5 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Reporter : Iwan Tantomi
Kamis, 24 Juni 2021 16:33
5 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama
Sudahkah kamu memahaminya?

Laptop menjadi barang esensial yang dibutuhkan untuk bekerja, lebih-lebih selama berlangsung work from home seperti sekarang ini. Itulah kenapa mengetahui cara merawat baterai laptop yang benar, penting untuk dipahami. Sebab, dapat membuat perangkat elektronik tersebut dapat bekerja secara optimal dalam waktu lama. Hal ini karena baterai memungkinkan laptop digunakan tanpa harus memakai charger atau terhubung dengan saklar. Jadi, kamu bisa bebas memakai laptop dimana saja dan kapan saja.

Cara Merawat Baterai Laptop yang Wajib Diketahui

Perawatan baterai laptop agar awet dimulai dengan bagaimana cara pakai sehari-hari. Dengan mengetahui beberapa cara untuk membuat laptop awet dan tidak mengalami masalah, kamu bisa menjaga laptop untuk bisa dipakai lebih lama. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Cabut Charger Saat Sudah Terisi

shutterstock© shutterstock

Laptop perlu sesekali dicharge untuk mengisi baterai agar bisa dipakai. Kalau charger tidak segera dicabut setelah terisi penuh maka bisa menyebabkan baterai laptop bocor. Jadi, cara merawat baterai laptop termudah adalah mencabut charger saat sudah terisi 100%. Membiarkan baterai yang sudah terisi terus dialiri listrik dapat merusak komponennya. Oleh karena itu, segera cabut charger kalau sudah penuh.

2. Menjaga Kecerahan Pada Layar

shutterstock© shutterstock

Jaga konsumsi daya baterai agar tidak terlalu berlebihan. Semakin terang tingkat brightness pada layar, semakin cepat daya baterai berkurang. Pilihan kecerahan yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup agar nyaman untuk mata namun bisa menjaga kualitas baterai untuk pemakaian lebih lama.

3. Perhatikan Baterai Jangan Sampai Mati Total

shutterstock© shutterstock

Tiap laptop punya masa pemakaian tanpa harus dicharge. Umumnya sekitar 6 sampai 7 jam, tergantung merk dan spesifikasinya. Cara merawat baterai laptop agar dapat dipakai dengan awet, jangan biarkan baterai laptop sampai 0 persen atau mati total. Laptop yang mati mendadak dapat mempengaruhi kinerjanya. Coba untuk charge laptop saat sudah mencapai 20 persen.

4. Minimalisasikan Multitasking

shutterstock© shutterstock

Hindari membuka terlalu banyak aplikasi pada laptop dalam waktu yang bersamaan. Hal tersebut selain membuat laptop cepat panas juga dapat membuat baterai cepat habis. Melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan pada laptop dapat mempengaruhi umur baterai. Oleh karena itu, gunakan laptop dengan bijak sesuai dengan keperluan.

5. Jaga Suhu Ruangan

shutterstock© shutterstock

Laptop memang tidak didesain untuk aktivitas berat dan lama yang seperti dengan komputer PC. Hal ini dikarenakan laptop mudah panas dan daya baterai yang terbatas Cara merawat baterai laptop bisa dengan menjaga suhu menjadi sejuk atau dingin. Memakai laptop dengan terus tercolok sakelar membuatnya jadi terlalu panas Jadi, sebisa mungkin pakai laptop pada ruang ber AC atau beri kipas tambahan untuk mengakalinya.

Ternyata tidak sulitkan untuk menerapkan cara merawat baterai laptop agar tidak mudah bocor dan tahan lama. Gunakan laptop sesuai kebutuhan kamu dan berikan perhatian khusus untuk baterai bisa dipakai dengan awet. Kalau tiba saatnya baterai perlu diganti, beli dari Shopee, Marketplace terpercaya yang memiliki banyak toko online yang menjual baterai laptop dan penunjang kinerja laptop lainnya. Memanfaatkan adanya Mega Elektronika Sale yang bekerjasama dengan berbagai toko elektronik yang menyediakan Gratis Ongkir XTRA, Garansi 100% ORI dan Ekstra Cashback 50% untuk produk tertentu.

Beli baterai laptop kamu dengan memanfaatkan ShopeePay Mantul Sale yang menawarkan harga miring untuk produk elektronika setiap bulan memakai ShopeePay. Gunakan fitur seperti Gratis Ongkir sampai Rp 0, ShopeeDay Deals Rp 1 sampai Flash Sale Serba Seribu untuk mendapatkan baterai laptop yang kamu butuhkan. Yuk, lihat-lihat pilihan baterai laptop yang dapat dibeli di Shopee dan beli yang kamu perlukan dengan mudah melalui akses online.

Beri Komentar