Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Survei: 3 Barang Olshop Paling Laku dan Platform Terbanyak Dipakai di Indonesia

Survei: 3 Barang Olshop Paling Laku dan Platform Terbanyak Dipakai di Indonesia Foto: Ilustrasi

Dream - Berbagai kebutuhan kini bisa dipenuhi masyarakat hanya lewat sentuhan di layar gawai. Tak hanya barang berharga mahal, para ibu sudah bisa membeli bahan makanan melalui perangkat telepon pintar mereka. 

Dari berbagai kebutuhan yang disediakan pengelola e-Commerce sepanjang 2021, produk fesyen dan aksesorisnya masih menduduki peringkat teratas sebagai barang yang banyak dibeli netizen Indonesia.

Hal ini terungkap dari hasil survei perusahaan riset pasar (market research) Ipsos Indonesia yang meneliti tiga e-commerce ternama seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada. 

Riset tersebut dilakukan Ipsos Indonesia terhadap 1.000 responden yang memiliki pengalaman melakukan belanja online.

"Untuk pemain-pemain utama e-commerce ini, ada kesamaan produk yang mempunyai tingkat pembelanjaan tertinggi, yaitu yang pertama adalah fesyen dan aksesoris," kata Gita Marino, Associate Director, OBV & CHP, Ipsos Indonesia saat konferensi pers virtual, Jumat, 28 Januari 2022.

Produk Terbanyak Dibeli Lewat Olshop

Hasil survei menunjukan kebutuhan di kategori kesehatan dan kecantikan menduduki peringkat kedua sebagai barang yang sering dibeli secara online.

Disusul kategori daily product atau FMCG (Fast Moving Customer Goods) yang menguntit di rangking ketiga sebagai barang yang banyak dibeli masyarakat secara online.

Kategori

Menurut Gita, tren pembelian daily product mulai banyak terlihat dibeli secara online sepanjang tahun 2021. Sebelumnya masyarakat masih mengandalkan kebutuhan barang sehari-hari ini melalui penjualan offline.

"Jadi orang sudah mulai berbelanja daily product dan FMCG di e-commerce. Bahkan di Blibli, kategori pertama yang dibeli pengguna di platform tersebut adalah daily product dan FMCG," ungkap Gita.

 

Platform Terbanyak Dipakai Warganet +62

Sementara jika dilihat dari platformnya, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, Andi Sukma mengungkapkan Shopee menduduki menjadi e-Commerce paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Andi menjelaskan Shopee selama ini menjadi pilihan warganet Indonesia karena paling banyak memberikan promosi. Keunggulan lain dari Shopee adalah platform yang digunakan dianggap paling mudah.

"Pengguna e-commerce menilai shopee sebagai paltform yang memiliki andil besar dalam membantu UMKM untuk memasarkan produknya dari lokal hingga ke ranah global," ungkap Andi.(Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Congrats, Shopee Jadi Platform Utama Jualan Online UMKM Berdasarkan Riset INDEF

Congrats, Shopee Jadi Platform Utama Jualan Online UMKM Berdasarkan Riset INDEF

Sebanyak 50% responden UMKM memilih Shopee sebagai platform utama jualan mereka.

Baca Selengkapnya
Mengintip Peta Persaingan E-Commerce di Akhir Tahun 2023, Ternyata Ini Favorit Brand Lokal dan UMKM

Mengintip Peta Persaingan E-Commerce di Akhir Tahun 2023, Ternyata Ini Favorit Brand Lokal dan UMKM

Tren ini pun dimanfaatkan oleh brand lokal dan UMKM dalam berjualan lewat e-commerce.

Baca Selengkapnya
Ada Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee, Nggak Perlu Galau Balikin Pesanan Saat Berubah Pikiran

Ada Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee, Nggak Perlu Galau Balikin Pesanan Saat Berubah Pikiran

Nikmati kemudahan pengembalian barang lewat inovasi Garansi Bebas Pengembalian.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bocorkan Hasil Riset, INDEF Ungkap Kampus UMKM Shopee Jadi Program Pelatihan yang Paling Diminati

Bocorkan Hasil Riset, INDEF Ungkap Kampus UMKM Shopee Jadi Program Pelatihan yang Paling Diminati

INDEF bocorkan data tentang pelatihan digital yang populer. Ternyata ecommerce ini paling dikenali.

Baca Selengkapnya
Shopee Live dan Shopee Video Jadi Fitur Favorit Pengguna dan Penjual di Shopee 12.12 Birthday Sale

Shopee Live dan Shopee Video Jadi Fitur Favorit Pengguna dan Penjual di Shopee 12.12 Birthday Sale

Bagikan Tren Jual Beli Online Akhir Tahun, Shopee 12.12 Catat Peningkatan Pesanan Shopee Video 45X Lipat dan Transaksi Shopee Live 49X Lipat.

Baca Selengkapnya
Ciptakan Momen Ramadan yang Meriah, Shopee Big Ramadan Sale 2024 Hadirkan Promo Terbesar Se-Indonesia

Ciptakan Momen Ramadan yang Meriah, Shopee Big Ramadan Sale 2024 Hadirkan Promo Terbesar Se-Indonesia

Intip promo apa saja yang bisa kamu dapatkan di Shopee Big Ramadan Sale 2024!

Baca Selengkapnya
Penuhi Kebutuhan Awal Tahun dengan Lebih Menarik di 2.2 Shopee Live & Video Mega Sale, Ada Penawaran Spesial Lho

Penuhi Kebutuhan Awal Tahun dengan Lebih Menarik di 2.2 Shopee Live & Video Mega Sale, Ada Penawaran Spesial Lho

Siap-siap nikmati promo menarik dan pengalaman berbelanja online yang berbeda di 2.2 Shopee Live & Video Mega Sale.

Baca Selengkapnya
Ramai Kabar Tiktok Shop Bakal Buka Lagi, Begini Kata Menkop UKM Teten Masduki

Ramai Kabar Tiktok Shop Bakal Buka Lagi, Begini Kata Menkop UKM Teten Masduki

Dikabarkan akan dibuka lagi, kapan? berikut penjelasannya

Baca Selengkapnya
Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online

Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online

Mereka mampu maksimalkan platform digital untuk berjualan.

Baca Selengkapnya