Bantu Program Prakerja, OVO Raih Branch Mobile Growth Awards 2020

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 2 Februari 2021 16:33
Bantu Program Prakerja, OVO Raih Branch Mobile Growth Awards 2020
OVO menjadi satu-satunya pelatform pembayaran digital Indonesia yang masuk daftar ini

Dream – Melawan 300 perusahaan global, platform pembayaran digital OVO jadi satu-satunya perusahaan digital Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan dalam Branch Mobile Growth Awards 2020 untuk kategori Transformasi Digital.

Penghargaan yang digelar secara virtual oleh Branch pada Jumat, 29 Januari 2021 itu menilai OVO sangat cepat mengeksekusi sebuah layanan untuk masyarakat yang tidak memiliki akses rekening bank di Indonesia.

“ Para juri dalam ajang ini sangat terkesan dengan visi dan eksekusi OVO dalam mendorong kampanye berskala besar untuk membantu melayani kebutuhan masyarakat yang kurang terlayani dan tidak memiliki akses rekening bank di Indonesia,” jelas Jesika Dalal selaku Director of Marketing Branch.

Ilustrasi© Shutterstock

1 dari 2 halaman

Alasan OVO Masuk Nominasi

Sekadar informasi, Branch Mobile Growth Award 2020 merupakan sebuah ajang penghargaan yang mengakui sekaligus mengapresiasi kepemimpinan ratusan perusahaan dunia terkemuka dalam berinovasi mendorong pertumbuhan teknologi mobile.

Dalam salah satu penilaiannya, Branch Mobile Growth Award 2020 mengapresiasi upaya OVO dalam membantu Pemerintah Indonesia untuk Program Kartu Prakerja sebagai mitra resmi uang elektronik.

Di bagian ini, OVO turut andil membangun platform digital penyaluran bantuan secara online dari awal hingga akhir, mulai dari pendaftaran, pelatihan hingga penyaluran dana insentif kepada lebih dari 1.6juta penerima manfaat per-akhir tahun 2020.

“ Dengan mendukung program inisiatif Pemerintah, OVO tidak hanya mendapatkan peningkatan kinerja bisnis tetapi juga sebagai bentuk dukungan pada program Bangga Buatan Indonesia," jelas Harumi Supit selaku Head of Corporate Communications OVO.

" Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah pengguna baru, TPV, dan berdasarkan internal survei di 2020, OVO menjadi digital platform nomor 1 pilihan masyarakat Indonesia,” jelasnya.

2 dari 2 halaman

Verifikasi KTP tertinggi

Sementara itu, data Kementerian Koordinator bidang Perekonomian pada November 2020 menyatakan bahwa dari 12 persen penerima manfaat program Kartu Prakerja belum memiliki rekening bank maupun e-wallet sebelum program.

Namun setelah bergabung dengan program ini, mayoritas dari mereka lebih memilih membuka rekening e-wallet (76%) dibandingkan dengan membuka rekening bank (24%).

Ilustrasi© Shutterstock

Artinya, OVO sebagai mitra pembayaran program Kartu Prakerja telah membantu mengakselerasi inklusi keuangan dan juga adopsi digital masyarakat di tengah pandemi.

OVO juga menerima permintaan verifikasi KTP tertinggi, sebanyak 2,6 juta permintaan pada September 2020, di mana verifikasi KTP secara online jadi syarat utama penerima insentif Prakerja.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Beri Komentar