiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan wa’ashiilaa, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wamaa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil ‘alamiina. Laa syariikalahu Wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.

Artinya: “ Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang.

Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim (Orang-orang yang berserah diri)."

Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah membaca doa iftitah, lalu dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah. Di mana bacaan surat ini adalah bagian dari rukun sholat dan wajib untuk selalu dibaca di setiap rakaat sholat.

Membaca Surat Pendek

Setelah menyelesaikan bacaan surat Al-Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat pendek yang ada di Al-Quran. Biasanya surat yang dibaca adalah surat-surat yang ada di juz 30.

2 dari 2 halaman

Rukuk

Tata cara sholat badiyah isya selanjutnya adalah melakukan gerakan rukuk dengan tumaninah sembari membaca bacaan berikut yang dilafalkan sebanyak tiga kali:

سبحان ربي العظيم وبحمده

Subhaana robbiyal adhiimi wabihamdih.

Artinya: “ Mahasuci Tuhanku yang Mahaagung dan segala puji bagi-Nya."

I’tidal

Setelah melakukan rukuk, lalu dilanjutkan dengan melakukan gerakan I’tidal beserta tumaninah dan membaca doa berikut ini:

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Rabbanaa lakal hamdu mil'us samaawati wa mil'ul ardhi wa mil 'umaasyi'ta min syai'in ba'du.

Artinya: “ Wahai Tuhan kami, segala puji bagiMu, sepenuh langit dan sepenuh bumi dan sepenuh apa-apa yang Engkau kehendaki setelah itu.

Sujud Pertama

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan gerakan sujud yang pertama dengan tumaninah sembari membaca doa sujud yang dilafalkan sebanyak tiga kali berikut ini:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ‎

Subhaana robbiyal 'a'la wabihamdih.

Artinya: “ Mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi dan segala puji bagi-Nya.”

Duduk di Antara Dua Sujud

Tata cara sholat badiyah isya berikutnya adalah duduk di antara dua sujud. Di mana dilakukan dengan posisi tawaruk dan membaca doa berikut ini:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa 'aafinii wa'fu 'annii.

Artinya: “ Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, cukupilah aku, angkatlah derajatku, berikanlah rejeki kepadaku, berikanlah petunjuk kepadaku, berilah kesehatan kepadaku dan ampunilah aku.”

Sujud Kedua

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan sujud yang kedua sama seperti saat melakukan sujud yang pertama. Lalu kemudian berdiri dan bersiap melanjutkan rakaat sholat yang berikutnya sampai di sujud yang terakhir. Dan ditutup dengan bacaan tahiyat akhir.

Tahiyat Akhir dengan Duduk Iftirasy

Berikut adalah bacaan doa tahiyat akhir yang biasanya juga sahabat Dream baca ketika mengerjakan sholat wajib:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

وَعَلَىآلِمُحَمَّدٍ،كَمَاصَلَّيْتَعَلَىإِبْرَاهِيمَوَعَلَىآلِإِبْرَاهِيمَ،إِنَّكَحَمِيدٌمَجِيدٌ،اللَّهُمَّبَارِكْعَلَىمُحَمَّدٍ،وَعَلَىآلِمُحَمَّدٍ،كَمَابَارَكْتَعَلَىإِبْرَاهِيمَ،وَعَلَىآلِإِبْرَاهِيمَ،إِنَّكَحَمِيدٌمَجِيدٌ

Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaatulillaah. Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh. Assalaamu’alaina wa’alaa ibaadillaahishaalihiin. Asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah.

Allaahumma shalli’alaa muhammad, wa’alaa aali muhammad. Kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim. Wabaarik’alaa muhammad wa alaa aali muhammad. Kamaa baarakta alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim, fil’aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya:

Segala kehormatan, keberkahan, rahmat dan keselamatan, serta kebaikan hanyalah kepunyaan Allah. Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga tetap tercurah atasmu, wahai Nabi (Muhammad). Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga juga tercurah atas kami, dan juga atas seluruh hamba Allah yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung."

Salam

Tata cara sholat badiyah isya yang terakhir adalah dengan melakukan gerakan dan bacaan salam yang bacaanya berikut ini:

السَّلاَمُعَلَيْكُمْوَرَحْمَةُاللهِ

Assalaamu alaikum wa rahmatullah.

Artinya:Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu.”

 

Beri Komentar