Karya Anak Bangsa, Alat Tes Covid-19 Pakai Sampel Air Liur Catat Akurasi Tinggi

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 19 Maret 2021 18:33
Karya Anak Bangsa, Alat Tes Covid-19 Pakai Sampel Air Liur Catat Akurasi Tinggi
Alat ini menggunakan metode pemeriksaan RT LAMP yang diklaim lebih simpel dan ekonomis namun memiliki akurasi tinggi.

Dream - Pandemi Covid-19 memacu munculnya banyak inovasi karya anak bangsa. Mulai dari alat tes, ventilator, hingga laboratorium mobile. 

Belum berhenti di situ, perusahaan farmasi PT Kalbe Farma Tbk juga meluncurkan alat tes diagnostik Covid-19 bernama Elva Diagnostic SARS-CoV-2 Saliva Nucleic Acid Test Kit. Alat yang diproduksi bersama PT Enseval Medika Prima ini menggunakan sampel air liur dengan hasil lebih cepat dan ekonomis.

" Tes pemeriksaan LAMP Saliva ini akan sangat bermanfaat bagi percepatan penanggulangan pandemi Covid-19," ujar Presiden Komisaris Kalbe Farma, Irawati Setiady, dalam konferensi pers virtual.

Irawati mengatakan alat ini juga dapat membantu Pemerintah membuka akses lebih luas lagi. Dia menilai alat ini dapat menjangkau masyarakat hingga ke daerah.

" Mampu menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dengan minim infrastruktur laboratorium pemeriksaan Covid-19," kata Irawati.

1 dari 2 halaman

Akurasi Tinggi

Menggunakan air liur, Irawati mengingatkan orang yang akan dites untuk tidak makan dan minum selama 30 menit sebelumnya. Aturan ini diperlukan agar tidak mempengaruhi hasil pemeriksaan.

Irawati menyatakan tingkat akurasi alat ini sangat tinggi. Sensitivitas dari alat ini bahkan mencapai 94 persen serta spesifitas hingga 98 persen.

Meski demikian, penggunaan hasil tes alat ini sebagai dokumen persyaratan perjalanan masih harus dikoordinasikan dengan otoritas terkat.

" Sampel saliva tidak membutuhkan alat khusus dan tidak menimbulkan risiko muntah ataupun hidung sensitif, di mana hal ini sangat memudahkan bagi anak-anak, orang yang hipersensitif dan merupakan pilihan tepat saat beribadah puasa yang akan segera menjelang," kata IVD Division Research Manager Stem Cell and Cancer, Akterono D Budiyati

Alat tes ini juga telah telah mendapatkan izin edar resmi dari Kementerian Kesehatan RI. Selanjutnya akan diproduksi massal PT Kalgen DNA.

 

2 dari 2 halaman

Dibanderol Rp488 Ribu

Metode ini juga memberikan keuntungan tambahan dalam hal pengelolaan sampel. Karena hanya membutuhkan kontainer steril dan tidak diperlukan tenaga kesehatan dengan pelatihan khusus swab untuk menggunakannya.

Selain itu dapat mengurangi resiko penularan pada saat pengambilan sampel. Sebab pasien cukup meludah ke kontainer yang disediakan dan stabil pada suhu ruang.

Tes dengan metode RT LAMP (Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification) nantinya akan mendeteksi asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus SARS CoV-2. Alat tes ini akan tersedia dengan harga Rp488 ribu dengan masa tes menyesuaikan dengan PCR.

“ Layanan pemeriksaan baru RT LAMP Saliva bisa didapatkan di Laboratorium Klinik Kalgen Innolab (Laboratorium Kalbe Farma) dengan merk InnoLAMP yang melayani masyarakat umum maupun sebagai rujukan dari fasilitas kesehatan yang Untuk keterangan lebih lanjut," kata Head of External Communications Kalbe Farma, Hari Nugroho.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar