9 Manfaat Batu Bara bagi Kehidupan, Bantu Berbagai Industri serta Pembangkit Listrik Utama

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 19 Januari 2022 15:13
9 Manfaat Batu Bara bagi Kehidupan, Bantu Berbagai Industri serta Pembangkit Listrik Utama
Manfaat dari batu bara sangat penting diketahui, agar dalam pengelolaannya bisa dilakukan dengan baik.

Dream – Batu bara merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Proses pembentukan batu bara memerlukan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya. Batu bara terbentuk dari sisa-sisa organisme purba berupa tumbuhan yang telah tertimbun tanah dan menjadi fosil.

Keberadaan batu bara di negara kita sangat menguntungkan karena bisa dimanfaatkan untuk berbagai bidang, salah satunya sebagai pembangkit listrik paling utama. Manfaat batu bara sangat penting diketahui agar dalam pengelolaannya bisa dilakukan dengan baik.

Manfaat batu bara bagi kehidupan sangatlah luar biasa. Hampir 40 persen bahan bakar pembangkit listrik di seluruh dunia menggunakan batu bara. Selain itu, masih banyak manfaat dari batu bara yang bisa didapatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

1 dari 5 halaman

Manfaat dari Batu Bara bagi Kehidupan Manusia

1. Pembangkit Listrik Utama

Manfaat dari batu bara yang paling utama adalah sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Banyak negara menggunakan batu bara sebagai sumber tenaga untuk membangkitkan listrik. Sementara listrik merupakan hal yang sangat vital bagi kehidupan. Mengingat semua peralatan masa kini berbentuk elektronik yang mana membutuhkan listrik dalam penggunaannya.

Manfaat dari batu bara sebagai pembangkit listrik melalui proses yang panjang. Agar bisa menghasilkan listrik, batu bara akan dikonversikan terlebih dahulu ke dalam bentuk uap panas. Kemudian uap panas itu bisa menggerakkan turbin generator listrik. Gerakan generator tersebut menjadi sumber tenaga yang bisa menghasilkan listrik.

2. Penghasil Produk Gas

Selain sebagai pembangkit listrik paling utama, manfaat batu bara juga dapat menghasilkan produk berbentuk gas. Gas alam yang didapatkan dari dalam bumi merupakan hasil dari aktivitas batu bara yang masih berada jauh di dalam tanah. Batu bara yang masih di dalam tanah bisa langsung menghasilkan gas alam.

Kemudian gas alam murni tersebut akan diolah dan menghasilkan berbagai produk seperti bahan bakar industri, pembangkit listrik tenaga gas, dan juga menghasilkan produk hidrogen dan solar.

Teknologi pengambilan gas alam dari dalam tanah sudah dilakukan oleh berbagai negara, seperti China, India, Jepang, Australia, dan Indonesia.

2 dari 5 halaman

3. Industri Semen

Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat batu bara juga dimanfaatkan dalam bidang industri, salah satunya adalah membantu industri produk semen. Galian batu bara sangat berperan dalam pembuatan bahan baku pembuatan semen. Meski bukan sebagai bahan baku material, batu bara berperan penting dalam proses pembakarannya.

4. Industri Pembuatan Aluminium

Manfaat batu bara juga membantu dalam pembuatan produk aluminium. Aluminium merupakan produk sampingan dari proses oksidasi besi pada aktivitas industri baja. Diketahui gas dan panas dari batu bara akan memisahkan beberapa produk baja, salah satunya menghasilkan aluminium.

Aluminium merupakan biasanya digunakan untuk pembuatan berbagai peralatan seperti peralatan dapur, kosntruksi, industri, dan pertanian.

3 dari 5 halaman

5. Industri Produk Baja

Selain itu, manfaat dari batu bara juga bisa membantu industri produk pembuatan baja. Seperti diketahui baja berperan penting alam kehiduapn sehari-hari. Baja menghasilkan berbagai produk yang penting untuk membantu kehidupan manusia, seperti peralatan kesehatan, pertanian, transportasi, dan juga mesin-mesin yang kerap dipakai dalam aktivitas rumah tangga.

6. Membantu Industri Kertas

Manfaat batu bara juga digunakan alam industri pembuatan kertas. Panas yang diperoleh dari batu bara sangatlah tinggi, sehingga sering digunakan dalam biadng industri. Panas dari batu bara juga dikenal stabil, sehingga sangat bagus untuk industri bahan baku kertas.

4 dari 5 halaman

7. Bisa Dijadikan Bahan Bakar Cair

Manfaat batu bara yang lainnya adalah bisa dijadikan sebagai bahan bakar berbentuk cair yang bisa menggantikan bahan bakar minyak. Minyak jadi salah satu kebutuhan banyak orang, sedangkan persediaannya cepat habis.

Pengolahan batu bara menjadi bahan bakar cair dilakukan dengan cara mengubah batu bara bubuk atau bongkahan yang dilarutkan dalam suhu tinggi.

8. Produksi Pupuk Pertanian

Manfaat dari batu bara juga bisa digunakan untuk membantu produksi pupuk pertanian. Pupuk kimia tidak terlepas dari batu bara. Sebab batu bara berperan dalam proses pengolahan pupuk kimia. Pembuatan pupuk memerlukan gas khusus untuk pembakaran. Bahan bakar yang bagus untuk proses tersebut adalah menggunakan batu bara.

Bahkan banyak produk kimian yang dihasilkan dari olahan sisa pembakaran batu bara. Kemudian batu bara itu dimurnikan dengan peralatan khusus. Proses inilah yang membentuk bahan-bahan pembuatan pupuk kimia.

5 dari 5 halaman

9. Penghasil Mineral Lainnya

Tak hanya membantu dalam bidang industri, manfaat dari batu bara juga bisa menghasilkan mineral lainnya. Sisa dari proses pembentukan batu bara akan menghasilkan mineral berupa fenol dan naftalen.

Fenol merupakan bahan yang biasa ditemukan dalam obat kumur dan cairan antiseptik. Sementara naftalen merupakan bahan bakar yang digunakan untuk memroduksi plastik, resin dan insektisida.

Itulah beberapa manfaat dari batu bara bagi kehidupan yang perlu kamu ketahui. Namun karena batu bara adalahh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, maka penggunaannya perlu dibatasi. Bahkan untuk mengatasi kondisi yang tak diinginkan, manusia perlu mencari energi alternatif untuk menggantikan peran batu bara.

Beri Komentar