Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Aplikasi PetaBencana.id Karya BNPB Raih Penghargaan PBB

Aplikasi PetaBencana.id Karya BNPB Raih Penghargaan PBB Tampilan PetaBencana,id (Foto: Istimewa)

Dream - Aplikasi besutan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) PetaBencana.id meraih penghargaan pada ajang United Nations Public Sector Award atau UNPSA 2019. PetaBencana.id menjadi pemenang untuk kategori Ensuring Integrated Approaches in Public Sector Institutions.  

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho
mengatakan, penghargaan ini digagas Badan PBB untuk Masalah Ekonomi dan Sosial atau United Nations Department of Economic and Social Affairs. Program yang digiatkan badan ini yaitu menciptakan 17 tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Salah satu, tujuan yang ditargetkan hingga 2030 ini adalah climate action yang sangat terkait dengan isu perubahan iklim yang dirasakan oleh seluruh dunia.

"Kategori yang dimenangkan oleh PetaBencana.id ini merupakan bagian dari topik SDGs pada tujuan Climate Action tersebut," kata Sutopo, Selasa, 21 Mei 2019.

PetaBencana.id merupakan platform yang memuat peta kebencanaan, khususnya banjir, di wilayah Jabodetabek, Kota Bandung dan Kota Surabaya.

Plaform yang sifatnya gratis dan open source ini dikembangkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Urban Risk Lab. 

"Platform inovatif ini memungkinkan para pengguna untuk aktif dalam melaporkan keadaan banjir di wilayahnya secara realtime. Namun laporan tersebut akan diverifikasi dan disebarkan secara langsung melalui peta publik," ucap dia.

Pengguna media sosial dan aplikasi pesan instan kini dapat melaporkan situasi banjir di sekitar dengan mudah. Pengguna Twitter cukup mengirim cuitan ke @petabencana dengan #banjir dan BencanaBot akan otomatis memandu pengguna untuk mengisi laporan.

Pengguna Telegram juga dengan mudah untuk melaporkan banjir dengan mengirim pesan “/banjir” ke @BencanaBot, yang akan membantu pengguna membuat laporan.

Bikin Bangga

Pengguna dapat menambahkan deskripsi, foto, tinggi banjir dan detail lokasi dalam laporan. 

PetaBencana.id tidak hanya mengumpulkan laporan hasil crowdsourcing dari media digital tetapi juga informasi terkait infrastruktur bencana. Peta dapat juga menampilkan tinggi muka air di pintu air dan lokasi pompa terdekat sebagai layer, sebagai gambaran lebih menyeluruh tentang situasi banjir.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo sangat mengapresiasi seluruh jajaran BNPB yang mendapat mendapat penghargaan dari PBB tersebut.

"Kita bangga. Di tengah kondisi situasi politik saat ini, BNPB dapat memberikan  kontribusi dengan membawa nama baik Indonesia dengan penghargaan dari PBB. Tentu ini membanggakan kita semua. Indonesia telah banyak diakui capaian yang dihasilkan. Tentu kita perlu terus mengembangkan ke depan," ucap Doni.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP