6 Fakta Planet Jupiter yang Muncul di Langit Bumi Senin Malam

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Rabu, 12 Juni 2019 12:00
6 Fakta Planet Jupiter yang Muncul di Langit Bumi Senin Malam
Fakta Planet Jupiter yang Muncul di Langit Bumi Semalam.

Dream –Pada Senin malam, 10 Juni 2019, warga Indonesia digegerkan penampakan Planet Jupiter di langit. Fenomena ini dapat disaksikan dengan mata telanjang.

Banyak masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong keluar rumah untuk melihat dan mendokumentasikan fenomena ini. Apakah Sahabat Dream salah satunya? Menurut para ahli, Planet Jupiter terlihat jelas dari Bumi 1 kali dalam 13 bulan.

 Planet Jupiter

Dengan skala waktu tersebut, warga langsung mendokumentasikan dan mengunggah penampakan Planet Jupiter di sosial media. Tetapi, ada juga sebagian warga Indonesia yang merasa kecewa karena tidak bisa menyaksikan langsung penampakan Planet Jupiter tersebut.

Apakah Sahabat Dream penasaran dengan Planet Jupiter? Dream telah merangkum beberapa fakta tentang Palnet Jupiter dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Memiliki Badai yang Indah dan Mata Badai

1. Memiliki Badai yang Indah

Citra terbaru yang diambil oleh wahana nirawak NASA, Juno, menampilkan berjuta badai berpusar secara acak dan seperti tanpa struktur yang baku. Musim badai yang dialami oleh Planet Jupiter bisa berlangsung selama 70 tahun.

 Planet Jupiter

2. Mata Badai

Selain menampakan berjuta badai berpusar secara acak dan seperti tanpa struktur yang baku, Juno, juga menangkap suatu hal yang baru. Wahana Nirawak NASA, Juno, menangkap kemunculan mata badai atau bintik hitam pekat yang misterius dan sampai saat ini belum terpecahkan.

2 dari 5 halaman

3. Rangkaian Mutiara

Kawasan di selatan sabuk Ekuator merupakan salah satu bagian langit Jupiter yang sering bergejolak. Pada tahun 2010, terdapat sabuk awan yang membagi kawasan di Planet Jupiter, akan tetapi saat ini sabuk awan tersebut menghilang secara tiba-tiba.

3 dari 5 halaman

Memiliki 69 jenis Bulan dan Bukan Planet Terbesar

 Planet Jupiter

4. Memiliki 69 jenis Bulan

Sebagian dari 69 jenis bulan yang ditemukan mengorbit Planet Jupiter dengan jarak yang cukup sulit dilacak oleh NASA. Scott S. Sheppard, astronom Carnegie Institution, mengatakan bahwa “ Meski jarak orbitnya tidak dapat kami lacak, bulan-bulan ini tetap bertumpu pada Jupiter, termasuk dua bulan baru S/2016 J1 dan S/2017 J1,”.

Kedua bulan tersebut ditemukan secara tidak sengaja saat para astronom sedang mengamati wilayah Kuiper Belt pada Bulan Maret 2016 dan pada Bulan Maret 2017.

4 dari 5 halaman

5. Bukan Planet Terbesar

Anggapan bahwa Planet Jupiter merupakan planet terbesar di alam semesta ternyata salah loh Sahabat Dream. OGLE-2016-BLG-1190Lb merupakan planet terbesar sesungguhnya yang ditemukan oleh astronom NASA. Ukuran planet ini sendiri diperkirakan 13 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan Planet Jupiter.

 Planet Jupiter

Sebagian besar orang memang percaya bahwa Planet Jupiter merupakan planet yang terbesar yang diketahui oleh para ilmuwan dunia. Jupiter memang planet yang terbesar, tetapi bukan di alam semesta melainkan di Tata Surya.

5 dari 5 halaman

6. Tidak Bisa Dihuni oleh Manusia

Planet Jupiter memiliki kandungan hydrogen dan helium di atmosfernya serta planet ini hanya berupa gas saja. Dengan kandungan tersebut, Planet Jupiter juga dikenal dengan Planet Raksasa Gas oleh sebagian para ahli.

 Planet Jupiter


Selain itu, sifat Planet Jupiter sendiri hamper sama dengan Bintang. Planet Jupiter juga memiliki badai raksasa yang telah berlangsung selama ratusan tahun. Diperkirakan juga badai ini memiliki ukuran lebih besar daripada ukuran Bumi.

(Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida