27 Peti Mati Berusia 2.500 Tahun Ditemukan di Pemakaman Suci

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 22 September 2020 18:13
27 Peti Mati Berusia 2.500 Tahun Ditemukan di Pemakaman Suci
Mesir mengandalkan penemuan arkeologinya sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata.

Dream – Para arkeolog menemukan 27 peti mati berusia 2.500 tahun terkubur di pemakaman suci, Mesir.

Para ahli mengatakan penemuan peti mati kayu berwarna-warni atau disebut sarkofagus ini merupakan salah satu penemuan luar biasa di pemakaman suci Saqqara, dekat Kairo, Mesir.

Saqqara merupakan pemakaman kuno yang digunakan selama lebih dari 3.000 tahun. Karena telah lama aktif akhirnya tempat ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia dari Unesco.

“ Studi awal menunjukkan peti mati ini benar-benar tertutup dan belum dibuka sejak dikuburkan,” ucap Kementerian Purbakala Mesir seperti dikutip dari laman Daily Star.

1 dari 3 halaman

Ditemukan 27 Peti Mati Kuno

Ilustrasi© Instagram/@dr_mostafa_waziry

Ahli Arkeologi Mesir, Mustafa Waziry dari Kementerian Pariwisata dan Purbakala memposting di Instagram yang mengumumkan penemuan luar biasa dari pemakaman kuno Saqqara.

“ Hari ini dari Saqqara, nenek moyang kita hidup kembali, nantikan pengumuman penemuan arkeologi baru ini,” tulisnya.

Awal bulan September 2020 telah ditemukan 13 sarkofagus. Kemudian penelitian lebih lanjut menemukan 14 sarkofagus lagi sehingga total ada 27 peti mati kuno.

Penemuan itu diyakini sebagai yang terbesar dari ekspedisi sejenisnya. Pernyataan kementerian mengatakan mereka berharap untuk mengungkapkan lebih banyak rahasia tentang penemuan itu segera mungkin.

2 dari 3 halaman

Penemuan Artefak dan Patung

Ilustrasi© Instagram/@dr_mostafa_waziry

Selain peti mati dari kayu, tim arkeolog juga menemukan benda lain seperti patung dan artefak yang lebih kecil di pemakaman kuno tersebut.

Meskipun telah ditemukan sebelumnya, kementerian menunda pengumuman berita tersebut sampai Menteri Purbakala Khaled al-Anani bisa mengunjungi langsung situs penggalian supaya bisa memeriksanya (sarkofagus) sendiri.

Sebagai informasi, pemakaman suci Saqqara berada di sebelah selatan Kota Kairo yang merupakan bagian dari ibu kota kuno Memphis.

Kota itu juga merupakan tempat situs Piramida Djoser berdiri kokoh dengan bentuk persegi panjang yang sangat besar.

3 dari 3 halaman

Mesir Utamakan Penemuan Arkeologi

Ilustrasi© Instagram/@dr_mostafa_waziry

Diketahui peti mati kuno ini ditemukan oleh tim penggalian sedalam 11 meter ke bawah tanah. Ekspedisi penggalian ini terus dilakukan untuk mencari tahu sejarah yang tepat mengenai sarkofagus.

Selama ini, Mesir mengandalkan penemuan arkeologinya sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata.

Namun sejak ada pandemi virus corona, sektor pariwisata di Mesir terhambat karena pembatasan perjalanan yang diberlakukan.

Beri Komentar