5 Aplikasi Berbahaya Untuk Smartphone Kamu, Lebih Baik Hapus ASAP!

Reporter : Idho Rahaldi
Jumat, 6 September 2019 13:49
5 Aplikasi Berbahaya Untuk Smartphone Kamu, Lebih Baik Hapus ASAP!
aplikasi-aplikasi yang berbahaya jika berada di smartphonemu...

Dream - Google Play merupakan tempat yang tepat bagi para pengembang untuk memperkenalkan aplikasi buatannya  kepada publik. Namun sayangnya, ada saja yang membuat aplikasi asal-asalan yang tak mempertimbangkan faktor keamanan pengguna.

Tidak sedikit oknum pengembang aplikasi punya niat jahat dari karya yang mereka buat. Kamu pasti sudah mendengar bagaimana sebuah aplikasi bisa mengumpulkan data dari telepon pengguna dan teman-temannya atau yang lebih parah mencuri uang dari rekening pengguna.

Melihat berbahayanya aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh para pengembang " nakal" ini, sudah seharusnya kita waspada agar kejadian-kejadian buruk tidak menimpa kita.

Dan berikut ini lima aplikasi yang berbahaya jika berada di smartphonemu

1 dari 5 halaman

Game Gratis

Pengambang game menghabiskan banyak biaya dan usaha untuk membuat sebuah game. Untuk menyiasatinya mereka akan menyediakan game gratisan. Yang harus kamu ketahui, game ini banyak disusupi beragam jenis iklan. 

Disinilah bahaya dari game gratisan itu muncul.

 aplikasi

Iklan-iklan yang tersimpan dalam cache akan memakan kapasitas penyimpanan gawai kamu. Atau dalam kasus terparah yakni pencurian dan penjualan informasi pribadi kamu.

Jadi jika kamu ingin mendownload game tak berbayar, pastikan game itu sudah banyak dikenal. Atau minimal kamu membaca dahulu syarat dan ketentuan bersisi perjanjian pengguna.

2 dari 5 halaman

Aplikasi Pengisian Cepat

Ada banyak aplikasi yang menjanjikan bahwa mereka dapat mempercepat proses pengisian daya di ponsel kamu.

 Aplikasi

Faktanya, tidak ada satupun yang sesuai harapan! Tidak ada aplikasi yang dapat mengisi daya ponsel kamu lebih cepat dari teknologi yang sudah ada di ponsel itu sendiri.

Aplikasi semacam ini hanya tipuan, dengan aliran iklan tanpa akhir yang terkadang muncul bahkan jika layar terkunci.

3 dari 5 halaman

Aplikasi Wi-Fi

Hati-hati dengan aplikasi Wi-Fi gratis yang mengklaim dapat memberi peta hotspot, kunci Wi-Fi gratis, dan perlindungan jaringan.

Diketahui jika beberapa aplikasi tipuan ini dapat mencuri data pribadi kamu, termasuk informasi kartu kredit.

 Aplikasi

4 dari 5 halaman

Aplikasi Pemutar Musik Dari Pengembang yang Tidak Dikenal

Selain menyebabkan daya cepat habis, aplikasi semacam ini menyimpan musik dalam cache yang tentu akan memakan memori ponsel kamu.

 Aplikasi

Aplikasi musik yang tidak dikenal akan berbahaya bagi ponselmu karena berpotensi membawa virus dan kode peretas yang dapat menyalin data pribadi kamu.

5 dari 5 halaman

Aplikasi Dengan Masalah Privasi

Ada banyak aplikasi yang memintamu memberikan akses ke nomer telepon, kontak, pesan teks, foto, atau lokasi.  Sebagian besar aplikasi media sosial populer pun meminta hal tersebut.

 Aplikasi

Namun kamu butuh perhatian lebih jika mengunduh aplikasi asing yang meminta akses ke data pribadimu. Kamu dapat memeriksa pengaturan itu di app manager.

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen