Kiat Sukses Bangun Bisnis di Musim Pandemi, Penting Kuasai Omnichannel

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 4 Februari 2022 06:15
Kiat Sukses Bangun Bisnis di Musim Pandemi, Penting Kuasai Omnichannel
Bagaimana cara kerja omnichannel?

Dream - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus beradaptasi untuk bertahan pada masa pandemi. Salah satunya dengan melakukan penjualan lintas channel atau yang umum disebut omnichannel.

Omnichannel dapat diartikan sebagai sebuah pola bisnis yang menggunakan bermacam channel atau platform untuk memberikan akses kepada konsumen secara online maupun offline.

Contohnya seperti platform e-commerce, media sosial, aplikasi chatting, bahkan sampai merangkap toko fisik.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Pandemi membawa perubahan bagi pola konsumsi masyarakat, transaksi digital kini jadi kegiatan harian dan konsumen mengharapkan respon cepat dari penjual, dalam hal ini terkadang UMKM luput akan pentingnya customer service yang responsif,” jelas Chief Marketing Officer dan Co-Founder Kata.ai, Reynir Fauzan, Rabu 2 Februari 2022.

1 dari 2 halaman

Diiringi Jawaban Responsif dari Customer Service atau Chatbot

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Hadirnya pola omnichannel juga sangat bergantung dengan kinerja customer service yang dituntut membalas pesan-pesan yang dikirimkan oleh pelanggan secara cepat dan informatif.

Namun sayangnya tidak semua customer service dapat membalas 24 jam dalam sehari. Untuk itu dibutuhkan juga fitur chatbot atau auto reply.

Fitur chatbot ini bisa membalas chat pelanggan secara aktif selama 24 jam. Pertanyaan-pertanyaan dasar juga bisa di atur oleh pemilik dan dijawab otomatis oleh chatbot.

 

 

2 dari 2 halaman

Hadir Teknologi dalam Satu Dashboard

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Melihat kebutuhan para UMKM tersebut, hadirlah satu platform yang menggabungkan layanan WhatsApp dan Instagram ke dalam satu dashboard, sehingga UMKM dapat mengelola layanan konsumen secara efisien.

Teknologi ini diharapkan akan menjadi angin segar bagi UMKM untuk bisa menjalankan fungsi omnichannel khususnya untuk memaksimalkan penjualan lewat WhatsApp dan Instagram yang mayoritas banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia

Lewat teknologi Kata Omnichat, admin UMKM tidak perlu repot-repot memantau komunikasi dengan konsumen di chanel yang berbeda, melainkan dapat menggunakan satu dashboard untuk berkomunikasi dengan praktis dari beragam channel.

Beri Komentar