Apa Manfaat Jam dalam Kehidupan Sehari-hari? Ini Dia Jawabannya yang Perlu Diketahui

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 24 November 2021 06:34
Apa Manfaat Jam dalam Kehidupan Sehari-hari? Ini Dia Jawabannya yang Perlu Diketahui
Manfaat jam sebagai penunjuk waktu yang efisien tak dapat tergantikan.

Dream - Jam merupakan alat penunjuk waktu yang fungsinya sangat penting bagi kehidupan manusia. Saat teknologi belum secanggih saat ini, keberadaan jam sangatlah penting. Jam tangan merupakan satu-satunya alat penunjuk waktu paling efisien di tengah sibuknya kegiatan.

Namun kini manfaat jam tangan seringkali hanya dijadikan aksesoris untuk menunjang penampilan. Baik pria maupun wanita memerlukan aksesoris jam tangan untuk tampil lebih rapi dan elegan. 

Lantas apa saja manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari? Yuk simak selengkapnya berikut ini, dilansir dari brandedwatch.co.id.

1 dari 8 halaman

1. Penunjuk Waktu yang Efisien

Ilustrasi© Pexels.com

Apa manfaat jam? Manfaat jam yang pertama adalah sebagai penunjuk waktu yang efisien. Meski keberadaan jam sudah digantikan dengan gadget, namun peran jam sebagai penunjuk waktu tidak dapat tergantikan lho, Sahabat Dream.

Kamu bisa lebih cepat mengecek waktu dengan jam tangan tanpa harus mengeluarkan gadget dari dalam saku terlebih dahulu.

2 dari 8 halaman

2. Menunjang Penampilan

Manfaat jam selanjutnya adalah sebagai aksesoris penunjang penampilan. Penilaian terhadap orang lain biasanya pertama dilihat dari kerapiannya.

Penggunaan jam tangan kan membuat seseorang tampil lebih rapi dan elegant di mata orang lain. Seseorang yang menggunakan jam tangan akan terlihat memiliki kesibukan tersendiri.

3 dari 8 halaman

3. Status Sosial

Ilustrasi© Freepik.com

Menggunakan jam tangan original dengan merek yang mahal membuat seseorang dipandang memiliki status sosial yang tinggi. Selain terlihat mewah, tentu saja penampilan seseorang juga akan terlihat semakin keren nan berkelas.

4 dari 8 halaman

4. Bikin Percaya Diri

Selain sebagai penunjang fashion, apa manfaat jam yang lainnya? Sebagian orang memakai jam tangan juga sebagai alat untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Bisa jadi dengan jam tangan itu ia merasa tampak lebih sempurna. Contohnya ketika kamu menghadiri acara formal, walaupun menggunakan jas, tapi kalau tanpa jam tangan formal, rasanya kurang sempurna.

5 dari 8 halaman

5. Piawai Mengelola Waktu

Poin yang sangat penting dari pertanyaan apa manfaat jam adalah karena membuat pemakainya semakin piawai mengatur waktu yang dimiliki.

Seseorang menjadi lebih disiplin dalam menjalankan aktivitas atau pekerjaannya. Selain itu, bukankah lebih baik datang tepat waktu dalam memenuhi janji daripada terlambat?

6 dari 8 halaman

6. Sebagai Aset dan Investasi

Ilustrasi© Pexels.com

Selain sebagai penunjuk waktu sekaligus belajar mengelola waktu, manfaat jam juga bisa dijadikan aset dan instrumen investasi lho. Sebagian orang membeli jam hanya untuk dikoleksi. Khususnya jam tangan yang diproduksi terbatas.

Jam tangan tak hanya sebagai barang koleksi, tapi juga bisa dijadikan aset dan investasi yang mahal jika dijual di waktu mendatang.

7 dari 8 halaman

7. Sebagi Pilihan Hadiah

Apa manfaat jam untuk memberikan kebahagiaan bagi orang lain? Memilih kado untuk orang-orang terdekat kadang sangatlah membingungkan.

Tak sedikit orang kesulitan memilihkan kado untuk orang-orang tersayang. Nah, manfaat jam yang satu ini bisa dijadikan pilihan untuk hadiah atau kado juga lho, Sahabat Dream.

8 dari 8 halaman

8. Alat Bersosialisasi

Manfaat jam yang satu ini bisa membantumu untuk mengawali interaksi dengan orang lain. Dengan pertanyaan singkat seperti 'jam berapa sekarang?'. Ini bisa mengawali sosialisasi dengan orang lain. Jika seseorang suka bersosialisasi, mungkin akan melanjutkan ke tahap percakapan lain yang seru.

Nah itu dia sederet jawaban dari pertanyaan apa manfaat jam yang perlu kamu ketahui bagi kehidupan sehari-hari.

Apakah kamu termasuk orang yang masih rutin melihat waktu lewat jam tangan? Atau sudah terbiasa membuka ponsel pintarmu?

Beri Komentar