Baru Dirilis, Seberapa Unggul Apple AirPods 3?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 20 Oktober 2021 13:51
Baru Dirilis, Seberapa Unggul Apple AirPods 3?
Perangkat ini dijual seharga ratusan dolar AS.

Dream – Setelah penantian selama dua tahun, Apple akhirnya memperkenalkan Airpods 3. Gadget ini sudah bisa secara preorder di laman resmi Apple dengan banderol harga US$179 (Rp2,5 juta).

Dikutip dari CNN, Rabu 20 Oktober 2021, Apple menawarkan empat keunggulan perangkat terbarunya tersebut. Seperti desainnya ergonomis dan memiliki tampilan yang mirip dengan AirPods Pro.

Versi terbaru akan memiliki batang lurus lebih pendek yang terhubung ke ujung telinga di bagian atas. Alih-alih kontrol sentuh kapasitif seperti AirPods standar, sensor gaya tertanam ke dalam batang memungkinkan menekannya untuk memicu tindakan seperti memutar atau menjeda lagu dan menolak atau menerima panggilan masuk.

Meskipun desainnya mirip dengan AirPods Pro, generasi ketiga dari AirPods ini tidak memiliki fitur ear tip.

Keunggulan kedua, bisa digunakan berolahraga. Laiknya AirPods Pro, AirPods 3 diberi peringkat IPX4 untuk ketahanan air dan keringat.

Sehingga perangkat ini tetap bisa digunakan untuk berolahraga atau memakainya saat hujan tanpa khawatir. Casing pengisi daya juga dilindungi pada peringkat ini.

1 dari 3 halaman

Menginginkan Kualitas Suara yang Lebih Baik

Ketiga, menghasilkan kualitas suara yang lebih baik. AirPods 3 menampilkan driver baru, yang akan menghadirkan trek dengan panggung suara yang lebih luas, memungkinkan mendengar lebih banyak elemen tanpa menambahkan distorsi ke dalam campuran.

AirPods standar menawarkan pengalaman suara yang seimbang yang tidak terlalu fokus pada bass yang kuat dalam pengujian dan AirPods 3 akan menghadirkan audio yang lebih kaya yang seimbang di semua nada.

Fitur lainnya adalah Adaptive EQ, yang secara efektif menyetel dan mencampur trek secara real time dengan mendengarkan melalui mikrofon yang menghadap ke telinga. Chip onboard menganalisis respons itu dan kemudian menyesuaikan untuk didengarkan.

AirPods 3 juga akan sepenuhnya mendukung Audio Spasial dengan head tracking, yang akan memungkinkan menciptakan pengalaman audio di sekitar.

© Dream
2 dari 3 halaman

Baterai Tahan Lama

Keempat, baterai lebih awet. Pemutaran di AirPods 3 diperpanjang hingga enam jam waktu mendengarkan, yang satu jam lebih lama dari AirPods generasi kedua dan satu setengah jam di atas AirPods Pro.

Mereka juga akan menghadirkan pengisian cepat, Apple mengklaim lima menit di kasing sama dengan satu jam pemutaran. Casing pada Airpods 3 akan menyediakan baterai selama 30 jam, atau empat kali pengisian penuh.

Kasing untuk AirPods 3 mendukung MagSafe serta pengisian daya nirkabel Qi — kasing AirPods pertama yang mendukung pengisian daya MagSafe.

3 dari 3 halaman

Tapi, AirPods Pro Masih Lebih Unggul daripada AirPods 3 Untuk Dua Hal Ini

Apple memberikan penawaran AirPods 1, 2, atau Pro bagi orang-orang yang tidak memiliki bujet yang cukup. Jika tidak ingin menghabiskan banyak uang, AirPods generasi kedua benar-benar menarik sekarang karena harganya berkisar Rp 2 Juta.

Sahabat Dream akan mendapatkan masa pakai baterai lima jam, kualitas suara yang kuat, dan desain Apple klasik dan tidak kekurangan fitur apa pun yang diharapkan dari AirPods. Gadget ini dapat mengatakan, " Hai Siri" untuk mengontrol pemutaran, melakukan panggilan, dan bahkan mengirim pesan teks kepada seseorang.

Bagi yang ingin ada fitur noise cancellation, pengguna bisa menggunakan AirPods Pro. Gadget ini bisa memblokir suara. Misalnya, suara bising kereta ketika sedang melakukan perjalanan.

Mode transparansi cukup bagus untuk berjalan di luar ruangan di kota, karena masih dapat mendengar suara seperti mobil atau sirene darurat. Sayangnya Airpods 3 tidak memiliki fitur ini.


(Laporan: Syifa Putri Naomi) 

© Dream
Beri Komentar