Hadir di Jakarta, Kampus UMKM Siap Bantu Pelaku Usaha Kecil Naik Kelas

Reporter :
Rabu, 17 November 2021 15:35
Hadir di Jakarta, Kampus UMKM Siap Bantu Pelaku Usaha Kecil Naik Kelas
Shopee kembali meresmikan kampus UMKM ke-4, dihadirkan jntuk membantu digitalisasi UMKM lokal.

Dream - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) digadang-gadang mampu mejadi tulang punggung kebangkitan ekonomi nasional yang terimbas pandemi Covid-19. Oleh karena itulah UMKM Indonesia diharapkan semakin tangguh.

" Jika kita bisa membuat UMKM semakin tangguh, kita dapat membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri," ungkap Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam konferensi press virtual, Rabu 17 November 2021.

Namun harus diakui, banyak keterbatasan yang dialami oleh pelaku UMKM tanah air. Para pelaku UMKM harus mendapat edukasi dan fasilitas yang mumpuni untuk bisa berkembang dalam era digital. Karena itulah, Shopee mendirikan Kampus UMKM untuk menaikkan kelas pelaku usaha kecil.

" Dengan memperhitungkan keterbatasan UMKM untuk bisa mengakses edukasi dan fasilitas penunjang digitalisasi bisnis mereka, Kampus UMKM Shopee hadir di berbagai kota, termasuk Jakarta, untuk memastikan UMKM lokal bisa naik kelas," tambah Handika.

1 dari 2 halaman

Kali ini, Shopee membuka Kampus UMKM ke empat di Jakarta. Sebelumnya, mereka telah memiliki Kampus UMKM Shopee ekspor di Bandung dan Semarang serta Kampus UMKM Shopee di Semarang. Lewat kampus-kampus ini, e-commerce itu ingin mengatasi kesenjangan keterampilan digital melalui pilihan edukasi dan pelatihan tatap muka.

" Pembukaan Kampus ini juga menjadi wujud apresiasi Shopee bagi UMKM yang telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia," tambah Handhika.

Di dalam Kampus UMKM Shopee Jakarta yang berlokasi di Pakuwon Office Tower, Lantai 47, Jakarta Selatan, terdapat berbagai layanan dan program pelatihan. Tersedia & Trainer dan Tim Administrasi Shopee yang terdedikasi.

Ada pula ruang pelatihan untuk UMKM mengikuti berbagai modul pembelajaran mengenai konsep bisnis online di e-commerce, cara berjualan secara online, mengenal psikologi pembeli sebelum berjualan serta pengenalan tentang cara menggunakan aplikasi Shopee dan fitur-fitur pendukung untuk membuat penjualan lebih efektif.

2 dari 2 halaman

Bantu UMKM Lokal

Selain itu, ada ruang foto produk dan spot live streaming yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten agar dapat memasarkan produk, dan juga fasilitas bantuan sebagai pusat edukasi serta simulasi gudang. Seluruh fasilitas dan pelatihan ini dapat dinikmati oleh UMKM lokal secara gratis. Kampus UMKM Shopee di Jakarta, Solo, Bandung dan Semarang terbuka bagi seluruh UMKM di Indonesia.

" Kami bangga bahwa program Kampus UMKM ini juga telah menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain untuk tergerak dan mulai fokus untuk meningkatkan keterampilan UMKM lokal," tutur Handika.

Elisabeth Ratu Rante Allo, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI, mengapresiasi pembukaan Kampus UMKM Shopee Jakarta.

" Dengan dukungan berupa kampus ini, para pelaku UMKM bisa mendapatkan tambahan pengetahuan serta mendapatkan aspek pengembangan bisnis sehingga bisa meningkatkan skala usahanya," ungkap Elisabeth Ratu.

Beri Komentar