Cara Mengembalikan File yang Terhapus Tanpa Perlu Panik

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 7 Agustus 2019 07:12
Cara Mengembalikan File yang Terhapus Tanpa Perlu Panik
Mengembalikan file yang sudah terhapus bukanlah hal yang mustahil.

Dream- Banyak orang langsung panik dan kebingungan ketika mengetahui  file penting tersimpan di perangkat Ponsel atau komputer hilang atau terhapus. Padahal memulihkan dan mengembalikan file yang terhapus dan hilang bukanlah hal yang mustahil.

Ada beberapa kondisi yang bisa membantu kamu mengembalikan file yang hilang baik karena dihapus secara sengaja atau tanpa sengaja.

Tahukah Sahabat Dream jika ketika kita menghapus file, sebenarnya dia tidak langsung hilang begitu saja.

File yang terhapus atau dihapus, sebenarnya hanya disembunyikan dan menunggu untuk ditimpa oleh file yang lain. Jadi masih ada kemungkinan untuk mengembalikan file tersebut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus. Prosesnya juga tak berlangsung lama.

 Mengembalikan file terhapus

Namun harus diketahui jika lamanya proses mengembalikan film terhapus atau dihapus tergantung pada beberapa kondisi seperti lama terhapus, ukuran, dan kondisi perangkat keras yang digunakan.


Berikut Dream rangkumkan beberapa cara mengembalikan file yang sudah terhapus sesuai dengan kondisinya masing-masing.

1 dari 4 halaman

Cara Mengembalikan File dengan Restore dari Recycle Bin

 Mengembalikan file terhapus

Cara mengembalikan file terhapus yang dasar adalah dengan mengecek kontak sampah kita. Di komputer kita mengenalnya sebagai folder Recycle Bin.

Sistem operasi komputer kita telah dirancang untuk memindahkan file yang terhapus akan disimpan dan disembunyikan di Recycle Bin terlebih dahulu.

Untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut, kamu bisa langsung menuju menu Recycle Bin. Selanjutnya cari file yang dicari dan klik kanan lalu pilih Restore.

Setelah mengeklik Restore, file tersebut akan hilang dari Recycle Bin dan kembali ke tempat semula sebelum dihapus. Cek kembali file yang sudah dikembalikan.

Namun cara mengembalikan file yang terhapus ini tidak berlaku untuk file dari luar perangkat utama, seperti USB dan eksternal hard disk lain.

2 dari 4 halaman

Cara Mengembalikan File dengan Berhenti Menggunakan Komputer

Selain dihapus atau terhapus, file yang berada di komputer juga bisa hilang dengan sendirinya. Ada beberapa faktor penyebab file hilang, seperti terkena virus atau tertumpuk data yang lain.

Apabila tertumpuk data yang lain, kamu bsa bernapas lega karena file itu masih bisa dikembalikan.

File yang tiba-tiba hilang biasanya terjadi karena perangkat digunakan untuk melakukan pekerjaan berat lain, seperti menginstal banyak software, mengunduh video, dan lain sebagainya.

Pekerjaan yang berat ini membuat perangkat harus bekerja keras menyediakan ruang baru. Sistem terkadang akan menyembunyikan atau menghilangkan beberapa file.

Cara mengembalikan file yang hilang tersebut bisa kamu kamu lakukan dengan berhenti menggunakan komputer terlebih dahulu. Atau Anda juga bisa menghapus beberapa software yang berat dan file-file lainnya.

Apabila file yang hilang terus tertumpuk pekerjaan lain, maka file bisa saja hilang begitu saja.

3 dari 4 halaman

Cara Mengembalikan File dengan Software Recovery

Apabila cara mengembalikan file yang terhapus di atas hanya berlaku untuk file yang berasal dari satu perangkat keras saja, berbeda dengan cara mengembalikan file yang terhapus kedua ini.

Kamu bisa mengundung aplikasi program gratis untuk memulihkan dan mengembalikan file yang terhapus.

Program Recovery ini bisa digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus dari USB, hard disk eksternal, maupun file hilang dari Recycle Bin.

Program ini bisa diunduh secara gratis melalui beberapa situs, namun ada juga program yang berbayar.

 Mengembalikan file terhapus

Salah satu program pemulih file ialah Recuva. Dengan mengunduh dan menginstal program Recuva di perangkat keras, kamu bisa mengembalikan file yang terhapus. Selesai mengunduh dan menginstal Recuva, buka program dan pilih menu pemulihan yang diinginkan.

Ingat kembali di mana file terakhir terhapus dan biarkan Recuca melakukan scanning untuk mencari file tersebut. Kamu bisa mempersempit pencarian dengan memilih pilihan sesuai dengan file yang hilang.

Selain menggunakan Recuva, kamu juga bisa menggunakan program atau aplikasi lain, seperti Stellar Phoenix, Kernel Data Recovery, Pandora Recovery, dan Wise Data Recovery.

4 dari 4 halaman

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Lainnya

Setelah tiga cara mengembalikan file yang terhapus tersebut dilakukan dan belum juga berhasil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pastikan kembali Recycle Bin pada perangkatmu tidak melakukan penghapusan otomatis secara berkala.

Apabila Recycle Bin kosong, dan file yang terhapus belum ketemu, kamu bisa mengunduh dan menginstal software pemulihan data dan melakukan pemulihan. Ingat kembali di mana lokasi terakhir file berada.

Jika lokasi file yang hilang terakhir kali berada di USB atau perangkat lain, sambungkan perangkat tersebut ke komputer dan lakukan pemindaian ulang dengan menggunakan software pemulih data.

Apabila file masih belum bisa kembali, cek kembali software yang terinstal di komputer, pastikan tidak ada software yang mengganggu penyimpanan pekerjaan file baru seperti Deep Freeze. Apabila ada aplikasi tersebut, segera uninstall untuk menghindari kehilangan data lagi.

Untuk memaksimalkan pengembalian file yang hilang, Anda bisa menggunakan software berbayar yang memiliki lebih banyak fitur pencarian.

(Sah, Sumber: Life Wire)

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri