Aplikasi PeduliLindungi Kini Bisa Digunakan di Uni Eropa

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 13 Mei 2022 17:13
Aplikasi PeduliLindungi Kini Bisa Digunakan di Uni Eropa
WNI kini tidak perlu lagi mendaftarkan QR Codenya secara terpisah jika akan pergi ke negara-negara di Uni Eropa.

Dream -  Warga Indonesia yang akan bepergian ke Uni Eropa kini tak perlu khawatir, karena aplikasi PedulilLindungi sudah bisa digunakan dan teregistrasi di wilayah tersebut mulai Rabu, 11 Mei 2022.

Menurut KBRI Brussel, sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, penggunaan aplikasi PeduliLindungi di Uni Eropa telah disahkan berdasarkan keputusan pelaksanaan tentang pengakuan kesetaraan atas sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan oleh Indonesia.

QR code yang ada di aplikasi PedulliLindungi kini dapat terbaca di 27 negara anggota Uni Eropa. Dengan begitu, WNI tidak perlu lagi mendaftarkan QR Code-nya secara terpisah jika akan melancong ke negara-negara di Uni Eropa.

Sebaliknya, warga Uni Eropa yang bepergian ke Indonesia tidak perlu lagi mengunduh aplikasi PeduliLindungi karena QR Code dalam sistem Uni Eropa juga dapat terbaca di Indonesia. 

1 dari 1 halaman

Pengesahan aplikasi PeduliLindungi ini menurut pihak KBRI, menandakan pengakuan Uni Eropa atas efektivitas sistem sertifikat vaksinasi Indonesia.

Sementara itu, diinformasikan Uni Eropa tidak lagi mewajibkan penggunaan masker di bandara dan di dalam pesawat mulai Senin, 16 Mei 2022. Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) mengatakan keputusan itu juga disepakati oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa. 

Meskipun demikian, aturan pemakaian masker di setiap maskapai kemungkinan tetap akan berbeda di luar tanggal tersebut. Jika penerbangan menuju atau dari tujuan dengan aturan yang berbeda.

 

Beri Komentar